Sumber Daya Alam, Materi Kelas 4 Tema 2 Subtema 1

Indonesia merupakan negara yang sangat luas. Membentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan bentangan alam yang begitu luas, Indonesia juga menyimpan kekayaan alam yang sangat banyak. Kekayaan alam tersebut merupakan Sumber Daya Alam yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Namun, dalam menggunakannya tentu harus digunakan dengan bijak.

Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Laut Indonesia terkenal karena ikannya. Lahan yang subur menghasilkan padi, jagung serta tumbuhan lainnya yang sangat berguna bagi penduduk. Gas bumi, minyak serta logam banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

Jika dilihat dari kelangsungannya, Sumber Daya Alam tersebut bisa dibedakan mejadi dua.  Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sekali lagi kedua jenis sumber daya ini harus digunakan dengan sangat bijak. Jika digunakan secara sembarangan, maka akan menimbulkan dampak yang sangat buruk.

Sumber daya alam dapat diperbarahui adalah sumber daya alam yang dalam penggunaannya tidak akan habis dan masih dapat kembangkan atau diperbaharui lagi. Sedangkan sumber daya alam tidak dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang akan habis jika digunakan secara terus menerus.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena terus tersedia dan dapat kita kelola untuk kita perbanyak jumlahnya. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan bijak dan melestarikannya.

Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya. Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai tambang termasuk ke dalam kelompok sumber daya alam tidak dapat diperbaharui.   Karena jumlahnya sangat terbatas. Untuk menghasilkan minyak bumi diperlukan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, kita harus hemat menggunakan sumber daya alam ini.

Demikian ulasan singkat terkait dengan sumber daya alam, pada materi tema 2 kelas 4 SD. Berikutnya kita akan mencoba membahas latihan soal berikut dengan penyelesaiannya.

Setelah memahami sumber daya alam, jawablah pertanyaan berikut! 

1.  Berikanlah masing-masing 4 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.
Jawaban : Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin dan sumber air. Sedangkan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah minyak bumi, emas, besi, dan barang tambang lainnya.

2. Berilah 3 contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yang dapat dan tidak dapat diperbaharui.
Jawaban : tanah, air, dan udara.

3.  Berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam tersebut.
Jawaban : Pengerajin Patung dari Kayu. Memanfaatkan kayu sebagai bahan bakunya untuk diukir menjadi patung.

0 Response to "Sumber Daya Alam, Materi Kelas 4 Tema 2 Subtema 1"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel