JENIS USAHA DENGAN MODAL KECIL YANG BISA ANDA COBA Langsung ke konten utama

JENIS USAHA DENGAN MODAL KECIL YANG BISA ANDA COBA

Apakah anda sedang bingung saat ini untuk memulai sebuah usaha? Memang mengawali memulai sebuah usaha tidaklah mudah. Mesti memilih jenis usaha yang akan kita coba dan tentunya permodalan.

Sebagai rakyat kecil tentu sekarang ini kita sudah dipermudah oleh pemerintah melalui program-program modal usaha yang bisa dipinjam melalui bank. Dengan modal sekitar 20 juta tentu anda sudah bisa mengembangkan usaha kecil yang akan anda rintis.

Meminjam uang di bank tentunya mengharuskan anda untuk melakukan pembayaran terhadap kredit setiap bulannya. Mungkin anda pernah berpikir untuk mencari usaha dengan modal kecil agar bisa memutar roda perekonomian rumah tangga.

Ini adalah pengalaman ibu saya yang pernah memulai usaha rumahan dengan modal yang bisa dibilang cukup kecil. Semua itu dilakukan dengan kesungguhan dan kegigihan semata. Bahkan usaha ini terbilang mudah, sekali lagi mungkin saja karena tempat yang memungkinkan usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Usaha tersebut adalah berjualan di kantin sekolah,kebetulan rumah dekat dengan sebuah sekolah dasar jadi punya lahan usaha. Jajanan yang biasa di jua ibu pada waktu itu adalah nasi goreng, pisang goreng, es teh, gado-gado, kue kering, dan beberapa snack yang dibeli di pasar grosir.

Karena tinggal di desa, jadi jumlah siswa di desaku pada waktu itu tidaklah banyak. Dengan jumlah anak sekolah hanya 75 orang siswa dengan rata-rata sehari mereka bisa berbelanja rata-rata 5000 rupiah.

Modal untuk usaha tersebut pun berasal dari hasil panen di sawah. Skebetulan, orang tua bekerja di sawah juga. Sehingga hasil panen sawah dijadikan modal usaha di kantin sekolah. 

Tahun berganti tahun, usaha yang dilakukan oleh orang tua saya berjalan dengan lancar. Bahkan sehari bisa memperoleh penghasilan brsih sekitar 100 sampai 150 ribu. Lumayan untuk menutupi keperluan rumahtangga dan biaya sekolah saya dan saudara saya. 

Nah, itu sekelumit pengalaman yang dialami oleh keluarga kami tentang usaha dengan modal kecil. Nah, jika kita berusaha sebenarnya ada saja jalan untuk melakoni usaha tersebut. 

Usaha berjualan gorengan misalnya. Anda bisa membuat jajanan pisang goreng atau sejenisnya kemudian dititipkan di kantin-kantin sekolah. 

Mengapa harus sekolah, karena pembelinya pasti bakalan ada. Siapa lagi kalau bukan anak sekolah. Jika Anda kreatif, Anda bisa coba jajanan yang enak dan menarik. Jika dagangan Anda cukup beragam, maka peluang untuk selalu dibeli oleh anak akan lebih besar. 

Misnya Anda mau merintis pisang goreng. Coba dulu dengan beberapa kilotepung saja dan beberapa tandan pisang. Jika aAnda kreatif, coba mencari di internet olahan pisang goreng yang enak. 

Teknik pemasaran usaha bisnis kecil ini bisa dilakukan dengan cara yang mudahpula. Anda bisa memasarkan dengan cara membuka lapak di depan rumah. Atau bisa juga dengan cara titip barang. Anda titipkan dagangan Anda dengan presentase bagi hasil untuk mereka yang Anda titipkan. 

Misalnya dagangan yang Anda titipkan jika laku terjual semuanya adalah 20 ribu rupiah, maka 5 ribu untuk yang  Anda dititipi dagangan tersebut. 

Cara pemasaran yang mudah, dan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit. 

Memulai sebuah usaha  kecil tidak harus dari sesuatu yang sulit, Anda bisa mencoba dengan cara sederhana namun, dibarengi dengan keseriusan dan ketabahan. Selamat berwirausaha. 

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar