Menemukan Gagasan Pokok pada Cerita “Perbedaan Bukanlah Penghalang” Tema 1 Subtema 2 Kelas 4 SD

Pada subtema 2 pembelajaran di kelas 4 SD pada tema 1 berjudul Kebersamaan dalam Keberagaman, terdapat sebuah cerita yang berjudul Perbedaan Bukanlah Penghalang. Dalam cerita tersebut terbagi menjadi tiga buah paragraf.

Seperti kita ketahui bersama, paragraf dalam sebuah teks memiliki gagasan pokok. Gagasan pokok bisa terdapat pada awal paragraf, di tengah, maupun di akhir paragraf. Berikut ini kita akan coba bahas bersama, gagasan pokok pada cerita yang berjudul Perbedaan bukanlah Penghalang.

Paragraf 1
      Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama. 
Pembahasan :
Pada paragraf pertama dapat kita temukan ada 7 buah kalimat yang menyusun paragraf tersebut.  Untuk gagasan pokok dari paragraf tersebut adalah Menghias kelas untuk mengikuti lomba menyambut hari kemerdekaan dengan tanggung jawab.

Paragraf 2
Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.
Pembahasan :
Paragraf kedua memiliki gagasan pokok yaitu Udin dan teman-temannya saling memahami perbedaan yang ada diantara mereka dan tidak menjadikan perbedaan itu sebagai sebuah masalah.

Paragraf 3
 Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitupun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Pembahasan :
Gagasan pokok paragraf ketiga  terdapat pada kalimat terakhir. Mengapa?
Karena pada bagian inilah inti dari informasi yang disajikan pada paragraf ketiga. Yaitu : " Walaupun terdapat perbedaan diantara teman-teman edo, mereka   tidak menjadikan perbedaan sebagai penghalang untuk bekerja sama."

Demikian ulasan singkat tentang gagasan pokok pada cerita yang berjudul Perbedaan Bukanlah Penghalang.

0 Response to "Menemukan Gagasan Pokok pada Cerita “Perbedaan Bukanlah Penghalang” Tema 1 Subtema 2 Kelas 4 SD"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel