-->

Program Tahunan (Prota) Tematik Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Memasuki tahun pelajaran baru nanti, tentunya semua pendidik bakalan disibukan dengan persiapan mengajar. Mulai dari analisis hari efektif, program semester, program tahunan, RPP, dan berbagai jenis perangkat kelas lainnya.

Program tahunan atau Prota merupakan penetapan alokasi waktu selama satu tahun untuk mencapai tujuan yang terdapat dalam kompetensi dasar (KD). Dengan Prota inilah maka seluruh KD yang terdapat dalam pembelajaran di kelas tersebut dapat dicapai dengan maksimal.

Program Tahunan (Prota) disusun dengan memperhatikan jumlah hari efektif dalam setahun, kemudian menentukan berapa sebaran alokasi waktu yang akan diberikan pada setiap KD yang muncul. KD yang memiliki tingkat kesukaran dan kepadatan materi diberikan alokasi waktu yang lebih banyak.

Nah, menyusun Prota pada kurikulum 2013 memberikan kemudahan bagi para guru. Mengapa demikian, sebab dalam buku guru semua sudah tersaji sebaran KD yang ,muncul dalam setiap Subnya. Jadi ketika anda akan menyusun Prota, maka dipersiapkan terlebih dahulu buku guru untuk masing-masing tema.

Prota yang akan saya bagikan kali ini adalah Prota untuk kelas 6. Kebetulan pada tahun pelajaran ini sekolah saya akan melanjutkan pembelajaran Kurikulum 2013 untuk siswa kelas 6 dan 3, mengingat tahun lalu sudah untuk kelas 1 dan 4, kemudian 2 dan 5. Maka kini berlanjut ke kalas 3 dan 6.

Prota ini disusun dengan mengacu pada buku guru tematik kelas 6 edisi revisi 2018. Tentunya Prota ini masih perlu dikembangkan lebih lanjut lagi oleh teman-teman guru. Sebab yang saya sajikan hanyalah model yang saya gunakan di sekolah dan tentu kadang kurang sesuai dengan kondisi anda. Namun, tidak mengurangi makna dari prota itu sendiri.

Karena kelas 6 pada Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik, maka Prota yang dibuat menjadi satu yang memadukan beberapa mata pelajaran seperti ; Bahasa Indonesia, PKn, IPA,IPS, Matematika, SBdP, dan PJOK. Buku Guru Tematik Kelas 6 Edisi Revisi 2018 sudah memuat kompetensi tiap mapel yang saling berkaitan mendukung tema. Sehingga para guru sudah dipermudah dalam menyusun prota.

Download  Program Tahunan (Prota) Tematik Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Bila anda berminat, silahkah download pada link yang sudah saya sediakan diatas, namun bila belum bisa silahkan sertakan alamat email anda pada kolom komentar di blog ini.

Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat !

0 Response to "Program Tahunan (Prota) Tematik Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel