-->

Cara Sukses Ulangan Akhir Semester

Cara sukses ulangan akhir semester - memasuki bulan Desember, tentu merupakan masa akhir pembelajaran di semester satu pada semua jenjang pendidikan yang ada di negeri ini.
Penilaian akhir yang dilakukan guru di akhir semester satu ini dilakukan secara serentak di masing-masing daerah. Ulangan di semester ini akan mengukur kemampuan siswa tentang materi pelajaran di semester tersebut. 

Sukses dalam menghadapi ulangan akhir semester memang harus menjadi pertimbangan siswa.  Mungkin saja setiap siswa, para orang tua dan guru telah mempersiapkan strategi dan cara-cara jitu agar mencapai kesuksesan ulangan nanti.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya sewaktu masih duduk di bangku sekolah, tentang bagaimana cara sukses ulangan akhir semester.

1. Melakukan kegiatan belajar kelompok.
Belajar sendirian di kamar tentu tidak akan seramai belajar kelompok. Mungkin saja beberapa siswa ada yang lebih nyaman belajar sendirian. Namun, belajar kelompok lebih banyak memberikan manfaat. Seperti misalnya ; bisa saling bantu ketika menemukan soal yang agak rumit, belajar bisa bertahan lebih lama lagi. 
Setiap bentuk kegiatan tentu ada sisi positif dan negatifnya, namun lebih baik kita mengambil sisi positifnya saja. 

2. Melakukan latihan soal untuk setiap sub materi
Ketika memasuki ulangan akhir semester, tentu evaluasi tersebut akan mengukur kemampuan siswa selama satu semester belajar di kelas tersebut. Jadi mengulang latihan soal untuk semua materi di semester tersebut sangat penting dilakukan. Siswa bisa memanfaatkan latihan soal di buku paket, atau bisa juga guru membuatkan latihan soal untuk masing-masing sub.

3. Mencoba mengerjakan kuis-kuis secara online
Cara ini mungkin jarang dilakukan oleh siswa. Siswa lebih banyak memanfaatkan media online hanya untuk mencari hiburan semata. Jejaring sosial misalnya. Padahal kita bisa menemukan jutaan situs pendidikan yang menawarkan cara-cara belajar yang baik, latihan soal-soal, dan rangkuman materi pelajaran yang membantu siswa untuk lebih memahami materi pelajaran.

4. Istirahat dan konsumsi makanan sehat
Dari semua usaha yang anda lakukan untuk sukses dalam menghadapi suatu ujian atau pun sebuah tes, tanpa kesehatan semua akan sia-sia belaka jadinya. Demikian pula dalam menghadapi ulangan akhir semester, kesehatan juga harus anda perhatikan dengan baik. Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat akan lebih banyak memberikan peluang bagi tubuh anda untuk sehat dan pastinya akan mampu menghadapi segala bentuk kegiatan berikutnya.

5. Rajin berdoa dan sembahyang
Semua usaha yang kita lakukan sudah diatur oleh Tuhan, maka dari itu menyerahkan semua kepada beliau adalah sebuah ketulusan bakti kita kepada Tuhan. Berdoa dan sembahyang setiap hari akan membuat anda lebih tenang. Dengan ketenangan maka akan mengalir pikiran jernih. Dan hanya dengan pikiran jernih kita akan bisa meraih kesuksesan.


0 Response to "Cara Sukses Ulangan Akhir Semester"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel