-->

Tips Melatih Siswa Disipilin Mengerjakan Tugas Piket

Tips melatih siswa disipilin mengerjakan tugas piket -  Piket merupakan sebuah tugas yang harus dikerjakan oleh seseorang maupun kelompok dalam suatu ruang lingkup komunitas. Tujuan diberikannya piket sangat beragam. Piket diberikan sebagai bentuk kewajiban yang harus dikerjakan oleh individu atau dalam komunitas itu sendiri. Piket juga merupakan sebuah bentuk pembelajaran kedisiplinan.

Di sekolah dasar tugas piket merupakan tugas yang harus dilakukan oleh seluruh warga sekolah. Mulai dari guru hingga siswa. Pemberian tugas piket pada siswa di sekolah dasar merupakan sebuah pembelajaran kepada anak akan arti kewajiban dan kedisiplinan. 

Dengan diberikannya tugas piket di sekolah maka siswa akan mampu melatih dirinya untuk belajar bekerja sama. Piket yang diberikan di sekolah dasar dimasing-masing kelas tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Khusus di sekolah dasar, tugas piket paling banyak mendapatkan tugas adalah anak kelas tinggi. Sebab mereka sudah dinilai sudah mampu mengerjakan dengan baik tugas-tugas seperti melakukan pembersihan kelas dan juga tugas yang lainnnnya.  Bukan berati disini siswa di kelas rendah tidak diajarkan mengerjakan tugas piket, mereka tetap memperoleh tugas piket namun dengan tugas yang tidak terlalu berat.
Piket melatih siswa bertanggung jawab

Kadang kala tidak semua siswa mampu mengerjakan tugas mereka secara maksimal. Ada saja siswa yang tidak disiplin dalam menyelesaikan tugas yang mereka peroleh. Mulai datang tidak tepat waktu, tidak tahu tugas piket yang harus dikerjakan, tidak peka dengan tugas yang diberikan, lebih suka menyalahkan teman sesama piket daripada bekerja bersama untuk menyelesaikan tugas dengan tapat waktu, dan masih banyak lagi tindakan yang sering dilakukan siswa sehingga menyebabkan tugas mereka tidak bisa dikerjakan dengan disiplin.

Mungkin apa yang saya sampaikan di atas tadi pernah Anda alami sebagai guru kelas di sekolah dasar. Kalau demikian kita sama. Adapun cara yang saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut mungkiun sudah pernah Anda kembangkan di sekolah Anda. Namun, tidak ada salahnya Anda membaca terlebih dahulu uraian saya dalam melatih siswa agar disiplin dalam mengerjakan tugas piket.

Tips melatih siswa agar disiplin dalam mengerjakan tugas piket,adalah sebagai berikut :

1. Berikan contoh sikap seorang piket
Sebelum Anda akan membagikan tugas piket kepada siswa, maka terlebih dahulu Anda harus memberikan pemahaman melalui contoh kepada siswa tentang bagaimana sikap seorang siswa di dalam mengerjakan tugas piket.
Melalui pemberian contoh sikap seorang piket ini maka diharapkan anak akan terpengaruh untuk menjadi seorang petugas yang akan mengerjakan tugas yang diperoleh dengan baik. Dengan demikian Anda tidak akan susah-susah untuk mengingatkan mereka mengerjakan apa tugas piket mereka kala itu.

2. Berikan penghargaan sesegera mungkin
Siswa akan mengerjakan tugas piket setiap pagi. Misalnya petugas piket membersihkan ruang kelas. Bila siswa sudah selesai mengerjakan tugas , maka guru harus sesegera mugkin memberikan penghargaan kepada siswa tersebut. 
Jangan sekali Anda menilai buruk tugas mereka. Gunakan bahasa yang tepat bila Anda rasa hasil pekerjaan mereka belum maksimal. Dengan begitu mereka tidak akan kecewa dan patah semangat.
Penghargaan yang bisa Anda berikan atas kinerja siswa anda dalam mengerjakan tugas piket bisa dengan senyuman, gerak anggota tubuh, misalnya dengan mengacungkan jempol, ketika mereka bekerja, atau dengan memberikan penjelasan bahwa mereka adalah kelompok piket yang luar bisa hebat sehingga bisa mengerjakan tugas dengan baik.

3. Bagikan tugas secara merata
Menjadi tugas piket jangan hanya menjadi piket membersihkan kelas. Anda sebagai guru tentu tahu bahwa lingkungan sekolah tidak hanya sebatas ruang kelas saja. Maka dari itu, Anda harus memberikan tugas lain lagi sehingga siswa akan mampu bertanggung jawab atas tugas yang diperolehnya. 

Misalnya, tugas piket anak untuk kelas lima terdiri dari, memberihkan ruang kelas, kamar mandi sekolah, depan dan belakang kelas, kantor guru, dan ruang kepala sekolah. Nah, dengan adanya beberapa ruangan dan tempat yang harus dibersihakan siswa, maka guru jangan menugaskan satu kelompok untuk membersihkan tempat tertentu. 

Bagilah mereka menjadi beberapa kelompok, kemudia mengerjakan tugas piket secara roling. Bergantian setiap hari di masing-masing tempat atau ruangan yang harus dibersihkan. 
Dengan demikian maka siswa tidak akan pernah dan merasa bosan atas tugas tersebut.

Saya menerapkan tugas seperti itu, dan saya sebagai guru ikut membantu anak-anak manakala mereka butuh bantuan dan mengerjakan tugas yang berat.

Jadi guru bukan berarti Anda harus menyuruh anak untuk membersihkan sekolah tetapi lebih kepada mengajak siswa untuk mengerjakannya, sehingga akan tumbuh kesadaran bahwa apa yang ada di sekolah adalah tanggung jawab kita bersama.




0 Response to "Tips Melatih Siswa Disipilin Mengerjakan Tugas Piket"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel