-->

Mencari Ide Pokok Teks Bacaan yang Berjudul Kejayaan Bahari Masa Lalu, Materi Tema 1 Kelas 5 SD

Pembelajaran tema 1 kelas 5 SD pada muatan Bahasa Indonesia lebih banyak difokuskan pada materi menentukan ide pokok paragraf. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai menentukan ide pokok paragraf pada teks bacaan yang berjudul Kejayaan Bahari Masa Lalu.

Teks bacaan ini terdiri dari 9 paragraf, berikut ini kita akan memulai membahas dari paragraf pertama sampai dengan paragraf akhir. Baik langsung saja dibaca dengan seksama agar anak-anak kelas 5 makin memahami bagaimana cara menentukan ide pokok pada tiap paragrafnya.

Paragraf 1
      Sejarah telah mencatat bahwa kejayaan bahari bangsa Indonesia sudah lahir sebelum kemerdekaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya temuan-temuan situs prasejarah maupun sejarah.
Pembahasan :
Paragraf pertama cukup pendek, hanya terdiri dari dua buah kalimat. Dan paling banyak dibahas tentang kajayaan bahari Indonesia. Jadi ide pokoknya adalah Kejayaan bahari bangsa Indonesia sudah lahir sebelum kemerdekaan.

Paragraf 2
Penemuan situs prasejarah di gua-gua Pulau Muna, Seram, dan Arguni yang dipenuhi oleh lukisan-lukisan perahu layar menggambarkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia merupakan bangsa pelaut. Selain itu, ditemukan kesamaan benda-benda sejarah suku Aborigin di Australia dengan benda-benda sejarah yang ditemukan di Pulau Jawa.  Penemuan ini menggambarkan bahwa nenek moyang bangsa kita telah melakukan hubungan dengan bangsa lain, yang tentunya menggunakan kapal-kapal layar.
Pembahasan :
 Pada paragraf 2 lebih banyak membahas tentang bukti bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah seorang pelaut. Banyak bukti prasejarah ditemukan di beberapa tempat di Indonesia. Jadi dapat disimpulkan ide pokok paragraf ke dua adalah Bukti Bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa pelaut.

Paragraf 3
Kerajaan Sriwijaya  bahkan memiliki armada laut yang besar dan kuat. Armada laut Sriwijaya mampu menguasai jaur perdagangan laut dan memungut cukai atas penggunaan laut. Pengaruh Sriwijaya meliputi Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan catatan sejarah bahwa terdapat hubungan erat  dengan Kerajaan Campa yang terletak di antara Kamboja dan Laos.
Pembahasan :
Pada paragraf 3 lebih banyak membahas tentang armada kerajaan Sriwijaya pada zaman dulu. Jadi dapat disimpulkan ide pokok paragraf 3 adalah Kerajaan Sriwijaya memiliki armada laut yang besar dan kuat.

Paragraf 4
Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah mampu membangun Candi Borobudur. Pada Candi tersebut terdapat relief berupa gambar perahu layar dengan tiang-tiang layar yang kukuh dan menggunakan layar segi empat yang lebar.

Pembahasan :
Pada paragraf  4 lebih banyak dibahas tentang Candi Borobudur dan pendirinya. Jadi dapat disimpulkan kalau ide pokok paragraf 4 adalah Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah mampu membangun Candi Borobudur.

Paragraf 5
Kerajaan Singosari di bawah kepemimpinan Raja Kertanegara pun juga memiliki armada kapal dagang yang mampu mengadakan hubungan-hubungan dagang lintas laut. Bahkan, perkembangan Kerajaan Singosari dianggap sebagai ancaman bagi Kerajaan Tiongkok dengan rajanya Khu Bilai Khan. Raja Khu Bilai Khan  mengirimkan armada perangnya dan mendarat di Pulau Jawa.
Pembahasan :
Ide pokok : Kerajaan Singosari di bawah kepemimpinan Raja Kertanegara pun juga memiliki armada kapal dagang yang mampu mengadakan hubungan-hubungan dagang lintas laut.

Paragraf 6
Pada masa  itulah, Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit kemudian berkembang menjadi kerajaan maritim yang besar. Kerajaan Majapahit memiliki pengaruh  dan kekuasaan yang luas meliputi wilayah Nusantara.  Dengan kekuatan armada lautnya dan didukung oleh kemampuan perang Patih Gajah Mada, wilayah Kerajaan Majapahit kian luas.
Pembahasan :
Ide pokok ; Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit.

Paragraf 7
Dengan bukti-bukti sejarah inilah tidak bisa dielakkan bahwa kejayaan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak zaman dahulu. Namun dalam perjalanannya, kejayaan bahari ini mulai mengalami keredupan seiring terjadinya penjajahan Belanda dengan praktik kebaharian kolonialnya.
Pembahasan :
Ide pokok paragraf 7 : Kejaayan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak zaman dahulu.

Paragraf 8
Pada masa kolonial Belanda, masyarakat Indonesia dibatasi berhubungan dengan laut, misalnya larangan berdagang selain dengan pihak Belanda, padahal sebelumnya telah muncul beberapa kerajaan bahari Nusantara. Hal ini mengakibatkan budaya bahari Indonesia memasuki masa suramnya.
Pembahasan :
Ide pokok paragraf 8 : , Masyarakat Indonesia dibatasi berhubungan dengan laut yang mengakibatkan suramnya budaya bahari Indonesia.

Paragraf 9
Pada masa kolonial Belanda juga terjadi pengikisan semangat bahari Bangsa Indonesia, dikarenakan pemerintahan kolonial lebih mementingkan bidang agraris untuk kepentingan mereka dibandingkan dengan bidang kemaritiman. Pemerintahan kolonial menggenjot bidang agraris dengan tujuan untuk memenuhi kepentingan dagang rempahrempah mereka dengan negara-negara di Eropa.
Pembahasan :
Ide pokok paragraf 9 ; Pemerintahan kolonial menggenjot bidang agraris daripada kemaritiman dengan tujuan untuk memenuhi kepentingan dagang rempahrempah mereka dengan negara-negara di Eropa.

Nah, demikian sahabat pembaca yang budiman tetang ide pokok pada teks bacaan  Kejayaan Bahari Masa Lalu pada buku siswa tema 1 kelas 5 sekolah dasar. Semoga informasi ini bisa membantu kesulitan pembaca dalam memahami ide pokok paragraf.

Jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya hanya di RIYANPEDIA.COM

WASALAM.

0 Response to "Mencari Ide Pokok Teks Bacaan yang Berjudul Kejayaan Bahari Masa Lalu, Materi Tema 1 Kelas 5 SD"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel