Rangkuman Materi Pembelajaran Kelas 5 SD/MI Tema 3 Subtema 2 “ Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh “

Pembelajaran di kelas 5 memasuki tema 3 khususnya untuk subtema 2 ini memiliki materi pokok yang memuat lima muatan pelajaran. Yaitu : PPkn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP.

Berikut ini muatan materi pokok pada pembelajaran tema 3 di kelas 5 memasuki subtema 2,
1. Keberagaman masyarakat Indonesia
2. Keanekaragaman adat-istiadat di lingkungan sekitar.
3. Iklan media elektronik
4. Kata kunci iklan media media elektronik.
5. Macam-macam gangguan pencernaan pada manusia.
5. Penyebab gangguan organ pencernaan.
6. Interksi sosial dan lingkungan
7. Properti tari

Rangkuman ini penulis sajikan sebagai alat bantu guru dalam membuat rangkuman materi, yang mungkin akan dimuat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Untuk rangkuman pembelajaran tematik di kelas 5, sengaja penulis susun tanpa memadukan materi pelajaran matematika, karena matematika dibelajarkan secara terpisah. Jika pembaca berminat mengetahui materi, soal-soal dan rpp matematika silahkan kunjungi blog www.matramatika.blogspot.com

Langsung saja berikut ini penulis sajikan rangkuman materi pembelajaran untuk subtema 2 tema 3 kelas 5 SD/MI sesuai dengan buku siswa edisi revisi.


Rangkuman Materi Muatan PPKN, KD. 3.3

Seperti yang sudah dijelaskan pada subtema 1, bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk. Kemajemukan tersebut dapat kita lihat dari segi ; agama, budaya, suku, adat-istiadat, pekerjaa, letak geografis, warna kulit, dan dan ras.

Perbedaan bukan menjadi dasar untuk membuat kita terpecah. Akan tetapi dengan perbedaan malah akan membuat kita semakin kuat dan bersatu. Seperti semboyan bangsa Indonesia yang berbunyi, Bhineka Tunggal Ika. Yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

Keanekaragaman membuat kita semakin beruntung. Berikut ini beberapa keuntungan dari keragaman budaya yang ada di Indonesia :

1. Menumbuhkan rasa nasionalisme di dalam hati rakyat Indonesia.
2. Sebagai alat pemersatu bangsa.
3. Mampu meningkatkan sektor pariwisata.
4. Menumbuhkan sikap saling toleransi
5. Menjadi pusat pengetahauan bagi dunia.

Untuk mempersatukan bangsa ini diperlukan adanya komunikasi yang baik. Untuk itulah bangsa ini menggunakan Bahasa Indonesai sebagai bahasa persatuan.

Jadi jika kita bertemu dengan saudara setanah air yang berasal dari daerah yang berbeda, maka kita sebaiknya menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Banyak keragaman tradisi yang ada di Indonesia, bahkan sudah terkenal hingga ke manca negara. Berikut ini beberapa contoh keanekaragaman tradisi yang ada di Indonesia.

a. Pesta Bakar Batu
Pesta bakar batu merupakan sebuah tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Papua. Tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan syukur atas berkat yang melimpah. Prosesi ini diawali dengan membakar batu. Kemudian batu yang sudah panas tersebut dimasukkan ke dalam tumpukan  dedaunan yang di dalamnya sudah terdapat umbi-umbian yang siap untuk di bakar memakai batu panas hingga matang.


b. Rambu Solo
merupakan sebuah upacara pemakaman yang berada di Sulawesi Selatan. Upacara ini terbilang unik, sebab dalam pelaksanaannya memerlukan biaya yang sangat mahal. Bahkan persiapan untuk upacara ini pun terbilang sangat lama. Dalam upacara ini juga ditandai dengan pemotongan kerbau, bahkan ada yang mencapai memotong 24 ekor kerbau.

c. Malam Bainai
Prosesi memerah kuku dengan ramuan tertentubagi calon pengantin perempuan. Upacara ini berasal dari daerah Sumatra Barat

d. Tingkeban
Upacara ini berasal dari Jawa Tengah. Upacara ini diselenggarakan saat seorang ibu pertama kali hamil yang kandungannya berusia tujuh bulan. Upacara ini dilaksanakan agar ibu dan anak memperoleh keselamatan


Rangkuman muatan Bahasa Indonesia
Jika dilihat dari media yang digunakan, maka iklan dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu iklan media cetak dan media elektronik.

Iklan media cetak merupakan iklan yang disajikan melalui koran, majalah, dan tabloid. Sedangkan iklan media elektronik disajikan melalui media elektronik, seperti radio, televisi dan internet.

Dalam membuat iklan media cetak ada beberapa unsur-unsur iklan yang harus kita perhatikan. Berikut ini unsur-unsur iklan media cetak :
1. Memiliki bahasa yang singkat jelas dan padat.
2. Menggunakan gambar yang menarik.
3. Kalimat bersifat persuasif.

Sedangkan untuk iklan media elektronik, memiliki unsur-unsur sebagai berikut :
1. Menggunakan gambar dan suara dalam setiap iklannya.
2. Media yang digunakan melalui radio, televisi dan elektronik.
3. Disertai dengan gambar dan audio yang mendukung iklan tersebut.

Berdasarkan jenisnya dapat dibedakan menjadi iklan jenis niaga, iklan pengumuman dan iklan layanan masyarakat.


Rangkuman muatan IPA


Beberapa gangguan penyakit pada sistem pencernaan manusia adalah sebagai berikut :

Berbagai penyakit dan gangguan (kelainan) dapat menyerang alat pencernaan. Penyakit dan gangguan itu dapat disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu, juga karena masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh seperti bakteri dan virus. Di bawah ini beberapa penyakit yang dapat menyerang alat-alat pencernaan.

1. Mag (Radang Lambung)
Penyakit ini ditandai dengan gejala lambung terasa perih dan mual. Penyakit mag disebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur. Jika kita tidak segera makan pada saat lapar, lambung menjadi kosong. Akibatnya, asam lambung (asam klorida) yang dihasilkan untuk mencerna makanan melukai lambung.

2. Apendisitis (Radang Umbai Cacing)
Radang pada umbai cacing ditandai dengan sakit pada perut sebelah kanan
bawah dan biasanya disertai demam. Umbai cacing (apendiks) adalah tonjolan kecil pada usus buntu (sekum). Penyakit ini disebabkan adanya makanan yang masuk di apendiks dan membusuk. Pembusukan makanan di apendiks tersebut dapat mengakibatkan radang.

3. Disentri
Penyakit disentri disebabkan oleh bakteri. Alat pencernaan yang diserang yaitu usus. Penyakit ini ditandai dengan muntah-muntah dan buang air besar terusmenerus. Disentri dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan makanan dan perlengkapan makan.

4. Sembelit
Gejala penyakit sembelit yaitu susah buang air besar. Penyakit ini disebabkan makanan yang kita makan kurang berserat. Makanan kurang serat dapat mengganggu proses pencernaan. Serat makanan membantu penyerapan air di usus besar. Jika kadar serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap
air. Akibatnya, sisa makanan menjadi padat sehingga sulit dikeluarkan. Contoh makanan berserat yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan.

*) Dikutip seutuhnya dari buku BSE Ilmu Pengetahuan Alam, Choiril.

Rangkuman muatan IPS


Pembangunan nasional merupakan tujuan dari suatu negara. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa contoh aktivitas yang dilakukan masyarakat untuk meningkatkan pembagunan nasional  diantaranya adalah penyuluhan kesehatan, koperasi dan kegiatan ekonomi pasar.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia harus melakukan sebuah interaksi. Baik interaksi dengan masyarakat di sekitarnya maupun dengan lingkungan.

Interaksi tersebut nantinya akan memberikan warna bagi kehidupan masyarakat. Manusia melakukan interaksi sosial tidak hanya karena manusia tidak mampu hidup sendiri, tetapi juga karena manusia memang memerlukan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Interaksi tersebut nantinya akan memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Dimana akan terjadi saling ketergantungan antara manusia dan lingkungan.

Menjaga hubungan yang harmonis antara manusia dengan alam sangat penting untuk dilakukan, karena dengan begitu alam akan memberikan yang terbaik kepada manusia.

Sebaliknya jika manusia senantiasa mengambil isi alam tanpa kebijakan, maka alam pun akan memberikan bahaya bagi kehidupan manusia.
 Seperti misalnya kekeringan, banjir, tanah longsor dan kekurangan pangan.

Maka dari itu marilah kita senantiasa menjaga hubungan yang harmonis anatara manusia dengan alam itu sendiri disamping hubungan antara manusia dengan manusia.


Rangkuman muatan SBdP

Dalam sebuah tarian terdapat properti yang digunakan. Properti tari merupakan kelengkapan tarian sehingga penari lebih indah di dalam menarikan tariannya.

Properti tari bisa berupa selendang, topeng, payung, kipas, tombak, pedang, dan lainnya.

Beberapa tarian yang tradisional berikut ini lengkap dengan propertinya adalah sebagai berikut :
Tari reog dari Ponorogo, propertinya topeng reog.
Tari Baris dari Bali, propertinya tombak
Tari Kuda Lumping dari Jawa Tengah, properti Kuda lumping
Tari Jaipong dari Jawa Barat, properti  Selendang
Tari Baksa Kembang dari Kalimantan Selatan, properti Rangkaian bunga
Tari Serampang Duabelas dari Riau, properti Saputangan
Tari Merak dari Bali, properti  Bokor
Tari Topeng dari Cirebon, properti  Topeng

Demikian ulasan singkat mengenai Rangkuman Materi Pembelajaran Kelas 5 SD/MI Tema 3 Subtema 2 “ Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh “

Rangkuman ini bisa membantu anda dalam menyusun rencana pembelajaran sebagai rangkuman materi pokok. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Wasalam !

0 Response to "Rangkuman Materi Pembelajaran Kelas 5 SD/MI Tema 3 Subtema 2 “ Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh “"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel