-->

Pembahasan Buku Siswa Tematik Kelas 5 Pembelajaran 2 Subtema 3 Tema 8


Selamat berjumpa kembali sobat pembaca. Nah kali ini kita akan membahas kembali pembejaran tematik. Pembelajaran kali ini kita akan fokuskan pada pembelajaran 2 subtema 3 tema 8 di kelas5. Bagi sahabat pembeca di kelas 5, mari baca ulasan berikut dengan teliti.

Pada buku siswa dipembelajaran 2 kita akan berjumpa dengan beberapa pertanyaan yang harus didiskusikan. Nah, sekarang mari kita akan diskusikan bersama jawaban atas pertanyaan tersebut.

1. Apa yang terjadi jika kita mencuci baju menggunakan air yang tercampur minyak?
Jawaban :
Tentunya kalian punya pengalaman dalam mencuci pakaian. Kalau mencuci pakaian tentu kita mengunakan  peralatan seperti deterjen dan air. Jika air yang digunakan untuk mencuci pakaian tercampur dengan minyak, tentu hal ini tidaklah baik bagi proses mencuci. Pakaian akan menjadi berminyak dan cairan deterjen pun tidak bisa membilas dengan sempurna cucian tersebut.

2. Apa yang terjadi jika kita minum air yang tercemar kuman penyebab penyakit?
Jawaban :
Wah-wah…. Jangan sampai deh hal ini terjadi pada diri kita. Air yang kita minum haruslah bersih tentunya. Seperti yang sudah disampaikan pada pembelajaran 1, syarat air bersih harus memenuhi syarat fisik, syarat kimiawi dan mikroorganisme.

Air yang kita minum haruslah bersih dan sehat. Tidak berwarna dan tidak berbau. Air layak minum harus bebas dari kuman atau mikroorganisme. 

Jadi jika kita meminum air dengan kondisi penuh dengan kuman, maka akan sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh kita.

3. Apa yang terjadi pada ikan-ikan di sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah cair dari industri?
Jawaban :
Air sungai yang tercampur dengan limbah cairan dari pabrik akan menyebabkan air sungai tersebut tercemar. Kondisi tersebut akan sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup makhluk hidup diseputar sungai. 

Mulai dari ikan dan hewan-hewan lainnya yang dekat dengan sungai akan mengalami gangguan di dalam siklus hidup mereka.

4. Apa yang dapat kalian simpulkan dari jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas?
Jawaban :
Yang dapat disimpulkan dari beberapa pertanyaan tersebut adalah air sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Mulai dari hewan kecil, tumbuhan dan manusia. Air yang dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya haruslah air yang tidak tercemar, demikian pula dengan makhluk hidup lainnya.

Pencemaran sangat membahayakan sekali bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup lainnya.

Selanjutnya kita akan membaca sebuah teks bacaan yang berjudul “Hari Air Sedunia”  Nah pada artikel ini admin akan rangkumkan isi dari teks bacaan tersebut.

Hari air sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya hari Air Sedunia ini kita diingatkan akan pentingnya melestarikan air tersebut.

Sekarang ini beberapa masyarakat sudah mengalami kesulitan dalam memperoleh air bersih. Kita tahu bersama, air bersih bersumber dari air tanah.

Sementara air tidak ada yang masuk ke dalam tanah. Sebagian besar air mengalir ke sungai dan bermuara ke laut.

Tidak masukkan air ke dalam tanah sebagian disebabkan karena kurangnya akar-akar pohon yang mampu menyerap dan menahan air hujan.

Ketika ini tidak terjadi maka air tanah akan semakin berkurang. Nah, sekarang peran kita dalam menjaga keberlangsungan air tanah dengan beberapa cara seperti :
1. Menghemat penggunaan air.
2. Membuat lubang resapan, karena lubang resapan tersebut akan berfungsi dalam menyerap air.
3. Menanam banyak pepohonan, karena akar tumbuhan mampu menyerap dan menahan air dalam tanah.

Selanjutnya kita akan diskusikan beberapa pertanyaan yang ada pada buku siswa terkait dengan teks bacaan Hari Air Sedunia.

1. Pada setiap tanggal berapakah diperingati hari air sedunia?
Jawaban :
Tanggal 22 Maret

2. Faktor-faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang?
Jawaban :
Kurangnya air tanah, banyaknya penebangan pohon, lahan hijau berubah menjadi perumahan, kawasan industri dan perkantoran.

3. Apa akibat kekurangan air bersih?
Jawaban :
Makhluk hidup dan manusia akan sulit dalam memenuhidu kebutuhan hidupnya.

4. Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih?
Jawaban :
Menghemat air, membuat lubang resapan, dan melakukan reboisasi.

Demikian pembahasan singkat dalam pembelajaran 2 subtema 3 tema 8 kelas 5 sekolah dasar. Semoga sajian kalu ini bermanfaat bagi para pembaca dan orang tua siswa yang sedangg mendampingi putra-putrinya belajar di rumah.


0 Response to "Pembahasan Buku Siswa Tematik Kelas 5 Pembelajaran 2 Subtema 3 Tema 8"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel