Pengalaman Menulis Buku Mini untuk Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 2

Mugkin menjadi seorang penulis buku bukanlah pekerjaan yang mudah. Mengapa demikian, jawabannya sederhana bagi saya. Karena orang tersebut belum terlatih untuk menulis.
Keterampilan menulis bukanlah sesuatu bakat yang menurun dari pendahulu kita*. (Hal tersebut merupakan pendapat saya pribadi)

Menulis bagi saya, adalah keterampilan yang terus dilatih agar semakin mahir. Demikian halnya dengan siswa kelas 5 sekolah dasar yang menerapkan pembelajaran dengan kurikulum 2013. Pada pembelajaran di tema 6 untuk muatan bahasa Indonesia, anak  benar-benar dibelajarkan untuk bisa menulis salah satunya membuat ringkasan buku teks ekaplanasi yang dibaca.

Di pembelajaran tema 6 subtema 2 pembelajaran 3 terdapat sebuah pengalaman siswa membuat buku mini tentang kegiatan sosial ekonomi masyarakat serta hak dan kewajiban dalam menjalankan kegiatan sosial ekomomi tersebut. 

Pengalaman belajar siswa tentang menulis buku mini, sengat dipengaruhi oleh peran serta dukungan dari guru dan orang tua. Guru berperan memberikan fasilitas dan dorongan bagi siswa ketika belajar di rumah, dan sebaliknya orang tua memiliki tugas mendampingi dan memastikan bahwa anak memang memperoleh pengalaman belajar mengenai keterampilan kepenulisan. 

Berikut ini akan penulis sajikan aktivitas yang bisa dilakukan guru di sekolah dalam membelajarkan siswa menulis dan aktivitas orang tua di rumah mendampingi anak belajar. 

Kegiatan guru di sekolah:

1. Berikan pengalaman kepada anak untuk mengamati kondisi lingkungan sosial ekonomi masyarakat sekitar. Guru bisa mensiasati sebelumnya dengan menyajikan tayangan video jika memang dinilai terlalu sulit mengajak siswa mengamati lingkungan secara langsung.

2. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang menggali daya nalar siswa ketika mengamati aktivitas tayangan video.

3. Berikan bahan referensi bacaan untuk menambah wawasan siswa terkait dengan aktivitas sosial ekomomi masyarakat.
4. Buatkan daftar panduan pengamatan yang akan diisi siswa terkait dengan informasi tentang kegiatan ekonomi masyarakat.
5. Biarkan siswa menemukan sendiri peran para pelaku kegiatan ekonomi yang mereka temukan dalam tayangan video. Guru bisa memberikan bantuan ketika memang siswa benar-benar mengalami kesulitan.
6. Berikan panduan pada siswa saat menyusun tulisan mereka. Untuk mempermudah, guru bisa menggunakan langkah-langkah yang terdapat pada buku siswa, atau menegembangkan sendiri isi yang akan dibuat siswa pada buku mini mereka.
7. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan draff buku yang baru mereka tulis. Selanjutnya guru bisa mengumpulkan kembali tulisan siswa, dan selanjutnya menjilidnya.
Ketika tugas tersebut dijadikan tugas proyek oleh guru dan dilanjutkan di rumah, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan  guru di sekolah untuk mendampingi anak belajar di rumah.
1. Berikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan sendiri tugas yang diperolehnya di sekolah.
2. Biarkan anak bekerja secara mandiri, dan sesekali tanyakan kesulitan mreka. Ingat membantu disini bukan berarti mengerjakan secara utuh tugas tersebut, melainkan memberikan penjelasan dan fasilitas agar anak tidak mengalami stres atau tertekan dengan tugas tersebut.
3. Berikan penguatan dan dorongan kalau anak anda mampu menyelesaikan tugas tersebut.
4. Baca hasil tulisan anak dan berikan masukan serta penguatan atas kinerja mereka.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua.

0 Response to "Pengalaman Menulis Buku Mini untuk Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 2 "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel