Skip to main content

Manfaat Alat Peraga Bagi Pembelajaran

Baca Juga




Berikut ini beberapa manfaat alat peraga bagi pembelajaran di kelas
  1. Sasaran utama manfaat alat peraga pendidikan yaitu untuk menimbulkan minat dalam belajar karena dengan menggunakan alat akan memudahkan penjelasan teori.
  2. Mencapai sasaran yang lebih banyak.
  3. Membantu mengatasi hambatan bahasa.
  4. Membantu sasaran pendidikan untuk belajar lebih banyak dan cepat.
  5. Mewujudkan sasaran pendidikan untuk meneruskan pesan-pesan yang diterima kepada orang lain.
  6. Manfaat alat peraga pendidikan sangat terasa terutam untuk mempermudah penyampaian bahan pendidikan / informasi oleh para pendidik / pelaku pendidikan.
  7. Mempermudah penerimaan informasi oleh sasaran pendidikan. Seperti diuraikan diatas bahwa pengetahuan yang ada pada seseorang diterima melalui indera. Menurut penelitian para ahli indera, yang paling banyak menyalurkan pengetahuan ke dalam otak adalah mata. Kurang lebih 75% sampai 87% dari pengetahuan manusia diperoleh melalui mata. Sedangkan 13% sampai 25% lainnya terkirim melalui indera yang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Soal Ulangan Harian Tema 1 Subtema 1 Kelas 5 SD Kurikulum 2013

Bagi sobat pedia yang mengajar di kelas 5 SD, mungkin tahun pelajaran ini sudah melaksanakan pembelajaran dengan kurikulum 2013 (K13) Pembelajaran kelas 5 SD dengan Kurikulum 2013 kini menggunakan pendekatan tematik. Sehingga beberapa muatan pelajaran luruh dalam sebuah tema.
Pada semester 1 kali ini, di kelas 5 dengan kurikulum 2013 melaksanakan pembelajaran dengan 5 tema. Setiap tema akan dibelajarkan selama satu bulan. Untuk setiap tema, mengandung tiga buah subtema. dan setiap satu subtema akan dibelajarkan selama enam hari. 
Setelah enam kali pembelajaran di tiap subtema, maka selanjutkan akan dilaksanakan penilaian harian secara tertulis, untuk mengukur kemampuan pengetahuan siswa. Untuk pelaksanaan itu, maka guru harus mempersiapkan dengan sebaiknya, proses penilaian yang akan dilakukan.
Adapun ulangan harian untuk subtema 1 di tema 1 kelas 5 SD memedukan beberapa muatan pembalajaran, diantaranya PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Adapun muatan kompetensi dasar (KD) ya…

Soal Ulangan Harian Tema 2 Subtema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Halo sobat pendidik riyanpedia.com senang sekali saya bisa membagikan tulisan kali ini tentang soal ulangan harian. Seperti yang sudah saya sering posting sebelumnya tentang ulangan harian kelas 5 yang menggunakan kurikulum 2013 memang sedikit berbeda dalam pelaksanaannya. Dalam satu kali ulangan harian, akan menilai beberapa muatan pembelajaran. Tentu disini diperlukan kesiapan guru dalam merancang soal ulangan harian tematik yang memperhatikan KD yang termuat dalam tema tersebut.

Tema 2 kelas 5 semester 1 sesuai dengan revisi 2017 memiliki judul " UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN" Dalam tema tersebut dibelajarkan melalui empat subtema. Untuk subtema 1 pembelajaran tematik dilaksanakan dengan enam kali pembelajaran.

Adapun kompetensi dasar (KD) pada setiap muatan pembelajaran di tema 2 subtema 1 kelas 5 kali ini mengandung muatan pembelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP. Kompetensi dasar setiap mata pelajaran memuat aspek pengetahuan, yaitu pada KD dengan kode tiga…

Soal Ulangan Harian Subtema 1 Tema 2 Kelas 3 Edisi Revisi 2018 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Memasuki bulan kedua semester 1 pembelajaran di tiap kelas pada jenjang pendidikan sekolah dasar tentunya sudah memasuki pada subtema 2. Demikian pula pada pembelajaran di kelas 3 SD/MI pada Kurikulum 2013.

Pembelajaran di kelas 3 pada kurikulum 2006 sebelumnya juga sudah menggunakan pendekatan tematik. Namun, sedikit berbeda dengan pembelajaran tematik di kelas 3 pada kurikulum 2013. Pembelajaran lebih dimudahkan, karena guru sudah didampingi dengan buku siswa dan buku guru. Serta cakupan tema yang akan dibelajarkan pun sudah tersedia, sehingga guru akan lebih mudah dalam mengajarkan di kelas.

Kegiatan pembelajaran tematik kelas 3 terbagi ke dalam subtema. Untuk setiap tema terdiri atas 4 subtema. Kegiatan ulangan harian dilaksanakan setelah menyelesaikan 1 subtema.

Kegiatan ulangan harian dirancang guru dengan memperhatikan kompetensi dasar yang muncul di setiap subtema. Untuk subtema 1 pada tema 2 terdiri dari kompetensi beberapa mata pelajaran, diantaranya mata pelajaran Pkn, Ba…