Penjelasan Tentang Perubahan Wujud Benda – Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 6 Kelas 5

Pembelajaran pada tema 6  kelas 5 merupakan pembelajaran di semester 2 sehingga pada bulan Januari, siswa kelas 5 sudah akan memasuki semester yang baru. Tema 6 berjudul Panas dan Perpindahaannya, memiliki empat buah subtema. Pada subtema 1 ini berjudul Suhu dan Kalor. Oke langsung saja, kali ini kita akan membahas materi perubahan wujud benda sesuai dengan buku siswa pada tema 6 subtema 1 di pembelajaran 1.

Matahari merupakan sumber energi panas terbesar di bumi. Sudah barang tentu energinya tersebut sangat dibutuhkan oleh semua makhluk di muka bumi ini. Panas yang dikeluarkan oleh matahari juga dapat mengubah bentuk, warna dan wujud benda.

Apakah masih ingat dengan wujud benda? Benda terdiri dari tiga buah wujud, yaitu benda dengan wujud padat, cair dan gas.

Nah, kali ini kita akan mengetahui bagaimana proses perubahan wujud benda padat. Benda padat yang akan kita gunakan adalah berupa es batu. Untuk memperlancar jalannya percobaan cobalah kalian persiapkan terlebih dahulu alat dan bahannya.

Adapun alat dan bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah sebagai berikut : 3 wadah untuk es batu, 6-9 buah es batu dengan ukuran yang sama, dan stopwatch (pencatan waktu)

Setelah semua alat dan bahan disiapkan, mala lakukan langkah kerja berikut ini :
1.    Letakkan es batu yang sudah dibawa pada wadah yang sudah disiapkan. Usahakan es yang berada dalam tiap wadah jumlahnya sama.

2.    Ketiga wadah tersebut diletakkan pada tiga tempat yang berbeda.  Satu wadah diletakkan diatas meja dalam ruangan. Wadah kedua diletakkan di bawah terik matahari dan wadah ketiga diletakkan di dalam sebuah lemari.

3.    Setelah itu lakukan kegiatan pengamatan terhadap es batu yang berada dalam wadah. Amati apa yang terjadi dan catat waktu perubahanya.

Setelah kegiatan tersebut dilakukan dengan baik, hasil yang diperoleh pun akan tepat. Lakukan pengamatan dan catat dalam setiap waktu perubahan yang terjadi pada es batu. 

Berikut ini rangkuman hasil pengamatan yang penulis lakukan di rumah. Nah, silahkan dicocokan semoga saja hasilnya sama atau hampir mirip.

1.    Sebelum ditempatkan dalam wadah, bentuk dan ukuran es batu disetiap wadah sama.

2.    Setelah dilakukan tindakan sesuai langkah-langkah diatas ternyata es batu yang mencair lebih dahulu adalah es batu yang berada di luar ruangan dibawah terik matahari.  Selanjutnya es batu di atas meja dan yang terakhir es batu dalam lemari.

3.    Es batu di bawah terik matahari mencair lebih dahulu karena suhu di luar yang berada pada cahaya panas matahari terlalu tinggi. Sehingga membuat es batu tersebut mencair. Sedangkan es batu dalam lemari suhunya tidak terlalu tinggi bila dibandingkan dengan es batu diatas meja.

4.    Kesimpulan yang dapat diperoleh dari percobaan tersebut adalah, es batu akan cepat mencari ketika berada dibawah terik matahari langsung. Untuk membuat es batu tidak cepat mencair, maka perlu ditaruh dalam ruangan yang suhunya rendah.


Nah, demikian penjelasan singkat tentang Perubahan Wujud Benda – Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 6 Kelas 5. Guru melakukan percobaan ini di kelas dengan jenis benda yang berbeda atau perlakuan yang berbeda pula.

Dengan beragamnya jenis tindakan yang dilakukan, maka siswa akan memperoleh wawasan dan pengalaman yang bermakna sekaligus melatih level berpikir tingkat tinggi siswa.

Terimakasih atas kunjungan anda, sukses selalu dalam pembelajaran di kelas.

Wasalam.

0 Response to "Penjelasan Tentang Perubahan Wujud Benda – Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 6 Kelas 5"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel