Cara Membuat Miniatur Daur Air Sederhana Langsung ke konten utama

Cara Membuat Miniatur Daur Air Sederhana

Hallo selamat berjumpa kebali sobat pedia, kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang proses pembuatan maket atau miniatur daur air sederhana.

Maket air atau miniatur daur air memang sangat baik digunakan sebagai media belajar siswa. Nah tentunya dibutuhkan kreatifitas guru dalam mengajak siswa untuk membuat miniatur daur air.

Cara membuatnya tidak terlalu sulit. Disini saya akan membagikan langkah demi langkah dalam membuat miniatur daur air tersebut. 
Mungkin Anda akan bertanya, kok tidak ditayangkan gambarnya agar lebih mudah.  Pada kesempatan ini saya mohon maaf, karena artikel tidak dilengkapi dengan gambar yang menunjang artikel ini.

Tetapi mudah-mudahan dengan penjelasan yang akan saya tulis, dapat memberikan gambar kepada Anda dalam merancang miniatur daur air sebagai media pembelajaran atau kegiatan praktikum bagi siswa kelas 5 sekolah dasar.

Adapun bahan-bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah sebahai berikut :

1. Kardus bekas.
Kardus yang akan Anda gunakan usahakan kardus yang agak besar kurang lebih dengan panjang 50 cm. Biar lebih pas Anda bisa menggunakan kardus minuman air mineral sebagai bahan pembuatan miniatur daur air.

2. Kapas
Benda ini sangat diperlukan sekali sebagai bahan untuk membuat miniatur awan pada maket daur air nantinya. Anda bisa menggunakan kapas kecantikan atau kapas yang biasa saja.

3. Pewarna makanan
Mengapa perlu berwarna, itu semua nantinya digunakan sebagai bahan untuk mewarnai beberapa kponen dalam miniatur daur air.

Pewarna makanan nantinya banyak digunakan sebagai bahan untuk mewarnai komponen dalam miniatur daur air. Seperti : mewarnai miniatur hutan, gunung, tanah dan perbukitan.

4. Lem
Untuk yang satu ini jelas akan sangat dibutuhkan sebagai bahan untuk merekatkan bagian-bagian tertentu dalam maket atau miniatur daur air. Saya sarankan pakai saja lem-G agar daya rekat lebih bagus, atau bisa juga memakai lem tembak.

5. Tanah liat
Untuk bahan yang satu ini nantinya akan difungsikan sebagai bahan dalam membuat miniatur gunung yang akan dipajang pada maket daur air.

Setelah bahan-bahan semua siap, maka Anda bisa mempersiapkan beberapa alat yang harus juga ada ketika membuat miniatur daur air.

Adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

1. Gunting
2. Cutter /pisau kecil
3. Tali kawat

Setelah semua alat dan bahan yang Anda butuhkan lengkap, maka selanjutnya tinggal membuat miniatur daur air sederhana.

Adapun langkah pengerjaannya adalah sebagai berikut :

1. Potong kardus di bagian depan dan sampingnya. Sehingga sisi kardus yang utuh terlihat persis seperti huruf L.

2. Selanjutnya pada kardus tadi Anda bisa membuat miniatur gunung kecil yang bisa Anda buat dari bahan tanah  liat.

3. Dibawah gunung dan sekitar areal tersebut, Anda bisa membuat miniatur danau kecil. Anda bisa menggunakan pewarna biru sebagai polanya. Demikian pula untuk laut pun bisa anda gunakan pewarna biru.

4. Pasang kawat pada didinding kardus bagian atas. Hal tersebut sebagai tempat anda meletakkan kapas, yang nantinya akan dijadikan sebagai gambaran awan.

5. Untuk proses daur air yang terdiri atas evaporasi, kondensasi , dan infiltrasi, bisa juga menambahkan keterangan pada bagian demi bagian langkahnya.

Nah untuk memantapkan gambaran Anda tentang pembuatan miniatur daur air, berikut ini akan kami sajikan contoh hasil miniatur daur air karya siswa.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar