Cara Mudah dan Sederhana dalam Membuat Ringkasan Cerita

Meringkas merupakan aktivitas menulis yang harus diawali dengan membaca. Meringkas adalah memperpendek sebuah cerita tanpa mengurangi alur dan pesan yang disampaikan dalam sebuah cerita.

Tujuan dari meringkas cerita adalah memperpendek cerita sehingga pembaca secara sepintas membaca ringkasan cerita sudah mengetahui bagaimana isi dari cerita tersebut. Agar ringkasan cerita menjadi baik, maka perlu dilakukan beberapa hal. Berikut ini adalah langkah mudah yang bisa  dilakukan dalam membuat sebuah ringkasan.

1. Membaca Naskah Asli
• Membaca naskah asli sekali atau dua kali, kalau perlu berulang kali hingga kamu paham. Agar ringkasan cerita yang dibuat itu bisa utuh tanpa mengurangi isi cerita, maka kita harus membaca terlebih dahulu naskah tersebut. Bacalah dengan teliti dan ikuti setiap alur cerita.
Membaca akan memberikan kita untuk mengetahui kesan umum (inti) tulisan. Setelah membaca naskah tersebut, selanjutya menuliskan kesan yang diperoleh setelah membaca cerita. Tuliskan apa pun yang kita rasakan ketika membaca naskah atau cerita terseut.
Membaca memberikan kita pengetahuan untuk mengerti lebih jauh apa maksud dan sudut pandang penulis naskah atau cerita tersebut.

2. Mencatat Gagasan Utama
Untuk membuat ringkasan cerita, langkah berikutnya adalah membaca tulisan bagian demi bagian sambil mencatat gagasan pokok. Gagasan pokok tersebut akan digunakan untuk menyusun ringkasan. Lagkah menentukan gagasan pokok sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya.

3. Gunakan Kalimat Baru
Gunakan  kesan umum (inti) untuk membuat ringkasan. Sesuaikan urutan isi dengan naskah asli. Jika semua sudah tersusun selanjutnya adalah menggunakan kalimat baru dalam ringkasan. Kita bisa menggambarkan isi naskah/cerita  dengan menggunakan kalimat baru.

 4. Ketentuan Tambahan
Susunlah  ringkasan dalam kalimat tunggal. Kalimat-kalimat yang panjang bisa diringkas menjadi frase. Kemudian frase diubah menjadi kata. Namun hal ini tidaklah berlaku dengan kaku, semua bisa dilakukan dengan luwes. Karena meringkas pada intinya tidak mengubah isi naskah / cerita melainkan menjadikan naskah tersebut lebih pendek, sehingga pembaca akan lebih cepat memahami isi dari teks tersebut.

Demikian langkah-langkah dalam membuat sebuah ringkasan cerita. Semua tips sederhana ini ada manfaatnya bagi anda yang sedang mencari langkah-langkah dalam membuat ringkasan, serta membantu adik-adik sekolah dasar untuk belajar membuat ringkasan.

0 Response to "Cara Mudah dan Sederhana dalam Membuat Ringkasan Cerita"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel