Rangkuman Materi Pembelajaran Kelas 5 SD/MI Tema 3 Subtema 2 “Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh” Kurikulum 2013

Pembelajaran kelas 5 pada tema 3 dengan judul Makanan Sehat terdiri dari tiga buah subtema. Pada postingan sebelumnya, saya sudah menuliskan rangkuman untuk subtema 1, nah pada kesempatan kali ini akan saya rilis rangkuman materi untuk subtema 2 yang berjudul Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh.

Rangkuman materi subtema 2 ini saya himpunkan dari berbagai sumber, baik melalui media cetak maupun media elektronik (internet) semoga apa yang saya sajikan disini bermanfaat bagi sobat pembaca yang budiman.

Subtema 2 “Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh” masih memuat beberapa muatan mata pelajaran, yang terdiri dari PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP.

Adapun materi pokok untuk masing-masing mata pelajaran tersebut adalah sebagai berikut :

1. PPKN : Keanekaragaman budaya di Indonesia.
2. Bahasa Indonesia :   Iklan media cetak dan elektronik.
3. IPA : Gangguan organ pencernaan pada manusia.
4. IPS : Interaksi sosial manusia di lingkungan sekitar
5. SBdP : Pola lantai dan properti tari.


Nah, setelah kita mengetahui materi pokok setiap muatan pelajaran, maka akan mempermudah anda di dalam menyusun rencana pembelajaran.

Langsung saja berikut ini selengkapnya rangkuman materi Pembelajaran Kelas 5 SD/MI Tema 3 Subtema 2 “Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh” Kurikulum 2013

Rangkuman materi PPKn

Indonesia merupakan bangsa yang memiliki banyak keragaman di setiap penduduknya. Mulai dari keberagaman agama, adat istiadat, bahasa daerah, budaya, ciri fisik, bentang alam dan lain sebagainya.

Keberagaman tersebut bukanlah menjadi penghalang untuk tidak bersatu. Melalui semboyan Bhineka Tunggal Ika, Indonesia menjadi bangsa yang senantiasa bersatu untuk menjadikan diri sebagai bangsa yang kuat.

Keberagaman budaya menjadi sebuah ciri khas bagi setiap daerah di Indonesia. Seperti misalnya, di Bali ada sebuah upacara yang disebut upacara potong gigi. Demikian pula di daerah lain seperti misalnya di Papua ada sebuah tradisi yang disebut tradisi bakar batu.

Keunikan inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang sangat kaya akan keberagaman. Dan itu pula yang bisa dijadikan sebagai daya tarik untuk mendatangkan banyak wisatawan baik domestik maupun manca negara untuk datang ke Indonesia.

Kebudayaan di Indonesia dapat berupa kebudayaan benda dan tak benda. Kebudayaan benda bisa berupa, rumah adat, pakaian adat, alat musik trasional, senjata, dan kerajinan berupa patung.

Sedangkan kebudayaan yang berupa non fisik contohnya adalah kegiatan-kegiatan unik yang dilakukan oleh masyarakat, seperti salah satunya adalah tradisi.

Ada beragam jenis rumah adat di Indonesia dari berbagai daerah. Berikut ini beberapa contoh rumah adat yang ada di Indonesia beserta daerahnya.

1. Rumah Honai (Rumah suku Dani, Papua)
2. Rumah Tongkonan ( Sulawesi Selatan)
3. Rumah Betang ( Kalimantan Tengah)
4. Rumah Lamin ( Kalimantan Timur)
5. Rumah Jogglo (Jawa Tengah)
6. Rumah Gadang ( Minangkabau, Sumatra Barat)
7. Rumah Bolon (Sumatra Utara)

Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara Indonesia yang berarti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua hal ini berarti bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki keanekaragaman suku budaya adat istiadat dan agama tetapi tetap satu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Berikut ini beberapa tradisi yang ada di Indonesia yang patut diketahui.

1. Pasola
masalah merupakan upacara adat yang berada di NTT di mana tradisi ini mirip seperti sebuah upacara adat perang.
Beberapa tokoh masyarakat ada yang mengendarai kuda serta membawa sebuah tongkat yang terbuat dari kayu yang di mana ujungnya tumpul nah kayu inilah yang digunakan untuk saling menyerang antara satu sama lain.
Dalam tradisi ini tidak ada perselisihan yang ada adalah saling saling mempererat persatuan.

2.  bakar batu
Tradisi bakar batu ini terdapat pada tari daerah Papua. Didahului dengan membakar beberapa batu setelah panas pada itu akan diangkat dan ditaruh pada tuk sebuah tumpukan dedaunan yang di dalamnya sudah ada umbi-umbian dan daging setelah Upin dan daging matang maka mereka akan lakukan akan bersama dengan penuh kekeluargaan.

Demikian beberapa keragaman unik tentang tradisi adat istiadat yang ada di Indonesia , dan masih banyak lagi tradisi adat istiadat yang belum tertulis pada artikel ini dan mudah-mudahan para pembaca pun telah menemukan di sumber-sumber lainnya.

Rangkuman materi bahasa Indonesia

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari ciri-ciri bahasa iklan pada media cetak Pada kesempatan kali ini akan dilanjutkan tentang iklan pada Media elektronik.
Iklan Media elektronik merupakan iklan yang ditayangkan melalui radio televisi dan internet di mana pada iklan tersebut ditayangkan sebuah gambar yang bergerak disertai dengan suara iklan Media elektronik sering menawarkan produk jasa dan Pengumuman kepada masyarakat jenis iklan ini pun bermacam-macam oleh tarikan Niaga iklan layanan masyarakat dan iklan pengumuman.

Iklan media elektronik memiliki sedikit perbedaan dengan iklan media cetak. Dalam iklan media terdapat gambar yang bergerak dan juga suara (audio)

Disamping itu pula, iklan media elektronik memiliki durasi waktu yang pendek. Iklan elektronik terlihat lebih menarik dari pada iklan media cetak. Sebab bisa di lihat dan juga di dengar.

Rangkuman materi IPA

Berbagai penyakit dan gangguan (kelainan) dapat menyerang alat pencernaan.
Penyakit dan gangguan itu dapat disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan
yang tidak sehat. Selain itu, juga karena masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh
seperti bakteri dan virus. Di bawah ini beberapa penyakit yang dapat menyerang alatalat
pencernaan.

1. Mag (Radang Lambung)
Penyakit ini ditandai dengan gejala lambung terasa perih dan mual. Penyakit
mag disebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur. Jika kita tidak segera makan
pada saat lapar, lambung menjadi kosong. Akibatnya, asam lambung (asam klorida)
yang dihasilkan untuk mencerna makanan melukai lambung.

2. Apendisitis (Radang Umbai Cacing)
Radang pada umbai cacing ditandai dengan sakit pada perut sebelah kanan
bawah dan biasanya disertai demam. Umbai cacing (apendiks) adalah tonjolan
kecil pada usus buntu (sekum). Penyakit ini disebabkan adanya makanan yang
masuk di apendiks dan membusuk. Pembusukan makanan di apendiks tersebut
dapat mengakibatkan radang.

3. Disentri
Penyakit disentri disebabkan oleh bakteri. Alat pencernaan yang diserang yaitu
usus. Penyakit ini ditandai dengan muntah-muntah dan buang air besar terusmenerus.
Disentri dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan makanan dan
perlengkapan makan.

4. Sembelit
Gejala penyakit sembelit yaitu susah buang air besar. Penyakit ini disebabkan
makanan yang kita makan kurang berserat. Makanan kurang serat dapat
mengganggu proses pencernaan. Serat makanan membantu penyerapan air di
usus besar. Jika kadar serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap
air. Akibatnya, sisa makanan menjadi padat sehingga sulit dikeluarkan. Contoh
makanan berserat yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan.

*) Dihimpun dari buku BSE, IPA Salingtemas, Choiril


Rangkuman materi IPS

Interaksi sosial merupakan kegiatan bersosialisasi yang dilakukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Melalui interaksi sosial tersebut akan tercipta, sebuah pembangunan sosial.

Pembangunan sosial dapat berupa pembangunan sosial ekonomi dan pembangunan sosial budaya. Pembangunann sosial ekonomi memberikan peluang bagi masyarakat untuk bekerja sesuai dengan bidang keahliaannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pembangunan sosial budaya, yaitu suatu kegiatan yang dilakukan masyarakat sebagai uapaya masyarakat untuk melestarikan budaya daerah. Seperti adanya kegiatan festival kebudayaan, pementasan tarian tradisional serta parade budaya.


Rangkuman Materi SBDP


Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas tentang tarian tradisional. Kali ini akan dilanjutkan dengan pengertian properti dan pola lantai pada tari.

Properti tari merupakan alat tambahan yang dibawa oleh penari untuk menambah nilai estetika serta menyampaikan pesan dalam pementasan tarinya.

Benda atau alat yang sering digunakan sebagai properti tari adalah berupa topeng, selendang, keris, lilin, payung, dan tombak serta ada juga alat lainnya.

Pola tari merupakan formasi yang terbentuk melalui gerakan si penari. Pola tari ada yang berbentuk horizontal, vertikal, diagonal, melingkar dan berbentuk huruf U.

Demikian ulasan tentang rangkuman Materi Pembelajaran Kelas 5 SD/MI Tema 3 Subtema 2 “Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh” Kurikulum 2013 yang dapat penulis bagikan pada kesempatan kali ini.

Semoga informasi yang penulis sajikan disini bermanfaat bagi para pembaca.




0 Response to " Rangkuman Materi Pembelajaran Kelas 5 SD/MI Tema 3 Subtema 2 “Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh” Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel