-->

Rangkuman Materi Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1 Suhu dan Kalor Kelas 5 SD Kurikulum 2013

Selamat berjumpa kembali sahabat pembaca di blog pendidikan sekolah dasar riyanpedia.com Senang sekali admin bisa kembali mengetengahkan informasi seputar dunia pendidikan. Dimana pada artikel kali ini akan membahas tentang rangkuman materi pembelajaran di kelas 5 yaitu pada tema 6 subtema 1 yang berjudul Suhu dan Kalor, pada pembelajaran 1. 

Tema 6 ini dibelajarkan pada semester 2 yang terdiri dari tiga buah subtema. Langsung saja kita akan bahas ulasan mengenai materi subtema 1 pada tema 6 dengan judul Suhu dan Kalor, yaitu pada pembelajaran 1.

Sahabat belajar energi panas sangat kita butuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita tahu, bahwa dalam kehidupan ini kita sangat membutuhkan energi panas. Seperti misalnya, untuk menjemur pakaian, mengeringkan gabar, membuat garam dan aktivitas yang lainnya membutuhkan adanya energi panas. 

Segala sesuatu yang menghasilkan panas disebut energi panas. Sumber energi panas diantaranya adalah matahari dan Api. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas

matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. 

Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.

Api merupakan sumber energi panas. Menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar

api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor. 

Berikut ini kegiatan manusia yang memanfaatkan energi panas beserta alat-alat yang digunakan.

1. Menanak nasi. 

Alat yang digunakan : panci, kompor atau alat penanak nasi.

Sumber energi panas yang digunakan : api dari kompor dan listrik


2. Menjemur pakaian

Alat yang digunakan : penjemuran

sumber energi panas yang digunakan : panas matahari.


3. Membakar ikan.

Alat yang digunakan : pembakaran ikan,

Sumber energi panas : Api


4. Memanggang roti dan daging.

Alat yang digunakan: alat panggang dan oven.

Sumber energi panas : Api dan listrik.


5. Menyetrika pakaian :

Alat yang digunakan : Setrika

Sumber energi panas : Listrik


Demikian rangkuman materi pembelajaran 1 subtema 1 Tema 6 Kelas 5. Semoga rangkuman ini memberikan manfaat bagi para orang tua dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring dari rumah. 

Selamat belajar dan tetap jaga kesehatan.

Wasalam.

0 Response to "Rangkuman Materi Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1 Suhu dan Kalor Kelas 5 SD Kurikulum 2013"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel