Teknik Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 yang Bisa Diterapkan Guru


Selamat berjumpa kembali sobat pembaca yang budiman, kali ini saya akan kembali menyajikan sebuah artikel terkait dengan penilaian dalam pembelajaran dengan kurikulum 2013.
Penilaian dalam kurikulum 2013 tentu tidak hanya mencakup aspek pengetahuan saja. Akan tetapi juga mencakup aspek keterampilan dan sikap. Pada kesempatan ini saya akan memfokuskan pada aspek penilaian pengetahuan.

Penilaian merupakan sebuah kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dalam sebuah proses pembelajaran. Dengan penilaian, seorang guru akan mampu mengetahui tingkat pengetahuan peserta didik pada materi pelajaran dan keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Semakin baik penilaian hasil belajar peserta didik, maka semakin berhasil proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Terkait dengan penilaian pembelajaran dalam kurikulum 2013 memang tidak hanya dilakukan penilaian pada satu aspek saja, melainkan pada ketiga aspek penting lainnya seperti sikap dan keterampilan.

Penilaian pengetahuan pembelajaran pada kurikulum 2013 dapat dilaksanakan dengan berbagai macam teknik. Mungkin selama ini anda hanya menggunakan teknik tes tertulis saja, akan tetapi sebenarnya ada teknik penilaian tertulis lainnya yang bisa anda gunakan.

Berikut ini teknik penilaian tertulis yang dapat anda gunakan dalam menilai hasil belajar siswa, yang saya kutip dalam buku Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar yang diterbitkan oleh Direktoran Pembinaan Sekolah Dasar, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2016.

Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir.

Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.

Hasil penilaian pencapaian pengetahuan dilaporkan dalam bentuk angka, predikat, dan deskripsi. Angka menggunakan rentang nilai 0 sampai dengan 100. Predikat disajikan dalam huruf A, B, C, dan D. Rentang predikat (interval) ini ditentukan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan KKM.

Teknik penilaian pengetahuan menggunakan tes tertulis, lisan, dan penugasan.


1) Tes Tertulis

Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, antara lain berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes tertulis dikembangkan dengan mengikuti
langkah-langkah berikut.
• Melakukan analisis KD.
• Menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan KD.
• Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan mengacu pada kaidah-kaidah penulisan soal.
• Menyusun pedoman penskoran.
• Melakukan penskoran berdasarkan pedoman penskoran.

2) Tes Lisan
Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Tes lisan bertujuan menumbuhkan sikap berani berpendapat, mengecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Langkah-langkah pelaksanaan tes lisan sebagai berikut:
• Melakukan analisis KD.
• Menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan KD.
• Membuat pertanyaan atau perintah.
• Menyusun pedoman penilaian
• Memberikan tindak lanjut hasil tes lisan

3) Penugasan
Penugasan adalah pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan dan memfasilitasi peserta didik memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Tugas dapat dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai karakteristik tugas. Tugas tersebut
dapat dilakukan di sekolah, di rumah, atau di luar sekolah.

Nah, demikian ulasan singkat terkait dengan teknik penilaian pengetahuan yang bisa anda terapkan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013. Apapun teknik yang anda gunakan, pastikan teknik tersebut dapat mengukur ketercampaian KD secara menyeluruh. Kalau saya sendiri dalam melaksanakan penilaian menggunakan lebih dari satu teknik.

Selamat mencoba dan sukses selalu,

Wasalam !

0 Response to "Teknik Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 yang Bisa Diterapkan Guru"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel