Ayo Mencoba Pengaruh Energi Panas Terhadap Perubahan Benda – Materi Tema 2 Kelas 4 SD

Energi panas memang sangat dibutuhkan bagi kelangsungan makhluk hidup di muka bumi ini. Semua yang ada di bumi ini bisa melakukan aktivitasnya karena adanya energi panas.

Sumber energi panas yang utama dan terbesar adalah matahari. Manusia memanfaatkan energi panas matahari untuk berbagai macam aktivitas dalam kehidupan. Kekuatan panas matahari mampu mempercepat penguapan sebuah benda.

Berikut ini percobaan untuk mengamati perubahan benda yang dijemur pada tempat yang panas langsung dari sinar matahari dengan yang berada di tempat yang teduh.


Langkah-langkah melakukan percobaan adalah sebagai berikut :
1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas sedangkan sisanya letakkan di tempat teduh.
3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!

Tabel Pengamatan dan hasil :



Benda yang dijemur di bawah terik panas matahari akan kering dengan begitu cepat. Kertas tisu dan kertas biasa lebih cepat kering dari sapu tangan.

Ketika benda tersebut di jemur di tempat teduh. Proses benda tersebut mengering mengalami sedikit perubahan. Benda seperti kertas tisu lebih cepat kering daripada kertas biasa, dan kertas biasa lebih cepat daripada sapu tangan.

Kesimpulan :
1. Benda yang terkena panas langsung dari matahari akan cepat kering dari pada ditaruh pada tempat teduh.
2. Benda dari bahan kertas lebih cepat kering dari pada berbahan kain.
3. Kertas tisu memiliki permukaan yang tipis dari pada kertas biasa, sehingga lebih cepat kering.
4. Jika ingin benda berbahan kain lebih cepat kering, maka sebaiknya di jemur di tempat yang terkena panas langsung dari matahari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel