Rangkuman Materi Pembelajaran Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran di kelas 3 kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik. Memang tidak jauh berbeda dengan pembelajaran sebelumnya yaitu pada kurikulum 2006.

Pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 sudah sangat dimudahkan sekali para guru-guru. Dengan adanya buku siswa dan buku guru, membuat pembelajaran yang dilaksanakan akan semakin menarik bagi siswa.

Pada semester 1 pembelajaran kelas 3 Kurikulum 2013 melaksanakan 4 tema. Untuk tema 1 berjudul Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Setiap tema akan dilaksanakan dalam 3 subtema. Untuk subtema 1 pembelajaran di kelas 3 berjudul Ciri-ciri Makhluk Hidup.

Kali ini penulis akan menyajikan rangkuman materi pembelajaran kelas 3 tema 1 subtema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup, rangkuman ini bisa dijadikan sebagai bahan hand out bagi guru kelas ketika sedang melaksanakan pembelajaran di kelas 3.

Pada subtema 1 kelas 3 Kurikulum 2013 memadukan  beberapa mata pelajaran. Adapun mata pelajaran yang dipadukan pada subtema 1 yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, PKn, SbdP dan PJOK. Namun, pada ringkasan ini penulis tidak melengkapi dengan ringkasan materi Matematika dan PJOK.

Untuk matematika, pembaca bisa mengunjungi blog matramatika.blogspot.com untuk memperoleh rangkuman materi matematika K13. Untuk mempermudahkan ada dalam merancang pembelajaran, berikut ini ringkasan materi yang bisa anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan anda dalam melaksanakan kegiatan mengajar.


Rangkuman Materi Muatan PKn

Dalam pembelajaran tematik di kelas 3 Kurikulum 2013 memang tidak dibelajarkan secara menyendiri akan tetapi dibelajarkan secara terpadu, sehingga setiap muatan mata pelajaran saling berkaitan dan menjadi pengantar dalam memasuki muatan materi pelajaran selanjutnya.

Materi PKN kelas 3 kurikulum 2013 subtema 1 menitik beratkan pada  materi tentang Pancasila serta Persatuan dan Kesatuan.

Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika menjadi pemersatu segala perbedaan yang ada pada bangsa ini.
Adapun kelima sila tersebut adalah ;
Sila 1, Ketuhanan Yang Maha Esa. Dilambangkan dengan bintang.
Sila 2, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Dilambangkan dengan rantai.
Sila 3, Persatuan Indonesia. Dilambangkan dengan Pohon beringin.
Sila 4, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Dilambangkan dengan kepala banteng.
Sila 5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dilambangkan dengan padi dan kapas.


Memiliki rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa 

Semua makhluk hidup merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.  Karena alam ini dan segala isinya adalah ciptaan dari-Nya maka kita sebagai ciptaannya sudah seharusnya selalu ingat dan memuja kemuliaan-Nya.

Memeluk agama yang diyakini merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Sikap tersebut sesuai dengan pengamalan Pancasila terutama pada sila ke-1, yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa.

Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu cara mensyukuri karunia Tuhan. Menghargai
kemampuan teman yang lain juga merupakan bagian dari sikap syukur kepada Tuhan.

Sila pertama berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa. Lambang sila pertama adalah bintang.
Lambang ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. Taat terhadap perintah Tuhan dilaksanakan dengan selalu
menjalankan perintah Tuhan dengan baik. Selain itu juga harus saling menghargai kepercayaan
orang lain.


Tahukah Kamu Apa Lambang Negara Indonesia?


Ya, lambang negara republik Indonesia adalah burung Garuda.  Tentu kalian masih ingat, bahwa burung merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki cara berkembang biak dengan bertelur.

Nah, coba temukan lagi hewan apakah yang berkembag biak dengan cara bertelur?

Ya, benar sekali beberapa hewan lain yang berkembang biak dengan cara bertelur seperti ; ayam, bebek, ular, cicak, tokek, ikan,

Selain bertelur ada juga jenis hewan lain yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Contoh hewan tersebut adalah : Sapi, kambing, kuda, anjing, gajah masih banyak lagi.

Hewan yan g berkembang biak dengan cara bertelur disebut hewan ovovivar, sedangkan hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan disebut vivivar.

Nah, sekarang coba kalian mencari jenis hewan lain yang berkembangbiak dengan cara bertelur atau melahirkan.


Makhluk hidup peka terhadap rangsang. Kepekaan makhluk hidup terhadap rangsang berbeda-beda.
Jika kita melihat sinar matahari atau sinar yang menyilaukan lainnya, dengan cepat kita akan menutup mata. Daun putri malu akan menutup daunnya jika disentuh. Buah pada pohon pacar
cina akan meletus jika disentuh. Landak dan kaki seribu akan menggulung badannya jika disentuh.


Jadi dapat disimpulkan beberapa ciri makhluk hidup adalah sebagai berikut :

    1 1. Bernapas (Respirasi)
    2 2. Bergerak.
    3 3. Membutuhkan Makanan atau Nutrisi.
    4 4. Tumbuh dan Berkembang.
    5 5. Berkembang Biak (Reproduksi)
    6 6. Peka Terhadap Rangsangan (Iritabilita)
    7 7. Melakukan Metabolisme.
    8 8. Mengeluarkan Zat-zat Sisa (Ekskresi)

Sumber : Buku tematik kelas III Edisi revisi 2018, Kemendikbud dan berbagai literasi lainnya.






1 Response to "Rangkuman Materi Pembelajaran Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup"

  1. Amati gambar beriku!kemudian,sebuatkan ciri makhluk hodup berdasarkan dari gambar tersebut

    BalasHapus

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel