Skip to main content

Dokumen yang Mungkin Perlu Dilampirkan dalam PK Guru Kelas

Baca Juga

Penilaian kinerja guru (PKG) merupakan salah satu bentuk dokumentasi sekaligus supervisi kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran.

penilaian kinerja guru biasanya dilaksanakan minimal sekali dalam setahun dan maksimal dua kali.

Penilaian kinerja guru ini, sangat dibutuhkan oleh guru terutama untuk kenaikan pangkatnya. Nah, apakah sobat pembaca disini ada yang sekarang ini sedang mengurus dokumen kenaikan pangkatnya?

Disini admin akan coba bagikan sedikit pengalaman teman yang akan naik pangkat beberapa tahun lalu. Semoga saja informasi ini bermanfaat. Paling tidak bisa anda gunakan sebagai bayangan untuk senantiasa mempersiapkan dokumen dalam membuat laporan PK Guru.

kegiatan penialaian kinerja guru ini memang dilakukan oleh kepala sekolah. Khsususnya untuk sekolah dasar dengan jumlah guru tidak lebih dari 15 orang.

Nah ketika anda akan disupervisi maka anda harus sudah siap dengan segala administrasi penunjang pembelajaran.

Berikut ini beberapa administrasi yang harus anda siapkan ;

1. Prota dan promes
Jelas sebagai guru kelas anda harus mempersiapkan dokumen ini. Tentunya jika dokumen ini sudah anda siapkan terlebih dahulu di awal tahun, maka tidak akan ada kendala nantinya.

2. Rencana pembelajaran
Saya sarankan bagi guru yanyang malas membuat rpp, yo stop kebiasaa. Tersebut. Rpp yang tersedia dan terlaksana akan memudahkan anda dalam mengikuti penilaian kinerja guru.

3. Penilaian
Saya yakin sebagai pendidik anda pasti sudah memiliki dokumen penilaian siswa. Nah... Sekarang ayo dokumenkan dan simpan baik-baik dalam file anda. Karena hal itu akan membantu anda empat tahun kedepan dalam kenaikan pangkat.

4. Daftar kelas.
Dokumenkan setiap daftar kelas peserta didik anda. Sebab bisa saja anda akan diminta melampirkan hal tersebut dalam penilaian kinerja guru. Tidak ada salahnya buat jaga-jaga.

5. Progran remidial dan pengayaan
Biasanya kare a banyak kesibukan, dokumen ini yang kadang jarang dilimiki oleh guru. Jika memang anda belum memilikinya saya sarankan segera buat kembali program tersebut.

6. SK Pembagian tugas guru.
Sebagai guru kelas tentu di setiap sekolah sudah dibagikan tugas utama dan tugas tambahan. Dalam SK pembagian tugas sangat tersurat dengan jelas sekali.

Biasanya beberapa guru kadang lupa dab tidak disiplin mendokumentasikan sk ini. Sehingga ketika akan diperlukan, bakalan kelabakan dan keluar keringat dingin.

Demikian sobat pendidik beberapa dokumen yang mungkin saja harus anda siapkan dalam mendokumentasikan PK Guru di sekolah anda.

Jika ada yang belum langkap maka segera lengkapilah, agar kedepannya tidak menjmbulkan masalah yang sangat berarti bagi anda.

Semoga bermanfaat !

Wasalam....

Comments

Popular posts from this blog

Soal Ulangan Harian Tema 1 Subtema 1 Kelas 5 SD Kurikulum 2013

Bagi sobat pedia yang mengajar di kelas 5 SD, mungkin tahun pelajaran ini sudah melaksanakan pembelajaran dengan kurikulum 2013 (K13) Pembelajaran kelas 5 SD dengan Kurikulum 2013 kini menggunakan pendekatan tematik. Sehingga beberapa muatan pelajaran luruh dalam sebuah tema.
Pada semester 1 kali ini, di kelas 5 dengan kurikulum 2013 melaksanakan pembelajaran dengan 5 tema. Setiap tema akan dibelajarkan selama satu bulan. Untuk setiap tema, mengandung tiga buah subtema. dan setiap satu subtema akan dibelajarkan selama enam hari. 
Setelah enam kali pembelajaran di tiap subtema, maka selanjutkan akan dilaksanakan penilaian harian secara tertulis, untuk mengukur kemampuan pengetahuan siswa. Untuk pelaksanaan itu, maka guru harus mempersiapkan dengan sebaiknya, proses penilaian yang akan dilakukan.
Adapun ulangan harian untuk subtema 1 di tema 1 kelas 5 SD memedukan beberapa muatan pembalajaran, diantaranya PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Adapun muatan kompetensi dasar (KD) ya…

Soal Ulangan Harian Tema 2 Subtema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Halo sobat pendidik riyanpedia.com senang sekali saya bisa membagikan tulisan kali ini tentang soal ulangan harian. Seperti yang sudah saya sering posting sebelumnya tentang ulangan harian kelas 5 yang menggunakan kurikulum 2013 memang sedikit berbeda dalam pelaksanaannya. Dalam satu kali ulangan harian, akan menilai beberapa muatan pembelajaran. Tentu disini diperlukan kesiapan guru dalam merancang soal ulangan harian tematik yang memperhatikan KD yang termuat dalam tema tersebut.

Tema 2 kelas 5 semester 1 sesuai dengan revisi 2017 memiliki judul " UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN" Dalam tema tersebut dibelajarkan melalui empat subtema. Untuk subtema 1 pembelajaran tematik dilaksanakan dengan enam kali pembelajaran.

Adapun kompetensi dasar (KD) pada setiap muatan pembelajaran di tema 2 subtema 1 kelas 5 kali ini mengandung muatan pembelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP. Kompetensi dasar setiap mata pelajaran memuat aspek pengetahuan, yaitu pada KD dengan kode tiga…

Soal Ulangan Harian Subtema 1 Tema 2 Kelas 3 Edisi Revisi 2018 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Memasuki bulan kedua semester 1 pembelajaran di tiap kelas pada jenjang pendidikan sekolah dasar tentunya sudah memasuki pada subtema 2. Demikian pula pada pembelajaran di kelas 3 SD/MI pada Kurikulum 2013.

Pembelajaran di kelas 3 pada kurikulum 2006 sebelumnya juga sudah menggunakan pendekatan tematik. Namun, sedikit berbeda dengan pembelajaran tematik di kelas 3 pada kurikulum 2013. Pembelajaran lebih dimudahkan, karena guru sudah didampingi dengan buku siswa dan buku guru. Serta cakupan tema yang akan dibelajarkan pun sudah tersedia, sehingga guru akan lebih mudah dalam mengajarkan di kelas.

Kegiatan pembelajaran tematik kelas 3 terbagi ke dalam subtema. Untuk setiap tema terdiri atas 4 subtema. Kegiatan ulangan harian dilaksanakan setelah menyelesaikan 1 subtema.

Kegiatan ulangan harian dirancang guru dengan memperhatikan kompetensi dasar yang muncul di setiap subtema. Untuk subtema 1 pada tema 2 terdiri dari kompetensi beberapa mata pelajaran, diantaranya mata pelajaran Pkn, Ba…