-->

Rangkuman Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 SD

Selamat berjumpa kembali sahabat belajar. Kali ini kita kembali berjumpa pada pembelajaran 1 di subtema 2 tema 1 kelas 5 SD. 

Adapun muatan pembelajaran yang dipadukan dalam pembelajaran 1 subtema 2 tema 1 kelas 5 ini adalah muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan muatan IPA. Berikut ini rangkuman materi pelajaran yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran di rumah.

Rangkuman muatan Bahasa Indonesia :
Pada pembelajaran 1 subtema 2 ini peserta didik kembali diajak untuk mempelajari tentang ide pokok. Ide pokok adalah gagasan utama atau pikiran utama yang menjadi dasar dari sebuah penulisan. Ide pokok bisa berupa kalimat utama.

Berdasarkan letak ide pokoknya paragraf bisa dibedakan menjadi ; 
1. Paragraf deduktif adalah paragraf yang ide pokoknya berada di awal.
2. Paragraf induktif adalah pararaf yang iide pokoknya berada di akhir.
3. Pargraf campuran adalah paragraf yang ide pokoknya berada di awal dan di akhir paragraf.

Selanjutnya mari kita tentukan ide pokok paragraf pada buku siswa tema 1 halaman 58 - 59. Berikut paragraf lengkap dengan ide pokoknya :


Paragraf 1
       Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Sepeda bisa dikatakan sebagai alat transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah dikendarai. Banyak orang memanfaatkan sepeda untuk pergi ke kantor, sekolah, pasar, dan lain-lain. Sepeda juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak sehingga tidak menimbulkan polusi. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Ide pokoknya adalah :  Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. 


Paragraf 2
      Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh. Bersepeda tidak hanya melibatkan bagian kaki saja. Bahkan, banyak orang yang menganggap bersepeda hanya dapat mengencangkan otot-otot bagian betis dan paha saja. Namun sebenarnya, bersepeda merupakan latihan fisik yang hampir melibatkan setiap bagian tubuh. Selain memperkuat otot-otot bagian kaki dan paha, bersepeda secara rutin juga akan mengencangkan otot-otot bagian belakang, pinggul, dan lengan.
Ide pokok paragrafnya adalah : Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.


Paragraf 3
        Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga. Selama bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Efek positif terhadap jantung ini tentunya juga akan membawa efek-efek positif lainnya seperti melancarkan peredaran darah dan oksigen. Dengan demikian kita bisa terhindar dari munculnya gangguan-gangguan yang berkaitan dengan jantung dan peredaran darah dalam tubuh. 
Ide pokok paragraf adalah : Bersepeda secara rutin mampu menjaha kesehatan jantung.

Paragraf 4
       Salah satu pilihan yang bijak untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh adalah dengan bersepeda. Bersepeda secara rutin dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat kamu selalu bugar dan berenergi setiap harinya.
Ide pokok paragrafnya adalah : Olahraga secara rutin dapat menjaga stamina dan daya tahan tubuh

Paragraf 5
        Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Oleh karena itu, bersepeda dapat menurunkan berat badan. Timbunan lemak-lemak dalam tubuh kita yang menyebabkan kegemukan akan terbakar dan lambat laun akan hilang. Tubuh kita pun akan kembali menjadi ideal.
Ide pokoknya : Bersepeda mampu membakar kalori tubuh.


Paragraf 6
       Oleh karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam darah bisa tinggi karena gula (glukosa) yang kita konsumsi setiap hari dalam tubuh kita berubah menjadi kalori dan tidak mampu kita ubah menjadi energi. Timbunan kalori tersebut akan memicu meningkatnya kadar gula dalam darah. Adapun penyakit diabetes sendiri bisa menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit lainnya, seperti jantung, stroke, kulit, mata, ginjal, dan penyakit lainnya.
Ide pokoknya adalah Bersepeda mampu mengurangi penyakit terkena penyakit diabetes

Paragraf 7
     Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa bersepeda merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan. Bersepeda memberikan hiburan tersendiri bagi kita. Pada waktu pagi dan sore hari untuk bersepeda sambil melihatlihat indahnya pemandangan dan suasana sekitar cukup efektif untuk mengurangi stres.
Ide pokoknya adalah  Manfaat bersepeda mengurangi stres.



0 Response to "Rangkuman Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 SD"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel