Jawaban Pertanyaan Teks Bacaan Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6 Kelas 4

Silahkan baca teks bacaan berikut :
Minyak bumi merupakan salah satu sumber energi. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Namun di sisi lain, kita juga mempunyai kewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi. Minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang lama, bisa mencapai jutaan tahun. Permintaan untuk minyak bumi dari tahun ke tahun terus bertambah. Sebaliknya, ketersediaan minyak bumi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Dengan semakin langkanya persediaan minyak bumi, pemerintah menghimbau setiap warga negara untuk menggunakan minyak bumi secara bijak .

Soal-soal dan jawaban dari teks bacaan tersebut :
1.  Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung kegiatan sehari-hari. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan beberapa contoh.
Jawaban :
Sebagai warga negara kita memiliki hak untuk menggunakan dan memperoleh minyak bumi sesuai dengan kebutuhan dan keperluan sehari-hari. Misalnya bahan bakar untuk kendaraan atau bahan bakar untuk keperluan memasak (LPG) Jadi kita memiliki hak untuk memperoleh sumber daya alam tersebut dengan mudah.

2. Apa yang terjadi jika warga negara tidak mendapatkan haknya?
Jawaban : tentu masyarakat akan menemui kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya yang membutuhkan bahan bakar. Jika ini terjadi maka ada beberapa aktitivtas yang tidaka akan lancar. Misalnya kegiatan transportasi, pabrik maupun kegiatan lainnya.

3. Kita sebagai warga negara berkewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan contohnya.
Jawaban :
Maksudnya adalah bahwa dalam kehidupan ini memang kita meliki hak untuk menggunakan minyak bumi, namun kita juga memiliki kewajiban untuk senantiasa menghemat penggunaan energi. Seperti yang kita ketahui minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Jadi untuk memperolehnya kembali akan sangat membutuhkan waktu yang sangat lama.

4.  Apa yang terjadi jika kita tidak menjalankan kewajiban kita dengan baik? Jelaskan.
Jawaban :
Bila kita menjalankan kewajiban kita dengan baik maka tugas kita akan selesai tepat waktu. Menjalankan kewajiban dengan baik menunjukkan kalau kita adalah seseorang yang sudah bertanggung jawab.

5. Berikan saranmu cara memanfaatkan minyak bumi secara bijak!
Jawaban :
Saran saya sebaiknya minyak bumi digunakan dengan bijak. Misalnya tidak menggunakan kendaraan bermotor untuk berpergian yang tidak terlalu jauh, tetapi memilih jalan kaki atau menggunakan sepeda.

Demikian alternatif jawaban pada tugas menjawab teks bacaan pada buku siswa kelas 4 tema 2 subtema 1 pembelajaran 6. Semoga informasi yang admin sajikan disini bisa membantu para pembaca ketika mempelajari pembelajaran tematik di kelas 4.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel