-->

Jawaban Buku siswa Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 77 – 83

Memasuki semester 2 di kelas 5, maka pembelajaran tematik dimulai pada tema 6. Nah, pada bulan Februari sudah harus memasuki pembelajaran pada tema 7. Apakah ada sahabat pembaca yang pembelajarannya masih belum mulai pada tema 7? Kalau belum, berarti sobat ketinggalan dong!

Tenang saja, kali ini kita akan membahas pembelajaran tema 7 kelas 5 pada subtema 2. Jika sobat memiliki buku siswa elektroniknya, maka bisa sobat temukan pada buku siswa halaman 77. Oke langsung saja kita akan bahas pembelajaran 1.

Pada pembelajaran subtema 2 ini berjudul Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan. Baik selengkapnya mari kita baca informasi berikut ini !

Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama. Selama penjajahan, bangsa Indonesia mengalami penderitaan. Oleh karena itu, bangsa Indonesia semangat untuk melepaskan diri dari penjajah. Namun, usaha untuk memperoleh kemerdekaan ternyata tidak mudah. Indonesia harus melalui berbagai rintangan dan peristiwa sejarah yang perlu dicatat dan menjadi pelajaran bagi kehidupan bangsa.

Amatilah gambar di atas? Apa yang kalian lihat? Tahukan peristiwa apa yang nampak pada gambar tersebut? Baiklah sekarang coba jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Peristiwa apakah yang tampak pada gambar di atas?
Jawaban : Peristiwa Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh Ir.Soekarno

2. Adakah hubungan peristiwa pada gambar dan kemerdekaan bangsa
Indonesia?
Jawaban : Ada, peristiwa tersebut menjadi awal kemerdekaan bangsa Indonesia.

3. Apakah dengan adanya peristiwa pada gambar, Negara Kesatuan Republik
Indonesia terbentuk?
Jawaban : Ya, dengan peristiwa tersebut kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk menjadi satu kesatuan. Bahkan kesadaran untuk bersatu sudah terbentuk sejak lama.

4. Apakah dengan adanya di peristiwa pada gambar, bangsa dan negara
Indonesia terbebas dari penjajahan?
Jawaban : Belum, karena masih ada perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan yaitu peristiwa pertempuran setelah proklamasi kemerdekaan.

Ayo Membaca :

Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945. Sejak pagi, telah dilakukan persiapan di rumah Ir. Soekarno, untuk menyambut Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Banyak tokoh pergerakan nasional beserta rakyat berkumpul di tempat itu. Mereka ingin menyaksikan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Sesuai kesepakatan yang diambil di rumah Laksamana Maeda, para tokoh Indonesia menjelang pukul 10.30 waktu Jawa zaman Jepang atau pukul 10.00 WIB telah berdatangan ke rumah Ir. Soekarno. Mereka hadir untuk menjadi saksi pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Acara yang disusun dalam upacara di kediaman Ir. Soekarno itu, antara lain sebagai berikut.
a. Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
b. Pengibaran bendera Merah Putih.
c. Sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.

Upacara Proklamasi Kemerdekaan berlangsung tanpa protokol. Latief Hendraningrat memberi aba-aba siap kepada semua barisan pemuda. Semua yang hadir berdiri tegak dengan sikap sempurna. Suasana menjadi sangat hening. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dipersilakan maju beberapa langkah dari tempatnya semula. Ir. Soekarno mendekati mikrofon. Dengan suaranya yang mantap, Ir. Soekarno didampingi Drs. Moh. Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang telah diketik oleh Sayuti Melik. Berikut teks Proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik.

Sesaat setelah pembacaan Proklamasi Kemerdekaan, dilanjutkan upacara pengibaran bendera Merah Putih. Bendera Sang Saka Merah Putih dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno. Suhud mengambil bendera dari atas baki (nampan) yang telah disediakan dan mengibarkannya dengan bantuan Shodanco Latief Hendraningrat. Kemudian, Sang Merah Putih mulai dinaikkan dan hadirin yang datang bersama-sama menyanyikan lagu
Indonesia Raya. Bendera dinaikkan perlahan-lahan menyesuaikan syair lagu Indonesia Raya. Seusai pengibaran bendera Merah Putih, acara dilanjutkan sambutan dari Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.

Berdiskusilah dengan teman sebangkumu mengenai bacaan di atas. Buatlah
ulasan mengenai isi bacaan. Tuliskan pada kolom berikut.

1. Judul bacaan
     Jawaban : Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

2. Isi bacaan yang paling menarik
 Jawaban : Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dilaksanakan di rumah kediaman Ir.Soekarno di Jl.Pegangsaan Timur No.56 Jakarta. Teks Proklamasi dibacakan pada pukul 10.00 WIB.  Upacara berlangsung tanpa protokol. Pengibar bendera pada waktu itu adalah Suhud dan Latief Hendraningrat. Bendera merah putih yang dikibarkan pada waktu itu, di jahit oleh Ibu Fatmawati.


Bacalah kembali bacaan Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi. Kemudian,
tuliskan kembali peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
melalui kegiatan berikut.

1. Kapan teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan?
Jawaban: Pada hari Jumat, tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB.

2. Di mana teks Proklamasi dibacakan?
Jawaban: Di rumah Ir.Soekarno yang beralamat di Jl.Pegangsaan Timur no.56 Jakarta.

3. Siapakah yang membuat dan membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan?
Jawaban: yang merumuskan naskah Proklamasi Kemerdekaan adalah Ir.Soekarno, Moh.Hatta dan Ahmad Soebarjo. Sedangkan yang membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan adalah Ir.Soekarno.

4. Siapa sajakah tokoh yang hadir pada acara pembacaan teks Proklamasi?
Jawaban: Ir.Soekarno, Moh.Hatta, Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi, Suhud, Latif Hendradiningrat, Fatmawati.

5. Apa saja susunan acara yang dilakukan pada pembacaan teks Proklamasi?
Jawaban: Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan, Pengibaran bendera Merah Putih, dan sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.


0 Response to "Jawaban Buku siswa Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 77 – 83"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel