-->

Urutan Peristiwa yang Terdapat pada Teks Siklus Air Tanah Tema 8 Kelas 5 SD

Pembelajaran tema 8 siswa kelas 5 yang berjudul Lingkungan Sahabat Kita, memberikan pengalaman kepada siswa dalam hal menjaga kelestarian lingkungan, khususnya kelestarian air. Pada pembelajaran 1 subtema 2 di tema 8 ada sebuah teks bacaan yang berjudul “Siklus Air Tanah”.

Wacana tersebut berikan informasi yang berkaitan dengan proses dari siklus air tanah. Setelah siswa selesai membaca wacana tersebut, ada tugas penting yang harus dikerjakan. Yaitu mengurutkan peristiwa pada bacaan tersebut. Apakah, buah hati anda yang duduk di bangku kelas 5 mengalami masalah untuk menyelesaikannya?

Berikut ini akan saya sajikan urutan peristiwa yang bisa anda gunakan untuk memandu mereka belajar. Adapun soal yang muncul pada wacana tersebut adalah sebagai berikut :
Kamu telah membaca teks wacana "Siklus Air Tanah" . peristiwa apa yang terdapat pada teks? Bagaimana urutannya? Tuliskan dalam diagram. 

Jawaban atas pertanyaan menyusun urutan peristiwa teks yang berjudul "Siklus Air Tanah"

 1. Air yang turun ke tanah ada yang masuk dan bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah serta batuan.

2. Air cadangan akan selalu ada apabila daerah peresapan air selalu tersedia. Daerah resapan air terdapat di hutan-hutan. Tumbuhan hutan mampu memperkukuh struktur tanah.

3. Kegiatan penebangan pohon dan pembukaan lahan pertanian membuat kemampuan tanah meresap air semakin berkurang.

4. Pengaspalan jalan dan pembetonan juga akan mengurangi resapan air.

5. Peristiwa ini mengakibatkan air tidak dapat meresap ke dalam tanah. Karena resapan ini berkurang maka tidak akan ada air cadangan.

6. Cadangan air yang semakin menipis membuat air di danau dan sungai semakin berkurang. Berkurangnya air sungai membuat kemampuan penguapan semakin berkurang. Keadaan ini akan mengurangi hujan. 

Demikian urutan peristiwa yang dalam sebuah wacana yang berjudul Siklus Air Tanah. Semoga ulasan sederhana ini memberikan manfaat bagi anda semua. 

Wasalam !

0 Response to "Urutan Peristiwa yang Terdapat pada Teks Siklus Air Tanah Tema 8 Kelas 5 SD"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel