-->

Desa Wisata Usaha Pariwisata Bagi Masyarakat Pedesaan

Salah satu sumber pendapatan bagi suatu daerah tidak hanya dari banyaknya sumber daya alam yang dimiliki tetapi bisa juga pengembangan sektor pariwisata sebagai komuditi usaha bagi masyarakatnya.

Sekarang ini beberapa daerah bahkan hampir semua daerah di Indonesia kembali memperkenalkan keunikan desa yang ada dimasing-masing wilayah sebagai desa wisata.

Hal ini tentunya sangat menggembirakan bagi beberapa masyarakat yang memang selama ini belum sama sekali menikmati bagaimana keuntungan dari jenis usaha di sektor pariwisata.

Tentunya tidak semua desa bisa kita jadikan desa wisata. Tentunya desa tersebut harus memiliki satu potensi yang bisa dijual bagi wisatawan. Pada kenyataanya desa-desa yang ada di Indonesia semua memiliki keunikan tersendiri dan inilah yang menjadi ciri khas bagi desa tersebut.

Dengan kekhasan desa yang ada di Nusantara, maka sangat layak apabila kita promosikan sebagai desa wisata. Masyarakat kecil pun nantinya apabila desa wisata tersebut berjalan dengan baik, akan menikmati manisnya usaha sektor pariwisata.

Masyarakat pedesaan yang memiliki sebagian besar penduduk sebagai petani, akan menjual panorama alam pertaniannya kepada wisatawan. Dibutuhkan kerjasama antara pengelola desa wisata dengan masyarakat setempat.

Agar jangan nantinya wisatawan asik menikmati keindahan alam dan keramahan penduduk desa, namun penduduk desa tidak memperoleh kompensasi dari adanya desa wisata terhadap usaha pertanian yang ada di desa tersebut.

Disinalh peran kerjasama antara pariwisata dengan masyarakat setempat. Alangkah bijaknya jika wisata desa dikelola oleh warga setempat. Dengan mengandalkan segala kemampuan yang mereka miliki maka desa yang semula dikatakan sebagai tempat terbelakang berangsur-angsur sejajar dengan daerah lainnya.

Peran serta generasi muda untuk terus ambil andil dalam promosi desa wisata. Banyak media yang bisa dilakukan sebagai bentuk promosi desa wisata. Para penggiat bisnis online bisa ikut ambil andil dalam upaya memperkenalkan keunikan dan keunggulan daerahnya masing-masing.

0 Response to "Desa Wisata Usaha Pariwisata Bagi Masyarakat Pedesaan"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel