Cara Jitu Agar Percaya Diri Ketika Mengajar Bagi Calon Guru

Pengalaman mengajar pertama kali memang tidak seperti ketika kita sudah terbiasa mengajar di depan kelas dengan tipe anak-anak yang beragam. Ketika itu ada sara kurang percaya diri saat berdiri di depan kelas. Memang hal tersebut tidak dialami oleh semua para calon guru, namun ada beberapa diantara mereka yang mengalami hal ini.

Wajar saja jika rasa kurang percaya diri itu terjadi, apalagi hal tersebut merupakn pengalaman pertama. Rasa kurang percaya diri saat terjun ketika mengajar tetap saja muncul.  Padahal sebelum terjun kelapangan para calon guru sudah mendapat pengalaman mengajar dalam ruang lingkup kecil atau dalam kelompok antar mahasiswa, yang biasa disebut dengan Mikro teaching.

Kegiatan tersebut memang mestinya digunakan dengan sebaik-baiknya oleh para calon guru, dalam hal ini para mahasiswa pendidikan. Di kegiatan mengajar mikro tersebut para calon guru tidak hanya belajar agar lebih percaya diri dalam mengajar tetapi juga mampu menciptakan kelas yang menyenangkan bagi anak diri mereka.
Ilustrasi guru yang sedang mengajar
Peran dosen pembimbing memang sangat dibutuhkan sekali agar proses kegiatan mengajar yang akan dilakukan nanti saat terjun di lapangan sesuai dengan kaidah menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tentu jika semua sudah dikuasai dengan baik oleh para mahasiswa calon guru, maka mereka pun akan tampil dengan percaya diri ketika mengajar.

Meskipun demikian, ada rasa grogi yang muncul dalam benak para calon guru ketika pertama kali tampil di depan kelas di hadapan para peserta didik. Semua kegalauan itu bisa dihindari jika para calon guru benar-benar mempersiapkan diri agar ketika mengajar lebih percaya diri dan harapan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan sempurna.

Kali ini saya akan membagikan cara yang mungkin bisa dibilang biasa saja, namun harapan saya bisa menjadi cara jitu bagi para calon guru ketika mengajar nantinya di kelas. Baik pada jenjang sekolah dasar maupun jenjang pendidikan sekolah yang lebih tinggi lainnya.

1. Kuasai Materi yang Akan Disampaikan

Ibarat anda mau pentas, maka kuasailah peran yang anda peroleh dengan baik. Maka dari itu ketika anda akan mengajar jangan lupa terlebih dahulu kuasai materi yang akan diajarkan.

Menguasai materi yang diajarkan dapat dilakukan dengan mempelajari sebaik-baiknya. Perbanyak membaca dan mencari informasi yang terkait dengan materi pelajaran pada sumber yang relevan lainnya. Dengan anda menguasai materi yang akan disampaikan tentu anda akan lebih percaya diri ketika mengajar nanti.

Banyak buku pendidikan yang menyampaikan kalau guru adalah sosok yang terus belajar, maka dari itu kita jangan pernah berhenti untuk belajar. Percayalah kalau belajar lebih banyak keuntungannya. Kadang semangat ini hilang ketika banyak kegiatan lainnya yang menghampiri kita.

2. Persiapan Rencana Pembelajaran

Mengajar ibarat seperti kegiatan bermain drama, jadi ada pelaku di dalamnya. Tentu pelaku utama dalam kegiatan pembelajaran adalah siswa itu sendiri dan guru selaku mediator agar kegiatan belajar berjalan dengan baik.

Dalam kegiatan belajar siswa ada aktivitas mengajar guru. Suksesnya anda melaksanakan kegiatan tersebut bisa juga dipengaruhi oleh perencanaan pembelajaran yang sudah disusun sebelumnya. Dalam perencanaan anda bisa mempersiapkan media dan perangkat penunjang kegiatan mengajar.

Cara menyusun rencana pembelajaran dengan baik tentu sudah banyak anda miliki pada buku kuliah dan penjelasan dari para dosen pengajar, coba pahami dengan baik dan cobalah untuk menyusun sebuah rencana pembelajaran tanpa copy paste dari internet.

Jika sudah lengkap mulai dari media, rencana pembelajaran, penguasaan materi, secara perlahan kepercayaan diri anda ketika mengajar akan tumbuh dengan sendirinya.

3. Menyimak Contoh Video Simulasi Mengajar di Kelas

Kebiasaan saya dari dulu sampai sekarang adalah menyimak contoh bagiamana kegiatan mengajar yang dilakukan guru di berbagai pelosok di negeri ini. Salah satunya saya mencoba mengakses video pembelajaran.

Dengan cara ini, saya bisa mencontoh bagaimana langkah-langkah dalam mengajarkan suatu materi. Mulai dari bagaimana cara guru beridiri di depan, mengaktifkan siswa, melontarkan pertanyaan, membuka dan menutup pembelajaran, menggunakan metode dan menilai hasil belajar.

Semua langkah tersebut saya ikuti dan cobakan simulasikan terlebih dahulu. Jika kebetulan cara mengajar pada video tersebut menarik dan sesuai dengan materi yang akan anda ajarkan, maka tidak ada salahnya mencoba mencontoh atau memodivikasi cara tersebut.

4. Berpikir Postif Jika Kita Mampu Tampil Percaya Diri ketika Mengajar

Kurang percaya diri atau grogi ketika mengajar tidak hanya dirasakan oleh para calon guru saja. Mereka yang sudah menjadi guru pun kadang juga mengalami kondisi ini. Misalnya ketika supervisi kelas oleh kepala sekolah. Atau mengikuti kegiatan lomba mengajar, rasa percaya diri itu selalu diuji dalam kondisi tersebut.

Apapun semua yang sudah kita rencanakan akan lebih baik jika kita mampu berpikir positif. Cara agar bisa berpikir positif adalah meyakinkan diri, kalau semua akan baik-baik saja dan melihat segala persiapan yang sudah kita lakukan maka kita harus percaya diri.

5. Berdoa Sebelum dan Sesudah Selesai Mengajar

Lakukanlah berdoa sebelum memulai dan setelah menyelesaikan pekerjaan tentu sangat dibutuhkan.  Semua yang akan anda kerjakan serahkanlah kepada Tuhan. Karena apa yang terjadi dan akan terjadi adalah kehendak-Nya.

Demikian sobat pendidikan yang dapat saya bagikan mengenai bagaimana cara agar lebih percaya diri dalam mengajar. Apa yang saya tulis disini hanyalah hasil dari pengalaman pribadi dan membaca berbagai literasi pendidikan.

Semoga anda bisa melaksanakan tugas dengan baik dan tentunya lebih percaya diri ketika melaksanakan tugas mengajar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Wasalam !

0 Response to "Cara Jitu Agar Percaya Diri Ketika Mengajar Bagi Calon Guru"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel