Mencari Ide Pokok Pada Teks "Bagaimana Jagung Berkembang Biak?" Tema 1 Kelas 6


Pembelajaran di kelas 6 bagi sekolah yang sebelumnya sudah menerapkan pembelajaran K13, untuk kelas 5, akan berlanjut menggunakan pembelajaran tematik di kelas 6.

Tema satu kelas 6 berjudul Selamatkan Makhluk Hidup. Pada tema ini terdapat tiga subtema dan kegiatan literasi. Dan untuk pembelajaran di setiap subtema berlangsung selama 6 kali pembelajaran.

Nah, kali ini saya akan membagikan alternatif penyelesaian pembelajaran dalam mencari ide pokok. Untuk pembelajaran 1  di subtema 1 kelas 6, terdapat sebuah pengalaman bagi siswa untuk menemukan ide pokok pada sebuah bacaan yang berjudul "Bagaimana Jagung Berkembang Biak?"

Selengkapnya berikuti ini cuplikan teks bacaannya yang saya kutip dari buku siswa tema 1 kelas 6 Edisi revisi 2018.

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?


Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah
terjadi pembuahan.

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkemanbangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh manusia adalah biji jagung.

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

Setelah siswa membaca wacana tersebut, selanjutnya siswa mengerjakan tugas sebagai berikut :
Tulislah ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung
Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut !

Berikut ini, penulis sajikan ide pokok pada wacana tersebut, semoaga jawaban berikut bisa membantu Bapak/Ibu dalam memberikan penilaian bagi siswa. Demikian pula bagi para orang tua sebagai pedoman dalam memberikan pendampingan bagi buah hatinya yang sedang duduk di bangku kelas 6.



Demikian alternatif jawaban yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Wasalam !

2 Responses to "Mencari Ide Pokok Pada Teks "Bagaimana Jagung Berkembang Biak?" Tema 1 Kelas 6"

  1. Tongkol jagung tumbuh dari buku,diantara batang dan pelepah daun. Pada umum nya ,satu tanaman hanya dapat menghadilkan saru tongkol produktif meskipun memiliki sejumlah bunga betina.beberapa jenis jagung varietas unggul dapat menghasulkan lebih dari saru tongkol produktif .biasanya disebut sebagai vaeietas prolifik
    Apakah ide pokok paragraf tersebut ?
    Temukan dua informasi penting dalam paragraf tersebut!
    #tolongjawab

    BalasHapus

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel