Cara Terbaik dilakukan Agar Siap Mengukuti Ulangan Harian

Mungkin artikel ini cocok dibaca bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Tapi, tidak baik juga dibaca para orang tua siswa. Sebab melalui artikel sederhana ini bisa menjadi inspirasi anda dalam mendampingi anak belajar di rumah.

Ulangan harian merupakan penilaian rutin yang dilakukan oleh guru di sekolah. Bentuk penilaian ini dilakukan melalui tes.

Mendengar kata tes dan ulangan harian, pastinya di benak siswa ada sedikit rasa khawatir akan nilai yang buruk. Bahkan ada yang berpikir mengambil cara curang, yaitu mencontek.

Tentunya hal ini sangat tidak baik. Mengingat mencotek itu merupakan perilaku yang tidak terpuji. Sebagai seorang siswa, maka belajar menjadi kewajiban utama dalam menempa diri menjadi pribadi yang unggul dan berkarakter.

Keberhasilan siswa di dalam ulangan tidak bisa lepas dadi peran disiplin diri dalam belajar. Jika Anda sudah disiplin di dalam belajar, maka akan bermuara pada prestasi anda.

Ada beberapa cara dapat dilakukan di dalam meningkatkan kesiapan diri untuk mengikuti ulangan harian. Nah dalam artikel ini saya akan ulas cara mempersiapkan diri mengikuti ulangan harian berdasarkan pengalaman pribadi saya.

1) Biasakan mengulang kembali pelajaran
Hal ini yang mulai jarang dilakukan oleh siswa di rumah. Mengulang pelajaran penting untuk dilakukan. Sebab dengan kegiatan tersebut kita bisa memperdalam ilmu yang kita terima di sekolah.

Mengulang mempelajari materi pelajaran di rumah bisa dilakukan dengan cara membaca kembali materi tersebut, membuat ringkasan dari apa yang sudah dibaca dan melakukan latihan-latihan soal.

Jika anda rutin melakukan aktivitas ini, maka apa yang anda peroleh hari ini tidak akan anda lupakan esok hari.

2) Membuat cacatan kecil
Penting Anda lakukan adalah membuat catatan kecil tentang rangkuman pokok materi pembelajaran.

Catatan bisa anda buat dalam buku yang menarik. Kemudian saat menyimak penjelasa guru maupun habis membaca buku segera tuliskah informasi yang anda peroleh ke dalam catatan kecil.

3) Perbanyak latihan soal
Kita akan lebih tenang menghadapi segala sesuatu ketika sudah terbiasa menghadapi masalah.

Nah untuk mempersiapkan diri agar benar-benar siap ketika akan menghadapi ulangan maka membiasakan mengikuti latihan-latihan soal akan menumbuhkan rasa percaya diri ketika ulangan nanti.

4) senantiasa bersembahyang
Melaksanakan sembahyang setiap hari akan membuat diri kita semakin dekat dengan Tuhan.
Kedekatan kita kepada Baliau akan membuat diri kita semakin tenang di dalam menjalani setiap masalah dal hidup ini.

Menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang kita anut akan memberikan jalan yang terbaik dalam hidup ini.

Tuhan akan membatu umatnya yang sabar dan dekat dengan beliau. Selamat belajar dan jangan lupa mengimbanginya dengan berdoa.

Demikian sobat pembaca ulasan sederhana rerkait dengan kesiapan kita di dalam menghadapi ulangan harian. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Wasalam !/

0 Response to "Cara Terbaik dilakukan Agar Siap Mengukuti Ulangan Harian"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel