-->

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 3 Kelas 5 Halaman 46 – 51

 


Pembelajaran di kelas 5 pada kurikulum 2013 mengguakan pendekatan tematik. Tentunya dengan pendekatan ini, maka pembelajaran akan memadukan beberapa muatan mata pelajaran dalam sebuah tema.

Di kelas 5 pada semester 1 akan dibelajarkan kedalam 5 tema. Setiap temanya akan dijabarkan ke dalam 3 buah subtema. Setiap subtema akan dibelajarkan kedalam enam kali pembelajaran. 

Pada kesempatan ini, admin akan membagikan kunci jawaban yang bisa digunakan oleh para orangtua siswa dan para siswa selama belajar daring dari rumah untuk membantu proses pembelajaran mereka.


Berikut adalah kunci jawaban pembelajaran 1 subtema 2 tema 3 kelas 5 pada semester 1 kurikulum 2013.

Jawaban halaman 46 buku siswa tema 3 kelas 5

Mari kita membaca percakapan terlebih dahulu.

Dayu : “Semalam aku melihat iklan tentang obat sakit perut baru untuk anakanak di televisi, lho!”

Udin : “Wah, sudah ada iklan baru lagi? Sepertinya itu produk baru, ya?”

Dayu : “Betul! Iklan itu menarik karena iklannya dibuat seperti film.”

Lani : “Ternyata media iklan itu bermacam-macam, ya! Kalau kamu, suka iklan di media cetak seperti di koran dan majalah atau media elektronik?”

Udin : “Kalau aku lebih suka media elektronik karena gambarnya dapat bergerak dan ada suaranya. Jadi lebih seru!”

Lani : “Kalau aku suka kedua-duanya. Sekalipun iklan di media elektronik memang terdengar lebih seru, tetapi iklan di media cetak juga banyak yang bagus. Gambar-gambar yang dipergunakan memiliki warna yang cerah dan kalimat iklannya juga bagus-bagus.”


Dari percakapan di atas, mari kita temukan perbedaan iklan media cetak dengan iklan media elektronik.

Iklan media cetak adalah iklan yang media penyiarannya melalui media cetak seperti koran, majalah, baliho, spanduk dan pamflet.

Iklan media elektronik adalah iklan yang media penyiarannya melalui media elektronik seperti radio, televisi, dan internet.


Kunci jawaban halaman 47,  tema 3 kelas 5

Mendiskusikan iklan-iklan yang pernah di simak melalui televisi, radio atau koran, kemudian menuliskan dalam tabel tentang nama iklan, media dan alasan pemilihan media.

1. Nama iklan; Iklan susu milo

Media Iklan : elektronik televisi

Alasan pemilihan media ; karena iklan tersebut disiarkan melalui televisi yang disertai dengan vidio.


2. Nama iklan : Shampo Clear

Media iklan : elektronik radio

Alasan pemilihan iklan : karena iklan tersebut disiarkan melalui radio, dimana disertai dengan suara dari para pemain iklannya.


3. Nama iklan : Lowongan kerja

Media iklan : media cetak koran.

Alasan pemiihan media: iklan tersebut ditemukan di koran dalam bentuk kolom.


Ayo Mengamati

Siang itu, siswa-siswi kelas V sedang beristirahat di depan kelas. Perhatikan percakapan mereka!

Lani : “Aduh, perutku sakit!”

Dayu : “Wah, kenapa Lan?”

Lani : “Sepertinya magku kambuh.”

Dayu : “Kemarin magku juga kambuh, Lan. Dokterku memberikan obat mag seperti yang ada di iklan televisi. Bahkan, ada obat mag yang memilikianeka rasa. Mungkin kamu pernah meminumnya.”

Lani : “Oh, iya, aku jadi teringat! Ternyata aku memiliki obat mag yang kamu maksud di dalam tasku, Yu. Terima kasih atas perhatiannya, ya!”

Lani : “Lalu, apa kata doktermu waktu itu, Dayu? Apa yang menyebabkan mag kita kambuh?”


Masih ingat cerita Dayu dengan magnya? Coba kamu ulas kembali

penyebab seseorang dapat terserang mag.

Sakit maag alias dispepsia adalah rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung yang disebabkan oleh sejumlah kondisi. Jadi, sakit maag bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari penyakit. Umumnya, sakit maag disebabkan oleh luka terbuka yang terjadi di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping konsumsi obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS) dan stres.

Sakit maag adalah salah satu penyakit pada sistem pencernaan yang terbilang mudah untuk disembuhkan, tetapi juga bisa menjadi parah apabila tidak segera ditangani. Maka dari itu, sakit maag sebaiknya segera ditangani.

Sebelum kamu mengetahui penyebab sakit maag, kamu harus tahu tentang cara kerja lambung. Setiap makanan yang kamu konsumsi akan masuk ke lambung, lalu dicerna secara kimiawi dengan bantuan dari enzim pepsin dan renin yang dicampur dengan asam lambung (HCl).

Apabila terjadi gangguan, maka mukosa akan rusak dan menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Apabila gangguan ini terus-menerus terjadi, maka asam lambung akan memecah mukosa dan menyebabkan iritasi dan peradangan. Kondisi inilah yang mengkibatkan sakit maag. Rasa nyeri karena maag akut disebabkan oleh asam lambung yang bersentuhan dengan lapisan mukosa, sehingga ujung-ujung saraf menjadi lebih peka oleh rasa nyeri.

Selanjutnya kita akan membuat peta pikiran. Kunci jawaban peta pikiran 

Berikutnya kegiatan membuat peta pikiran. Kunci jawaban membuat peta pikiran pada halaman 49 buku siswa tema 3.

Peta pikiran yang dibuat adalah menyangkut gangguan pada sistem pencernaan manusia.

Berikut kunci jawabannya.


1. Penyakit Mag

Mag merupakan gangguan pada sistem pencernaan terutama di bagian lambung. 

Penyakit mag disebabkan karena adanya kelebihan asam lambung.

Gejala penyakit mag adalah perut terasa perih, mual dan kembung.

Cara mengatasi penyakit mag adalah segera minum obat maag dan jangan lupa mengatur pola makan. Jangan sampai terlambat makan.


2. Peyakit diare

Diare merupakan penyakit pada organ sistem pencernaan yang ditandai dengan perut mules dan buang air besar yang encer.

Penyakit ini disebabkan karena adanya bankteri yang menyerang usus.

Cara mengatasi diare adalah dengan mengkonsumsi larutan oralit yang terbuat dari campuran air hangat, gula dan garam. Oralit akan membantu untuk mengantikan cairan tubuh yang keluar pada waktu buang air besar. Jika sakit masih berlanjut maka labih baik menghubungi dokter terdekat.


3. Penyakit sariawan

Penyakit sariawan lebih banyak terjadi di bagian mulut. Panyakit ini ditandai dengan adanya goresan seperti luka pada bagian bibir, gusi atau lidah. Penyabab penyakit sariawan karena tubuh kekurangan vitamin C. Cara mengatasi sariawan adalah dengan perbanyak mengkonsumsi vitamin c, sayur dan buah.


4. Sembelit

Konstipasi atau sembelit yaitu penyakit susah buang air besar. Penyebabnya antara lain kurang makan makanan berserat. Contoh makanan berserat adalah sayur, buah, dan biji-bijian.


Nah, demikian alternatif kunci jawaban pembelajaran 1 subtema 2 tema 5 halaman 46 sampai dengan halaman 49. Semoga dengan adanya kunci jawaban ini bisa membantu orang tua dalam mengoreksi hasil belajar putra-putrinya.


Selamat belajar, sehat selalu dan semoga bermanfaat. 


0 Response to "Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 3 Kelas 5 Halaman 46 – 51"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel