Materi Ayo Mencoba Bermain Bakiak, Pembelajaran Kelas 4 SD

Bakiak merupakan jenis permainan tradisional yang berasal dari Sumatra Barat. Bakiak, atau biasa disebut Terompa Bakuak di Sumatera Barat merupakan permainan yang membutuhkan kekompakkan Memainkan permainan yang satu ini diperlukan kerjasama yang tinggi. Karena tanpa adanya kerjasama dan kekompakan maka mustahil akan bisa memainkan permaianan ini dalam sebuah perlombaan.

Membuat bakiak bisa dikerjakan dengan mudah. Bahan yang dibutuhkan cukup sepasang papan dengan ketebalan kurang lebih 3 – 5 cm saja, dengan panjang yang bisa digunakan mencapai satu meter. Selain papan, kita juga membutuhkan beberapa helat karet yang terbuat dari bahan ban sepeda atau mobil.

Sebelum digunakan kita perlu menghaluskan sedikit papan tersebut. Dengan kondisi yang halus maka papan tersebut akan mudah untuk digunakan. Setelah halus kita tinggal memasang karet pada papan tersebut sebagai alat untuk pengikat kaki.

Karena permainan ini bisa dimainkan oleh lima orang, maka kita perlu memasang lima pengikat kaki. Setelah terpasang bakiak pun siap untuk digunakan dalam sebuah permainan. Nah ketika kita akan memainkan alat ini sangat diperlukan kekompakan. Jika tidak kompak, maka akan sulit sekali berjalan menggunakan bakiak tersebut.

Untuk menambah keseruan dalam perminan ini, maka kita bisa menambahkan arang lintang agar semakin seru. Sebaiknya anak yang berdiri paling depan lah yang harus mengombando teman-teman dibelakang ketika akan berjalan menggunakan bakiak. Bila perlu semua harus bersuara “kanan – kiri” untuk memudahkan langkah kaki.

Jika kita sudah bisa bekerja dengan baik, maka bakiak kita pun akan bisa melangkah dengan cepat. Semakin bersemangat dan tepat maka akan semakin cepat. Jika sudah cepat, maka dipastikan kita pun akan menjuari permianan tersebut.

Nah setelah kita memainkan permainan bakiak tersebut, ada beberapa hal tentang sikap yang bisa kita petik dari permainan bakiak tersebut.

1. Ketika memainkan permainan tersebut harus bisa dilakukan dengan penuh kerjasama. Kekompakan adalah kunci keberhasilan dari permainan bakiak tersebut.

2. Semakin kasar permukaan bakiak maka akan semakin lambat kita bergerak. Karena gaya gesek semakin besar.

3. Gerak bakiak akan semakin cepat apabila semua anggota kelompok bergerak dengan penuh semangat dan langkah yang bersamaan.

4. Jika salah seorang teman yang tidak ikut bergerak, maka bakiak akan sulit untuk berjalan dengan bakiak.

Nah, demikian ulasan singkat tentang bakiak. Pada intinya permainan ini melatih kerjasama dan kekompakan dalam tim. Semakin kompak dan bekerja sama dengan baik, maka akan sukses dalam memainkan bakiak.

selamat mencoba dan selamat bermain.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel