-->

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Belajar dari Luar Diri Siswa

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan belajar dari luar diri siswa -  Sukses dalam belajar adalah dambaan para siswa di semua jenjang pendidikan. Begitu juga para orang tua yang tidak ingin anak yang mereka sayangi gagal di dalam belajar. Namun, perlu diingat bahwa kesuksesan belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Disamping faktor dari dalam diri siswa itu sendiri, kesuksesan dalam belajar juga dipengaruhi oleh faktor luas diri siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan belajar dari luar diri siswa adalah sebagai berikut :

1. Sistem pengajaran
Sistem pengajaran juga memberikan peluang yang sangat tinggi bagi kesuksesan belajar siswa. Pengajaran  yang lebih menekankan kondusif dan efektif akan mempengaruhi keberhasilan siswa. Guru yang sabar dan mampu mengajar dengan lebih tekun dengan menggunakan berbagai media pembelajaran akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Pembelajaran yang menarik lebih memberikan peluang bagi pembelajaran yang efektif dan kondusif. Pengajaran yang diterapkan guru harus lebih berdinamika, selalu inovatif, selalu mengarah dari yang mudah ke hal yang sulit, dan tidak terpusat kepada siswa.

2. Cara belajar siswa itu sendiri
Bila siswa ingin sukses belajar tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan siswa dalam belajar. Cara belajar siswa yang salah, tentu tidak akan menghasilkan prestasi belajar yang baik. Meskipun siswa tersebut memiliki kemampuan diri yang luar biasa. Begitu juga sebaliknya, siswa yang hanya memiliki kemampuan yang sedang saja, dengan cara belajar yang tepat akan menghasilkan prestasi belajar yang maksmal. Cara belajar siswa selama ini pada umumnya tidak tepat. Sering saya berbincang dengan siswa yang lamban dalam belajar di sekolah. Dari hasil diskusi tersebut, saya dapat simpulkan bahwa cara belajar siswa yang lamban sering, :

  • Belajar sambil nonton televisi
  • Tidak suka membaca buku
  • Jarang mengulang kembali pelajaran di rumah
  • Hanya belajar di malam hari saja
Dengan cara belajar seperti itu maka akan mempengaruhi kesuksesan belajar siswa itu sendiri. Dukungan orang tua kepada anak untuk sukses belajar bisa dilakukan dengan  memberikan fasilitas. Namun, tidak hanya itu saja. pentingnya orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah juga sangat penting.

3. Sumber-sumber belajar
Tentunya siswa tidak akan memiliki banyak informasi apabila hanya dengan mengandalkan satu buku ketika belajar atau hanya dengan mengandalkan penjelasan dari guru saja. Penting bagi siswa dan orang tua siswa itu sendiri untuk memberikan sumber-sumber belajar lainnya kepada anak mereka. Dengan kemajuan zaman sekarang ini, belajar tidak hanya dari buku. Bagi orang tua yang memiliki penghasilan 1ebih bisa menggunakan media internet sebagai sumber belajar lainnya.

4. Keluarga
Keluarga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan belajar siswa. Siswa yang memiliki keluarga dengan kondisi yang berantakan apalagi sering ribut tentu agak sulit bagi anak untuk belajar dengan nyaman. Bila belajar sudah tidak nyaman, lalu bagaimana dengan prestasinya? tentulah tidak akan menghasilkan prestasi yang baik. Disamping itu, keluarga yang tidak peduli dengan belajar anak di rumah, kurang perhatian dan hanya memarahi anak saja ketika mereka tidak mampu memberikan prestasi belajar yang diharapkan tentu akan kurang memotivasi anak untuk lebih maju. Mereka akan tertekan dengan kondisi tersebut.

Nah, bagi Anda yang memiliki saudara atau anak masih duduk di bangku sekolah, maka harus ikut serta ambil andil memberikan yang terbaik bagi kesuksesan belajar mereka. Disamping faktor dari dalam diri siswa itu sendiri, dukungan dan pengaruh dari luar juga sangat berpengaruh bagi siswa itu sendiri.

Demikian ulasan singkat kami, semoga artikel ini memberikan sidikit informasi kepada anda tentang bagaimana mendidik anak di  lingkungan keluarga. Akhir kata semoga bermanfaat. Wasalam !!!

0 Response to "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Belajar dari Luar Diri Siswa"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel