Skip to main content

Merancang Sebuah Karya Inovatif, Penting Untuk Peningkatan Karier Guru

Baca Juga

Sebagai seorang guru, apalagi sudah menyandang status pegawai negeri, tentunya harus senantiasa bisa mengembangkan diri sehingga bisa meningkatkan karier guru melalui peningkatan jenjang kepangkatan setingkat lebih tinggi.

Untuk menunjang peningkatan jenjang kepangkatan, guru perlu mengumpulkan angka kredit.  Angka kredit diperoleh dari pelaksanaan tugas guru, pengembangan profesi berkelanjutan dan unsur penunjang. 

Gambar dari google
salah satu bidang yang bisa kita coba lakukan untuk memperoleh angka kredit adalah melalui penyusunan sebuah karya inovatif  yang termasuk dalam bagian (pengembangan profesi berkelanjutan)

Karya inovatif adalah karya hasil pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang bermanfaat bagi pendidikan dan/atau masyarakat.

Karya inovatif terdapat dua kategori, yaitu kompleks dan sederhana.

Nah, melaksanakan karya inovatif bisa anda lakukan melalui beberapa kegiatan, seperti :

1. Menemukan teknologi tepat guna.
2. Menemukan/menciptakan karya seni.
3. Membuat/memodifikasi alat pelajaran/alat peraga/praktikum
4. Mengikuti pengembangan  penyusunan standar,  pedoman, soal, dan  sejenisnya pada  tingkat provinsi/nasional.

Untuk penjelasan tentang bagian-bagian yang mencakup jenis karya inovatif, akan admin ulas pada artikel berikutnya.

Wasalam !

Comments

Popular posts from this blog

Soal Ulangan Harian Tema 1 Subtema 1 Kelas 5 SD Kurikulum 2013

Bagi sobat pedia yang mengajar di kelas 5 SD, mungkin tahun pelajaran ini sudah melaksanakan pembelajaran dengan kurikulum 2013 (K13) Pembelajaran kelas 5 SD dengan Kurikulum 2013 kini menggunakan pendekatan tematik. Sehingga beberapa muatan pelajaran luruh dalam sebuah tema.
Pada semester 1 kali ini, di kelas 5 dengan kurikulum 2013 melaksanakan pembelajaran dengan 5 tema. Setiap tema akan dibelajarkan selama satu bulan. Untuk setiap tema, mengandung tiga buah subtema. dan setiap satu subtema akan dibelajarkan selama enam hari. 
Setelah enam kali pembelajaran di tiap subtema, maka selanjutkan akan dilaksanakan penilaian harian secara tertulis, untuk mengukur kemampuan pengetahuan siswa. Untuk pelaksanaan itu, maka guru harus mempersiapkan dengan sebaiknya, proses penilaian yang akan dilakukan.
Adapun ulangan harian untuk subtema 1 di tema 1 kelas 5 SD memedukan beberapa muatan pembalajaran, diantaranya PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Adapun muatan kompetensi dasar (KD) ya…

Soal Ulangan Harian Tema 2 Subtema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Halo sobat pendidik riyanpedia.com senang sekali saya bisa membagikan tulisan kali ini tentang soal ulangan harian. Seperti yang sudah saya sering posting sebelumnya tentang ulangan harian kelas 5 yang menggunakan kurikulum 2013 memang sedikit berbeda dalam pelaksanaannya. Dalam satu kali ulangan harian, akan menilai beberapa muatan pembelajaran. Tentu disini diperlukan kesiapan guru dalam merancang soal ulangan harian tematik yang memperhatikan KD yang termuat dalam tema tersebut.

Tema 2 kelas 5 semester 1 sesuai dengan revisi 2017 memiliki judul " UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN" Dalam tema tersebut dibelajarkan melalui empat subtema. Untuk subtema 1 pembelajaran tematik dilaksanakan dengan enam kali pembelajaran.

Adapun kompetensi dasar (KD) pada setiap muatan pembelajaran di tema 2 subtema 1 kelas 5 kali ini mengandung muatan pembelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP. Kompetensi dasar setiap mata pelajaran memuat aspek pengetahuan, yaitu pada KD dengan kode tiga…

Soal Ulangan Harian Subtema 1 Tema 2 Kelas 3 Edisi Revisi 2018 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Memasuki bulan kedua semester 1 pembelajaran di tiap kelas pada jenjang pendidikan sekolah dasar tentunya sudah memasuki pada subtema 2. Demikian pula pada pembelajaran di kelas 3 SD/MI pada Kurikulum 2013.

Pembelajaran di kelas 3 pada kurikulum 2006 sebelumnya juga sudah menggunakan pendekatan tematik. Namun, sedikit berbeda dengan pembelajaran tematik di kelas 3 pada kurikulum 2013. Pembelajaran lebih dimudahkan, karena guru sudah didampingi dengan buku siswa dan buku guru. Serta cakupan tema yang akan dibelajarkan pun sudah tersedia, sehingga guru akan lebih mudah dalam mengajarkan di kelas.

Kegiatan pembelajaran tematik kelas 3 terbagi ke dalam subtema. Untuk setiap tema terdiri atas 4 subtema. Kegiatan ulangan harian dilaksanakan setelah menyelesaikan 1 subtema.

Kegiatan ulangan harian dirancang guru dengan memperhatikan kompetensi dasar yang muncul di setiap subtema. Untuk subtema 1 pada tema 2 terdiri dari kompetensi beberapa mata pelajaran, diantaranya mata pelajaran Pkn, Ba…