Jawaban Soal Buku Siswa “Faktor Pendukung dan Penghambat Pembangunan Nasional”

Kegiatan pembelajaran 1 Subtema 3 Tema 7 kelas 5 sekolah dasar yang menerapkan pembelajaran tematik kurikulum 2013 terdapat sebuah kigiatan yang memberikan pengalaman kepada siswa untuk menemukan faktor-faktor yang mendukung pembangunan nasional.

Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siswa secara langsung dan tentunya diperlukan sarana media yang dipersiapkan oleh guru.  Kegiatan bisa dilakukan dengan melakukan studi pustaka, seperti melalui buku, surat kabar, atau artikel di internet. Guru bisa melakukan kegiatan diskusi baik itu melalui diskusi kelompok kecil maupun secara klasikal. Siswa juga
bisa melakukan kegiatan wawancara terhadap guru maupun sejarawan.

Kegiatan tersebut akan dilakukan oleh siswa kelas 5 sesuai dengan buku siswa tema 7 pada halaman 161. Berikut ini admin sajikan informasi yang dapat membantu guru dan siswa dalam menentukan faktor pendukung dan penghambat pembangunan nasional.

Jawaban yang admin sajikan disini tentunya dirangkum dari berbagai informasi, salah satunya melalui artikel di internet. Semoga jawaban dari tugas buku siswa pada halaman 161 bisa bermanfaat bagi siswa dan guru yang sedang mempersiapkan kegiatan pembelajaran.

Berikut ini jawaban atas tugas tentang Faktor Pendukung dan Penghambat Pembangunan Nasional.

Faktor Pendukung Pembangunan Nasional :
1. Kemerdekaan dan kedaulatan bangsa
Kemerdekaan menjadi faktor pendukung yang berperan penting dalam pembangunan nasional. Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa ini memberikan kesempatan yang luas bagi kita untuk mengembangkan  dan mensejahterakan rakyat, karena kemerdekaan memebrikan kita hak untuk menjadi bangsa yang berdaulat.

2. Letak geografis
Indonesia merupakan negara yang berada pada wilayah yang sangat strategis, dimana berada pada jalur ekonomi dunia memberikan kesempatan bagi bangsa kita untuk semakin maju dan berkembang. 

3. Jumlah penduduk 
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk sangat banyak. Hal ini tentunya bisa menjadi modal yang mendukung pembangunan nasional. 

Penduduk yang banyak dan memiliki kemampuan intelektual dan sikap yang baik akan memberikan akan menjadikan mereka generasi yang maju. 

4. Kekayaan sumber daya alam
Kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa ini sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari Sabang sampai Merauke memiliki hamparan kekayaan alam. Di laut, hutan dan tambang beberapa kekayaan yang ada. 

Ini merupakan faktor pendukung dalam mewujudkan pembangunan nasional dan harus dikelola dengan baik. 

5. Keberagaman
Indonesia adalah negara yang majemuk. Sudah barang tentu memiliki banyak keberagaman. Mulai dari budaya hingga alamnya. 

Keberagaman tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendukung dalam mewujudkan pembangunan nasional bangsa. 

Faktor penghambat pembangunan nasional 

Berikut ini beberapa faktor penghambat pembangunan nasional yang patut diwaspadai. 

  • Kesenjangan sosial 
  • Tingkat pendidikan masyarakat
  • Gejolak sara
  • Tingkat produktifitas penduduk yang rendah .
  • Kekurangan modal dan teknologi. 

Demikian jawaban pembelajaran 1 subtema 3 Tema 7 kelas  tentang faktor pendukung dan penghambat pembangunan nasional. Semoga ulasan sederhana ini ada manfaatnya bagi para pembaca, dan jangan lupa membaca artikel dan soal-soal tematik lainnya. 

Wasalam !

0 Response to "Jawaban Soal Buku Siswa “Faktor Pendukung dan Penghambat Pembangunan Nasional” "

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel