Ringkasan Materi Kelas 5 SD/MI Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

Pembelajaran di kelas 5 SD/MI dengan kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran dengan pendekatan tematik. Hal tersebut berarti pembelajarannya tidak lagi seperti pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2006 yang masih menggunakan pendekatan muatan mata pelajaran.

Pembelajaran tema 1 kelas 5 SD/MI dengan kurikulum 2013 terdiri dari 3 buah subtema, dan pada subtema 2 ini berjudul Manusia dan Lingkungan. Pembelajaran subtema 2 kelas 5 terdiri dari 5 muatan pelajaran, yaitu ; Bahasa Indonesia, PKn, IPA, IPS dan SBdP.

Berikut ini akan penulis sajikan ringkasan materi kelas 5 SD/MI pada subtema 2 yang terdiri dari beberapa muatan pembelajaran, yaitu sebagai berikut :

Rangkuman muatan pembelajaran Bahasa Indonesia :

Sebelumnya pada pembelajaran subtema 1 sudah dibahas tentang menentukan ide pokok dan kalimat penjelas. Nah, subtema  2 hal tersebut juga masih kembali dibelajarkan. Ide pokok merupakan permasalahan yang menjadi inti dari sebuah pengembangan sebuah tulisan.

Dalam setiap paragraf terdapat kalimat yang menjelaskan setiap pengembangan untuk setiap kalimat. Berikut ini akan penulis lengkapi dengan sebuah paragraf dan semoga bisa membantu anda dalam menyusun sebuah lembar kerja bagi siswa-siswi di kelas.


Paragraf 1
    Anggota gerak tubuh kita harus senantiasa dijaga kesehatannya. Banyak diantara kita yang kurang menyadari akan arti pentingnya sebuah kesehatan organ gerak badan. Terkadang manusia bekerja dengan begitu kerasnya dan jarang melakukan olahraga.  Bahkan ketika berolah raga , beberapa masyarakat cenderung mengabaikan keselamatan organ geraknya. Misalnya saja ketika bermain sepak bola, ada saja anak-anak yang kurang peduli dengan keselamatan tubuhnya, seperti : tidak memakai sepatu ketika bermain bola, bersepeda tanpa menggunakan pengaman dan berbagai jenis lainnya yang membuat keselamatan dan kesehatan organ gerak tubuh manusia mengalami cedera.

Dari paragraf diatas dapat disimpulkan antara ide pokok dan kalimat penjelas adalah sebagai berikut :
Kalimat utama : Anggota gerak tubuh kita harus senantiasa dijaga kesehatannya.
Kalimat penjelas :  Banyak yang masih kurang peduli akan kesehatan organ gerak, ketika berolahraga kurang memperhatikan keselamatan.

Paragraf 2
    Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Menurut data yang beredar bahwa ada satu korban yang meninggal setiap harinya. Keganasan penyakit ini tak hanya menyerang orang tua dan dewasa saja, tetapi remaja bahkan anak – anak bisa menderita penyakit ini. Di Indonesia saja ada ribuan lebih penderita yang sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit ini. Penyakit jantung ini dikatakan sebagai pembunuh berbahaya karena penyakit ini menyerang korbannya secara tiba – tiba sehingga jika tidak ditolong sang korban akan kehilangan nyawanya.

Ide pokok dan kalimat pengembang untuk paragraf diatas adalah sebagai berikut :

Ide pokok : Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia.
Kalimat pengembang : Ada satu orang yang meninggal setiap harinya karena penyakit jantung, penyakit jantung tidak hanya menyerang orang tua saja, penyakit jantung merupakan penyakit yang paling berbahanya.

Demikian beberapa contoh paragraf beserta ide pokoknya yang anda bisa jadikan sebagai contoh dalam membelajarkan subtema 2.

Rangkuman Muatan pelajaran PKN,
Pembelajaran PKn di kelas 5 pada subtema 2 membahas tentang nilai-nilai luhur Pancasila.  Nilai-nilai luhur Pancasila terkadung dalam setiap silamya. Ada lima sila dalam Pancasila yang mengandung nilai-nilai luhur yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sila 1, Ketuhanan Yang Maha Esa
a.    Melaksanakan ajaran agama yang kita anut dengan baik.
b.    Tidak memaksakan agama kepada orang lain.
c.    Saling menghormati sesama teman yang berbeda agama.

Sila 2, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
a.    Memberikan pertolongan kepada teman yang sedang kesusahan
b.    Tidak menyerobot antrean di pom bensin
c.    Memberikan kesempatan pertama kepada orang jompo.

Sila 3, Persatuan Indonesia
a.    Bergotong royong melaksanakan pembersihan umum
b.    Kerja bakti membersihkan lingkungan desa
c.    Saling tolong-menolong sesama warga Indonesia

Sila 4, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmad kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
a.    Melaksanakan pemilihan ketua kelas
b.    Bermusyawarah sebelum mengambil keputusan
c.    Melaksanakan pemilihan kepala daerah dengan jujur dan adil.

Sila 5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
a.    Memberikan kesempatan bersekolah untuk semua warga negara Indonesia
b.    Memberikan bantuan kepada warga yang benar-benar memerlukan
c.    Tidak mengambil apa yang menjadi hak orang lain.

Demikian beberapa ringkasan tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila yang tertuang dalam pembelajaran subtema 2 kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013.


Rangkuman Muatan Pelajaran IPA,

Pembelajaran muatan IPA di subtema ini sebenarnya menjadi pokok dari subtema 2, sesuai dengan judulnya yaitu manusia dan lingkungannya.

Dalam pembelajaran subtema 2 KD IPA yang muncul adalah KD 3.1 dan 4.1, Berikut ini penulisa sajikan beberapa ringkasan materi subtema 2 untuk muatan pelajaran IPA.

Otot merupakan organ gerak aktif yang membantu setiap aktivitas manusia. Secara umum otot dapat dibedakan menjadi tiga yaitu, otot polos, otot jantung dan otot lurik.

Oto polos merupakan otot yang cara kerjanya tanpa kita sadari atau tanpa kita kendalikan. Salah satu organ yang menggunakan otot ini adalah lambung. Otot jantung bertugas menggerakkan organ jantung, sedangkan otot lurik merupakan otot yang cara kerjanya sangat kita sadari, misalnya kita ingin menggerakkan tangan untuk menganggak sesuatu atau menggerakkan kaki ketika ingin berlari.


Rangkuman muatan pelajaran IPS


Gambaran atau tiruan bentuk bumi dalam bentuk bola disebut dengan nama globe, sedangkan gambaran permukaan bumi yang sibukukan disebut atlas. Peta merupakan gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi dalam bidang datar.


Rangkuman muatan SBdP

Dalam pembelajaran subtema 2,pelajaran SBdP memuat kompetensi dasar tentang gambar cerita (cover)

Dalam sebuah cover ada sebuah gambar menarik, dan tidak hanya itu cover juga memuat sesuatu diantaranya adalah sebagai berikut :

a.    Judul
b.    Kalimat penjelas
c.    Nama penulis
d.    Identitas penerbit
e.    Gambar menarik
f.    Identitas buku.

Demikian Ringkasan Materi Kelas 5 SD/MI  Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan, yang dapat penulis sajikan pada kesempatan kali ini.

Semoga tulisan sederhana ini bisa memberikan manfaat yang berarti bagi pembaca. Selamat membaca dan nantikan artikel menarik lainnya.

Wasalam !

0 Response to "Ringkasan Materi Kelas 5 SD/MI Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel