Jawaban Buku Siswa Tema 6 Subtema 1 Kelas 6 “Kegiatan yang Dilakukan Masyarskat Kampung Sehat Melati”

Memasuki tema 6 subtema 1 di kelas 5 itu berarti pembelajaran sudah memasuki pembelajaran semester 2. Nah pada tema 6 dengan judul Menuju Masyarakat Sehat, pada pembelajaran 1 Subtema 1 siswa disuguhkan sebuah teks bacaan dengan judul Kampung Sehat Melati.

Berikut ini teks bacaan Kampung Sehat Melati yang dikutip dari Buku Siswa Kelas 6 Tema 6.
Kampung Sehat Melati
Siti telah beberapa kali berkunjung ke rumah Tia, sahabatnya yang tinggal di sebuah pemukiman bernama Kampung Sehat Melati yang terletak di jalan Melati.

Setiap pekarangan rumah di Kampung Sehat Melati asri ditanami warga dengan aneka pohon dan bunga. Beberapa warga menanam pohon buah seperti mangga, rambutan, jambu, dan belimbing. Saat berbuah, mereka berbagi dengan tetangga. Ada pula warga yang menanam aneka tanaman untuk bumbu dapur dan tanaman obat, seperti jahe, sereh, kumis kucing, pare, dan berbagai tanaman lainnya.

Setiap kali menginap di rumah Tia, Siti senang mengamati berbagai kegiatan warga Kampung Sehat Melati. Sebulan sekali, warga bekerja bakti untuk membersihkan sampah di selokan, balai warga, bak sampah umum, serta merapikan pepohonan di tempat umum.

Setiap hari Minggu pagi diadakan senam sehat bersama. Seluruh anggota keluarga mengikuti kegiatan dengan penuh semangat. Beberapa kali diadakan pula senam yang diikuti oleh warga usia lanjut, seperti senam jantung sehat.

Warga yang memiliki bayi dan balita secara rutin datang ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk mendapatkan penyuluhan mengenai makanan dan minuman sehat serta imunisasi gratis. Warga yang berprofesi sebagai dokter bergiliran memberikan pelayanan kesehatan secara sukarela bagi warga di pos ini.

Kesehatan warga tentu tidak terlepas dari kondisi lingkungan yang bersih. Di Kampung Sehat Melati tidak terlihat tumpukan sampah, sehingga tidak tercium bau tak sedap dan tidak terlihat kerumunan lalat. Warga aktif mengolah sampah dapur dan daun kering menjadi kompos, untuk dipakai memelihara tanaman. Sisa-sisa makanan pun tidak ditumpuk di tempat sampah, melainkan dimasukkan ke dalam lubang-lubang biopori yang ada di sekitar pemukiman. Selain terhindar dari bau busuk sampah, tanah pun menjadi subur akibat pembusukan alami yang terjadi di lubang biopori.
Siti selalu senang berkunjung ke rumah Tia. Kampung Sehat Melati menjadi inspirasi bagi Siti untuk mencontoh kepedulian terhadap lingkungan serta hidup bersih dan sehat di pemukimannya sendiri.

Nah, setelah membaca teks bacaan tersebut, selanjutnya marilah kita merumuskan kegiatan yang dilakukan olah masyarakat yang diceritakan pada teks bacaan yang berjudul Kampung Sehat Melati, sekaligus memberikan pendapat terkait dengan kegiatan tersebut.


1. warga menanam buah dan bumbu dapur di setiap pekarangan rumah.
pedapat saya : hal ini sangat baik, karena masyarakat dapat dengan mudah memperoleh buah dan juga bumbu dapur.

2. warga sebulan sekali melakukan kerja bakti.
pendapat saya : kegiatan ini sangat baik untuk dilakukan. Dengan malakukan kegiatan kerja bakti secara rutin, maka lingkungan akan senantiasa terjaga kebersihannya.

3. Setiap hari minggu warga melakukan senam sehat.
Pendapat saya : Senam sangat baik dilakukan oleh setiap warga untuk menjaga kesehatannya. Selain menyehatkan, senam juga sangat mudah dan murah untuk dilakukan.

4. Warga yang memiliki bayi rutin datang ke Posyandu
Pendapat saya : Tumbuh kembang bayi menjadi semakin baik dan terhindar dari penyakit yang berbahaya.

5. Lingkungan desa sangat bersih karena warga aktif dalam menjaga kebersihannya.
Pendapat saya : Tanggung jawab kebersihan harusnya diperhatikan oleh semua warga. Dengan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar maka akan menciptakan lingkungan desa yang bersih secara keseluruhan.

Demikianlah jawaban atas teks bacaan pada pembelajaran 1 subtema 1 Tema 6 kelas 6 dengan cerita yang berjudul kampung sehat melati.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel