-->

Soal-soal Latihan Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 7 Kelas 5

Pembelajaran tematik di kelas 5 memberikan pengalaman yang unik bagi saya pribadi dalam mengajar. Pengalaman dimana mengaitkan beberapa muatan pembelajaran dalam sebuah tema tidaklah  mudah. Memang secara tertulis semua itu sudah dipadukan dalam buku guru, namun jika kita kurang siap untuk membelajarkannya, maka sama juga seperti pembelajaran konvensional dan bukan pembelajaran tematik.

Persiapan guru dalam mengajar tentu sangat dibutuhkan. Mulai dari rancangan RPP hingga rubrik penilaian harus juga disiapkan oleh guru. Dengan buku guru semua tuntutan tersebut bisa dicapai oleh guru dengan mudah, akan tetapi kembali lagi diperlukan kreativitas guru dalam menyusun skenario pembelajaran yang baik.

Persiapan pembelajaran tidak bisa lepas dari penilaian, untuk itu guru juga diharapkan menyusun rancangan penilaian pembelajaran. Penilaian pembelajaran yang dilakukan guru dilakukan melalui penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.

Penilaian keterampilan dilakukan dengan menyusun rubrik penilaian, sedangkan penilaian pengetahuan dapat dilakukan dengan menyusun soal-soal dalam bentuk pilihan ganda maupun soal uraian.

Kegiatan pembelajaran di kelas 5 melalui pendekatan tematik disini, memadukan beberapa muatan pelajaran. Muatan pembelajaran yang dipadukan tersebut, yaitu : Bahasa Indonesia, PKn, IPA, IPS dan SBdP.  Khusus untuk pembelajaran 1 subtema 2 Tema 7 hanya memadukan mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS dan IPA.

Berikut ini saya akan bagikan beberapa contoh soal pada pembelajaran 1 subtema 2 yang bisa anda gunakan di dalam pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan di kelas. Langsung saja, berikut ini soal-soal tersebut :

Soal-soal pengetahuan pembelajaran 1 subtema 2 tema 7 kelas 5 tematik kurikulum 2013

Soal-soal muatan Bahasa Indonesia :
1. “.....  teks Proklamasi kemerdekaan dibacakan? Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tanya tersebut adalah . . . .
2. “Yang membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan adalah Ir.Soekarno. Kata tanya yang tepat untuk jawaban tersebut adalah . . . .
3. Apakah arti kata kemerdekaan . . . . .
4. Saat air dipanaskan maka suhunya akan . . . .(meningkat)
5. Meningkatknya suhu air yang dipanaskan karena menerima . . . .(kalor)
6. Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dilakukan di . . . .(rumah kediaman Ir.Soekarno)
7. Pengibar bendera Merah Putih sewaktu Proklamasi Kemerdekaan adalah . . . (Suhud dan Latief Hendradiningrat)
8. Proklamasi Kemerdekaan ditanda tangani oleh Ir.Soekarno dan Moh.Hatta atas nama . . . .(bangsa Indonesia)
9. Bendera Sang Saka Merah Putih sewaktu pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dijarit oleh . . . .(Ibu Fatmawati)
10. Setelah pengibaran bendera Merah Putih dilanjutkan dengan sambutan dari . . . . Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.

Demikian beberapan soal-soal penilaian pengetahuan pada pembelajaran 1 subtema 2 tema 7 kelas 5 tematik. Semoga memberikan manfaat bagi rekan-rekan pendidik dan juga para orang tua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah.

Wasalam !

0 Response to "Soal-soal Latihan Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 7 Kelas 5"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel