Terbiasa Dengan Soal-soal Pilihan Ganda Langsung ke konten utama

Terbiasa Dengan Soal-soal Pilihan Ganda


Soal ujian sekolah siswa sekolah dasar sudah selesai dilaksanakan, dan tinggal menunggu pelaksanaan ujian sekolah untuk mata pelajaran selain (Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika)

Soal USBN kini ada sedikit berbeda dengan ujian tahun lalu, perbedaannya terletak dari adanya soal uraian dalam tersebut. Jika ujian sebelumnya siswa mengerjakan pilihan ganda saja pada Lembar Kerja Komputer (LJK) kini ada soal uraian yang dikerjakan pada lembar kerja uraian.

Jumlah soal yang disajikan disana sebanyak 5 soal uraian untuk tiap mata pelajaran yang diujikan. Soal tersebut bisa dibuat di kabupaten melalui KKG guru kelas.

Berdasarkan pengalaman tersebut, maka alangkah bijaknya bagi guru-guru di kelas rendah untuk membiasakan siswa mengerjakan soal-soal dengan kalimat terbuka. Pembelajaran kurikulum 2013 sepertinya sudah menunjukan adanya pengalaman yang melatih siswa untuk selalu berpikir terbuka dan menyelesaikan masalah dengan tidak hanya satu cara serta melihat segala sesuatu masalah dari segala sisi.

Siswa yang sudah terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat terbuka serta pemahaman tentu tidak akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal uraian.

Semua itu perlu dibelajarkan, disilah peran guru untuk selalu menyajikan soal-soal ulangan harian dengan berbagai bentuk soal. Tidak hanya pilihan ganda dan jawaban singkat, tetapi juga dengan soal-soal uraian.

Disatu sisi memang soal uraian mudah dibuat, namun akan membutuhkan waktu yang panjang untuk melakukan koreksi terhadap soal uraian tersebut.  Memang kelebihan dan kekurangan tidak dapat kita pisahkan begitu saja. Untuk melatih siswa agar terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan tingkat tinggi, maka soal-soal uraian tetap perlu anda coba dalam setiap penilaian yang anda lakukan di kelas yang anda ampu.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar