Cara Mempertahankan Semangat Belajar untuk Meningkatkan Prestasi

Belajar merupakan kewajiban utama seorang siswa. Namun secara umum siapapun hendaknya senantiasa membelajarkan dirinya.
Belajar penting dilakukan agar kita mampu mengubah diri kita dari yang kurang menjadi lebih. Dari yang tidak bisa menjadi lebih bisa.

Pada kenyataannya tidak semua orang memiliki motivasi yang sama untuk belajar. Lebih-lebih seorang siswa yang memang sudah sewajarnya selalu mengisi diirnya untuk menjadi seseorang yang lebih berisi akan pengetahuan untuk mengarungi kehidupan kelak nanti.

Rendahnya motivasi belajar yang Anda miliki, maka akan menurunkan kemampuan Anda pula. Kita tahu bahwa pengetahuan itu senantiasa berkembang, maka dari itu kita harus bisa mengikuti dan menguasainya. Dengan belajar adalah jawaban itu semua.

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana kita bisa menjaga semangat belajar selalu terjaga? Nah pada kesempatan ini, saya akan membagikan pengalaman pribadi saya di dalam menjaga semangat untuk belajar.
dokumen riyanpedia.com

1) Pilih waktu belajar yang tepat
Kadang di setiap kesempatan belajar ada waktu-waktu tertentu yang pas anda pilih untuk belajar.
Biasanya waktu belajar yang paling baik digunakan untuk belajar adalah di pagi hari. Dulu saya sewaktu masih duduk di bangku sekolah, sering menggunakan waktu di pagi hari sekitar jam 5 pagi untuk belajar.

Suasana pada pukul tersebut lebih sunyi, sehingga apa yang dipelajari bisa lebih mudah dipahami.
Namun waktu itu bukanlah waktu yang mutlak. Maka dari itu saya katakan sebelumnya, Anda harus bisa mengenali sendiri waktu belajar anda.

2) Belajar sambil mendengarkan musik
Hal ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjaga semangat belajar anda.
Biasanya mendengerkan musik kadang bisa membuat kita terhanyut dibawa suasana lagu tersebut.
Musik bisa menjadi penambah semangat belajar anda. Cobalah untuk belajar sambil mendengarkan musik.

Anda bisa mencoba dengan musik yang anda sukai. Dengan begitu anda tidak akan bising ketika belajar sambil mendengerkan musik.
Volume dan jenis lagu juga patut anda perhatikan. Jangan sampai mendengarkan musik terlalu keras. Malah membuat konsentrasi belajar anda akan hilang.

Dengan mendengarkan musik yang pas, maka bisa dipastikan semangat anda untuk belajar akan tumbuh dan tentunya akan membawa anda meraih keberhasilan.

3) Belajar sambil minum kopi atau teh
Belajar agar lebih semangat bisa anda lakukan dengan mendampingi berbagai macam cemilan dan minuman.
Belajar sambil minum teh akan lebih membawa suasana anda semakin santai. Dengan suasana yang santai maka pikiran akan tenang, dan informasi yang anda pelajari akan mudah diserap oleh otak.

4) Belajar di ruang terbuka
Agar lebih bersemangat dalam belajar, maka sesekali anda berpindah lokasi belajar.
Jangan selalu sering menggunakan kamar sebagai tempat belajar. Pikiran akan menjadi mumet bila terlalu sering berada pada ruang yang monoton.

Maka daripada itu, cobalah anda untuk keluar sejenak dan mencari tempat belajar seperti di atas bukit, pinggir pantai atau di pematang sawah. Kalau saya dulu lebih sering di pematang sawah. Karena saya anak desa yang selalu akrab dengan lingkungan persawahan.

Lingkungan juga bisa mempengaruhi semangat belajar anda. Jadi ketika anda bosan belajar maka keluar saja dan cari tempat yang indah dan nyaman.
Demikian sobat pembaca, cara yang bisa kita lakukan di dalam meningkatkan motivasi untuk senantiasa samangat untuk belajar.

Belajar yang bersemangat akan memberikan dampat yang besar bagi kemajuan prestasi Anda.
Selamat mencoba pengalaman saya dan jangan dipaksakan untuk dilakukan. Karena semua kembali kediri kita masing-masing untuk mengenali lebih jauh tentang gaya belajar kita.

Wasalam.

0 Response to "Cara Mempertahankan Semangat Belajar untuk Meningkatkan Prestasi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel