-->

Masa Pengenalam Lingkungan Sekolah (MPLS) Ditengah Pandemi Covid-19

Hari Senin, 13 Juli 2020 dimulainya tahun pelajaran baru 2020/2021. Sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar siswa, terlebih dahulu dilakukan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di semua jenjang pendidikan.  Namun, di tahun ini ada hal yang sedikit berbeda. Menginggat di awal tahun pelajaran ini di beberapa daerah masih belum bisa dibukanya sekolah dan melakukan kegiatan tatap muka secara langsung yang diakibatkan oleh pandemi covid-19, maka kegiatan MPLS pun akan dilakukan secara daring atau online.

Dengan dilakukannya MPLS secara daring, merupakan sebuah tantangan bagi sekolah khususnya untuk sekolah dasar untuk tetap memberikan layanan yang maksimal kepada siswa barunya. 
Jika kita asumsikan sebagian besar orang tua siswa baru memiliki gadget maka kegiatan MPLS tidak akan mengalami kendala yang berarti. Tinggal bagaimana sekolah mengemas kegiatan tersebut menjadi lebih menarik dan menyenangkan yang tidak kalah dengan kegiatan MPLS yang dilakukan secara tatap muka ketika masa normal dahulu. 

Ada kreatifitas yang bisa dilakukan untuk mengemas MPLS secara daring melalui pesan online WhatsAPP. Mengapa WhatsApp? Karena sebagian besar masyarakat menggunakan layanan aplikasi pesan online ini. Selain itu sangat mudah untuk dilakukan. Nah tinggal bagaimana kita memaksimalkan layanan tersebut untuk menunjang kegiatan MPLS yang biasanya berlangsung selama 1 minggu. 



Di awal MPLS, bagi guru kelas 1 bisa melakukan perkenalan melalui video yang dibuat terlebih dahulu secara offline. Video tersebut berupa perkenalan guru kelas. Mengenai durasi, anda bisa sesuaikan dengan pesan yang ingin anda sampaikan. 

Setelah itu video tersebut diteruskan ke gurp WA orang tua siswa yang sudah anda bentuk sebelumnya. Kemudian selanjutnya dengan bekerjasama dengan orang tua, siswa baru pun mengirimkan video perkenalannya kepada guru kelas dan teman-teman di dalam grup tersebut. Sehingga siswa dan siswa bisa saling mengenal, demikian pula siswa dengan guru.

Jika hari pertama sudah berjalan dengan baik. Maka di hari selanjutnya  anda bisa membuat video tentang lingkungan sekolah. Mulai ruang kelas, ruang guru, halaman, kamar kecil, dan juga menunjukkan bagaimana mematuhi protokol kesehatan di sekolah ketika nanti sekolah kembali normal. 

Dengan menyimak video kondisi sekolah yang dikirimkan melalui WA, maka siswa baru pun memiliki gambaran bagaimana kondisi sekolah mereka. Dan tempat-tempat apa saja yang ada di sekolah. Melalui cara ini meskipun siswa berada di rumah, mereka akan tahu kondisi tempat mereka bersekolah.

Anda juga bisa mengirimkan video pesan singkat dari guru-guru yang lain. Agar mereka tahu siapa saja warga sekolah yang lainnya. Meskipun dengan layanan daring yang sederhana apabila kita bisa memanfaatkan secara maksimal, maka hal tersebut akan sangat membantu.

Selamat mencoba dan semoga sukses. 

0 Response to "Masa Pengenalam Lingkungan Sekolah (MPLS) Ditengah Pandemi Covid-19"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel