-->

Cara Membuat Larutan Oralit Untuk Penanggulangan Diare- Materi Tema 6 Subtema 1 Kelas 6 Beserta Pembahasannya

Penyakit diare merupakan gangguan pencernaan yang bisa menyerang siapa saja. Tidak terkecuali anak-anak. Apalagi ketika kebersihan diri kurang diperhatikan. Penyakit diare mudah sekali akan dialami.

Penyakit diare lebih cepat dialami ketika kita tidak menjaga kebersihan diri dan makanan yang akan dikonsumsi. Untuk itu sangat diharapkan kita menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah makan.

Namun jika penyakit diare sudah dialami, maka sebaiknya kita langsung saja membawa ke dokter agar tidak terlambat. Kita juga bisa memberikan penanganan pertama dengan memberikan larutan oralit.

Bagaimana cara menjaga membuat larutan oralit? Berikut ini langkah-langkah dalam membuat larutan oralit adalah sebagai berikut :

Langkah pertama
Cuci tangan dengan bersih menggunakan sabun

Langkah kedua
Masukkan 200 ml air hangat ke dalam gelas

Langkah ketiga
Tambahkan 1 sendok teh gula dan 1/4 sendok teh garam

Langkah keempat
Aduk hingga larut dan siap untuk diminum



Sekarang saatnya kamu mempraktikkan cara membuat larutan untuk penyakit diare dengan mengikuti langkah-langkah tersebut.

Amati larutan yang sudah kamu buat dan jawab pertanyaan berikut! Apakah kamu masih melihat wujud gula? Apa yang terjadi dengan gula? Jelaskan.
jawaban : Kita tidak bisa melihat wujud gula dalam air. Gula sudah larut dalam air.

Apakah kamu masih melihat wujud garam? Apa yang terjadi dengan garam? Jelaskan.
Jawaban :Garam juga tidak terlihat dalam air, karena garam sudah larut dalam air.

Apa kesimpulanmu dari dua pertanyaan hasil percobaan tersebut?
Jawaban : Kesimpulan dalam kegiatan di atas adalah air dan garam yang sudah dimasukkan dalam air akan menjadi sebuah larutan yang sulit kita bedakan antara zat yang larut di dalamnya dengan zat pelarutnya.

Demikian ulasan terkait dengan subtema 1 tema 6 kelas 6 yang dapat kami bagikan pada ulasan artikel kali ini, semoga bermanfaat. Wasalam

0 Response to "Cara Membuat Larutan Oralit Untuk Penanggulangan Diare- Materi Tema 6 Subtema 1 Kelas 6 Beserta Pembahasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel