-->

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membaca Puisi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca puisi - Pembelajaran puisi di sekolah dasar sudah mulai di intensifkan di kelas 5. Puisi merupakan sebuah  karangan yang bahasanya singkat, padat, indah, menyentuh. Bentuknya ditata berlarik- larik dan berbait- bait, sehingga mengandung irama dan persajakan dengan mengutamakan perasaan. Salah satu cara menikmati keindahan bunyi puisi adalah dengan membaca puisi atau mendeklamasikan puisi.

Membaca puisi bagi siswa sekolah dasar perlu latih dengan baik. Karena beberapa siswa sering mengalami kesulitan dalam membaca puisi. Kesalahan yang sering dilakukan siswa sekolah dasar dalam membaca puisi adalah menganggap membaca puisi seperti membaca cerita biasa, kurang menjiwai isi puisi, tidak menunjukkan tekanan suara yang sesuai dengan isi puisi, dan keberanian atau rasa percaya diri siswa dalam membaca puisi masih kurang.

Agar keterampilan membaca puisi lebih baik, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan siswa dalam membaca puisi. Antara lain :

1. Ekspresi dalam membaca puisi
Menikmati keindahan sebuah puisi adalah dengan mendeklamasikan. Ketika Anda membaca puisi maka ekspresi wajah harus diperhatikan. Ekspresi wajah merupakan penghayatan jiwa dalam membaca puisi. Puisi yang mengisahkan sebuah kesedihan, maka ekspresi wajah harus sendu,  demikian pula bila puisi mengisahkan suka cita, maka ekspresi wajah harus gembira. Penghayatan ekspresi dalam membaca puisi perlu dilatih agar mudah muncul dalam pembacaan puisi.

2. Kinesik ( gerak anggota tubuh)
Dalam membaca puisi perlu di perhatikan pula gerak anggota tubuh. Tidak mungkin Anda membaca puisi dengan posisi terpaku dan berdiri dalam satu titik. Ketika Anda membaca sertajkah dengan geram anggota tubuh. Misalnya gerak tangan yang melambai, atau dengan gerak yang lainnya yeng memberikan keindahan perpaduan antara suara dan gerakan.

3. Kejelasan artikulasi
Dalam membaca puisi arti kulasi atau pengucapan setiap kata harus jelas. Ketepatan dalam melafalkan kata-kata dalam puisi.

4. Irama Puisi
irama puisi ini adalah panjang pendeknya, keras lembutnya, kuat lemahnya suara. Penting anda perhatikan irama suara dalam membaca puisi. Dengan adanya irama dalam membaca puisi akan memberikan keindahan pada puisi yang dibaca.

5.Intonasi atau lagu suara.
Dalam sebuah puisi, ada tiga jenis intonasi antara lain sebagai berikut :
* Tekanan dinamik yaitu tekanan pada kata- kata yang dianggap penting.
* Tekanan nada yaitu tekanan tinggi rendahnya suara.
Misalnya : Suara tinggi menggambarkan keriangan, marah, takjud, dan sebagainya.Suara rendah mengungkapkan kesedihan, pasrah, ragu, putus asa dan sebagainya.
* Tekanan tempo yaitu cepat lambat pengucapan suku kata atau kata.

Demikian artikel sederhana ini saya buat tentang Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca puisi, semoga artikel ini memberikan manfaat bagi para pembaca. Nantikan artikel menarik kami lainnya. Wasalam...!!!

0 Response to "Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membaca Puisi"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel