-->

Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Kurikulum 2013

Pembelajaran secara daring yang dilaksanakan ditengah pandemi covid 19 sekarang ini, memang membutuhkan media teknologi telekomunikasi yang memadai untuk menunjang  pembelajaran dan tentunya kemauan keras oleh peserta didik untuk belajar secara mandiri.  

Nah untuk membantu peserta didik memahami  kegiayan pembelajaran khususnya di sekolah dasar kelas 5, yang pembelajarannya dilaksanakan melalui pendekatan tematik, dengan memadukan beberapa muatan pembelajaran.  Dibutuhkan pendampingan dan pengawasan dari orang tua. Berikut ini merupakan rangkuman materi pembelajaran 2 Subtema 1 tema 1 kelas 5.

Baik langsung saja, silahkan dibaca informasinya berikut ini. 

Pada pembelajaran 2, subtema 1 disajikan beberapa muatan materi pembelajaran, yaitu :
Bahasa Indonesia
SBdP
Dan IPA. 

Pada muatan bahasa Indonesia , peserta didik akan dbelajarkan untuk mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf dan merangkainya untuk menjadi sebuah sebuah cerita yang padu. 

Pada buku siswa tema 1 ada pada halaman 12. Berikut ini contoh cerita dari gambar yang disediakan pada buku tersebut. 

Gambar 1
Kelinci Pak Edo kini telah beranak tiga ekor. Anak-anknua sangat lucu dan menggemaskan. Ada yang berwarna hitam putih, putih kecoklatan dan ada yang berwarna abu-abu. Ketiga anak kelinci sedang asik meminum susu dari induknya. 

Gambar 2
Setelah beberapa bulan, anak kelinci tersebut sudah bertambah besar. Anak kelimci kini sudah mulai memakan wortel dan sayuran sejenisnya. Kelinci tersebut begitu lahap memakan makanannya. Pak Edo sangat senang akan hal itu. 

Gambar 3
Kemampuan berlari dan melompat anak kelinci sangat baik. Kelinci mampu berlari dengan keempat kalinya. Kaki kelinci mempunya tungkai yang sangat kuat. Hal itu membuatnya mampu berlari dan melompat. 


Selanjutnya rangkuman materi muatan IPA pembelajaran 2 Subtema 1  tema 1 kelas 5.

Pada muatan IPA kita masih membahas tentang organ gerak hewan dan fungsinya. Pada buku siswa terdapat pada halaman 13 dan 14. 

Selanjutnya berkut ini pembahasan tugas pada halaman 14 tema 1 kelas 5.


1. Hewan Ikan
Nama anggota gerak : Ekor dan sirip
Fungsinya: alat gerak pada ikan, yaitu ekor dan siripnya. Sirip dan ekor pada ikan akan membantunya pada waktu berenang. Ikan akan meliak liuk menggunakan kemampuannya tersebut di dalam air. Sehingga ikan bisa berenang denhan cepat. 


2. Hewan katak
Nama organ gerak : tungkai kaki.
Fungsinya :
Katak memiliki kaki belakang yang lebih besar daripada kaki di depannya. Hal tersebut membuat katak memiliki kemampuan untuk melompat. 

Dengan tungkai kaki yang muat itu, lompatan katak sangat luar biasa. Selain digunakan untuk melompat, kaki pada katak juga digunakan untuk berenang. Dengan kakinya yang bersepatu, membuat katak mampu berenang dengan sangat baik. 

3. Hewan Burung
Nama organnya : sayap dan ekor
Fungsinya; membuat burung mampu terbang di udara.


4. Hewan ular
Nama organ ; rangka tubuh
Fungsinya :  ular merupakan reptil yang memiliki keunikan tersendiri. Dilihat dari alat geraknya, hewan ini tidak memiliki kaki. Sehingga 

5. Hewan kadal
Nama organ gerak ; kaki
Fungsinya : untuk berjalan dan berlari. Beberapa jenis reptil memiliki bulu halus yang mampu merekatkan kakinya di dinding. Sehingga hewan tersebut bisa berjalan di dinding, hewan jenis tersebut adalah cecak dan tokek. 

6. Hewan kambing
Nama organ gerak : kaki
Fungsinya ; kaki kambing berfungsi untuk berjalan dan berlari. Kaki kambing dan sejenisnya hewan berbicara memiliki kuku kaki yang sangat kuat. Sehingga mampu melukai musuhnya ketika hewan tersebut menendang. 

Nah demikian rangkuman singkat pelajaran 2 subtema 1 tema 1 kelas 5.

Semoga rangkuman singkat ini bermanfaat bagi adik-adik yang sedang belajar daring dari rumah. 

Selamat belajar. 




0 Response to "Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Kurikulum 2013"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel