Materi Muatan IPA Subtema 2 Tema 9 Kelas 5 “Zat Tunggal dan Campuran”

Pembelajaran tema 9 di kelas 5 pada kurikulum 2013, pada muatan IPA membelajarkan tentang Materi dan Penyusunnya. Pada topik artikel kali ini, saya akan kembali menghadirkan pembahasan singkat tentang zat tunggal dan zat campuran. Sebelum berlanjut ke pembahasan tentang zat tunggal, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian materi.
foto pixabay

Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Tentunya di bumi ini ada berbagai macam materi. Dari sekian banyak materi yang ada, dapat di kelompokkan menjadi zat padat, cair dan gas.

Berdasarkan komponen penyusunannya, materi dibedakan atas zat tunggal dan campuran. Zat tunggal adalah zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi.  Contohnya seperti ; air, emas, besi, perak, dan garam.

Zat tunggal ini dapat dibedakan lagi menjadi unsur dan senyawa. Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat dibagi lagi menjadi zat tunggal lainnya. Misalnya; besi, emas, dan perak.

Sedangkan senyawa merupakan zat tunggal yang terbentuk oleh beberapa unsur. Sehingga  zat ini bisa dipisahkan dari unsur pembentuknya. Misalnya ; Air. Air terdiri dari unsur hidrogen dan oksigen. Yang mana kedua zat tersebut termasuk kedalam unsur.

Berikutnya adalah campuran. Campuran merupakan zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat campuran terdiri atas zat campuran homogen dan zat campuran heterogen.

a. Zat campuran Homogen adalah campuran yang terdiri atas dua materi atau zat yang dapat menyatu secara merata. contoh campuran homogen antara lain sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit (campuran air dan garam), dan udara (campuran gas-gas).

b. Zat campuran heterogen  adalah campuran yang terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang tidak dapat menyatu secara sempurna. contoh campuran heterogen antara lain air kopi tumbuk, air dengan tanah, dan air dengan minyak.


Demikian ringkasan singkat tentang pengertian zat tunggal dan campuran. Informasi ini dirangkum dari berbagai sumber baik media cetak maupun elektronik.

Semoga bermanfaat.


0 Response to "Materi Muatan IPA Subtema 2 Tema 9 Kelas 5 “Zat Tunggal dan Campuran”"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel