-->

Rangkuman dan Pembahasan Tema 1 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 (Organ Gerak Hewan)

Hai selamat berjumpa kembali teman-teman belajar. Kali ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran secara daring. Nah untuk itu jangan, lupa untuk selalu mengakses blog riyanpedia.com untuk memperoleh rangkuman materi pembelajaran di sekolah dasar, khususnya pembelajaran kelas 5.

Pada artikel ini, akan dibahas tentang materi pembalajaran di kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 1. Jadi semua serba satu, harapannya semoga sahabat pembelajar menjadi yang pertama, meskipun dalam situasi belajar jarak jauh secara mandiri dari rumah.
 
Pada tema 1 dengan judul Organ Gerak Hewan dan Manusia. Pembelajaran akan dilaksanakan dengan tiga buah subtema. Dan pada subtema 1 berjudul Organ Gerak Hewan. Subtema 1 ini akan dibahas dalam enam kali pembelajaran. Nah, pada artikel ini kita akan bahas pada  pembelajaran 1.
Adapun tujuan pembelajaran pada pembelajaran 1 adalah sebagai berikut :
1. Mampu menjelaskan tentang organ gerak aktif.
2. Mampu menjelaskan tentang organ gerak pasif.
3. Menentukan ide pokok dan kalimat pengembang

Nah, setelah kita mengetahui apa yang menjadi tujuan pembelajaran kita kali ini. Sekarang silahkan fokuskan diri untuk membaca informasi yang ada pada rangkuman artikel berikut ini.

Ciri Makhluk Hidup.

Sebelum lanjut, apakah kalian masih ingat apa sajakah contoh makhluk hidup? 

Ya benar sekali ! contoh makhluk hidup adalah manusia, hewan dan tumbuhan. Tentu kalian masih ingat salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Pernahkah kalian melihat ikan berenang di dalam akuarium? Sungguh indah bukan bersih-bersih ikan tersebut. Meliuk-liuk dan  sangat cepat sekali berkembangnya.

Pernahkah kalian melihat kucing  yang lari mengejar  tikus? Sangat kencang bukan larinya. Bahkan kucing pun memiliki kemampuan memanjat yang sangat hebat. 

Pernahkah kalian melihat kelinci melompat-lompat ketika dikejar?  Bagaimana bisakah kalian mengejarnya?   Tentu akan sulit jika kucing tersebut memiliki kemampuan berlari yang sangat baik. 

Nah, bagaimana kucing tersebut bisa berlari begitu cepatnya atau bagaimana  kelinci bisa melompat.


Organ Gerak Hewan dan Manusia 

Bergerak adalah salah satu ciri dari makhluk hidup. Bergerak merupakan berpindah tempat dari satu posisi ke posisi lainnya. Makhluk hidup bisa bergerak apabila memperoleh  rangsangan sebagian atau keseluruhan yang mengenal tubuhnya. 

Gerak pada manusia dan hewan tersusun ke dalam sistem organ gerak. Dengan sistem organ  gerak tersebut, membuat manusia dan hewan mampu berjalan, berlari, melompat,  memanjat, berenang dan lain sebagainya. 

Organ gerak antara  manusia dan hewan memiliki kesamaan.  Alat gerak pada manusia dan hewan terdiri atas alat gerak aktif dan alat gerak pasif. Alat gerak aktif  berupa otot dan alat gerak pasif berupa tulang. Kedua alat gerak itu saling bekerja sama sehingga membentuk sistem yang disebut sistem gerak. 

Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya bantuan dari alat gerak aktif, tulang manusia dan hewan akan diam saja. Meskipun tulang adalah alat gerak pasif, namun memiliki peran penting dalam sistem gerak manusia dan hewan. 

Otot disebut sebagai alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang mampu membuatnya untuk bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, maka otot tersebut akan membuat tulang tersebut bergerak. 

Dari teks bacaan tersebut dapat kita simpulkan sebagai berikut:
  1. Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. 
  2. Gerak manusia dan hewan tersusun atas sistem gerak. 
  3. Organ Gerak manusia dan hewan memiliki kesamaan. 
  4. Tulang adalah alat gerak pasif dan otot adalah alat gerak aktif. 
  5. Tulang alat gerak pasif karena tidak mampu melakukan gerakan sendiri. 
  6. Gerak tulang dibantu oleh otot, sehingga otot disebut alat gerak aktif karena mampu bergerak sendiri. 
  7. Otot mampu bergerak sendiri karena memilih senyawa kimia. 

Setelah membaca informasi pada teks bacaan diatas yang berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan, terdapat lima buah paragraf pada bacaan tersebut. 

Masing masing paragraf memiliki ide pokok dan kalimat pengembang. Lalu apa itu ide pokok? Dan apa itu kalimat pengembang? 

Ide pokok merupakan  sebuah ide mendasar  menjadi pengembang suatu paragraf. Ide pokok bisa berupa kalimat utama, yang berada di awal paragraf, di tengah paragraf maupun di akhir paragraf. 

Mari kita coba pahami ide pokok paragraf dan kalimat pengembang melalui contoh paragraf pada teks bacaan di atas. 

Mari kita coba ambil paragraf kedua. Mari kita baca dengan teliti. 

Gerak pada manusia dan hewan tersusun ke dalam sistem organ gerak. Dengan sistem organ  gerak tersebut, membuat manusia dan hewan mampu berjalan, berlari, melompat,  memanjat, berenang dan lain sebagainya. 


Pada paragraf kedua tersebut terdiri atas beberapa kalimat. 

Kalimat pertama
 Gerak pada manusia dan hewan tersusun ke dalam sistem organ gerak. 

Kalimat kedua 
Dengan sistem organ  gerak tersebut, membuat manusia dan hewan mampu berjalan, berlari, melompat,  memanjat, berenang dan lain sebagainya. 

Dari paragraf tersebut terdapat sebuah ide pokok atau gagasan utama. Yang menjadi gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada paragraf pertama. 

Karena pada paragraf kedua itu merupakan penjelasan dari paragraf pertama. Paragraf kedua berusaha menjelaskan tentang sistem organ gerak yang disampaikan pada paragraf pertama. 

Bagaimana mudah bukan?

Nah dengan cara yang sama coba ditentukan ide pokok paragraf selanjutnya. 

Selamat belajar.  





0 Response to "Rangkuman dan Pembahasan Tema 1 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 (Organ Gerak Hewan)"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel