-->

Cerita Asal Mula Bukit Catu dan Kunci Jawaban Soal-soalnya

RIYANPEDIA.COM – Hai sahabat belajar senang sekali bisa berjumpa kembali. Pada artikel kali ini admin akan menyikan sebuah informasi mengenai cerita yang berjudul Asal Mula Bukit Catu. Cerita ini berasal dari daerah Bali. Kalian bisa menemukan cerita ini pada buku tematik siswa kelas 4,yaitu pada tema 8 Subtema 1.

Pada artikel ini admin akan menyajikan cerita dan kunci jawaban atas pertanyaan yang muncul pada teks bacaan tersebut. Baiklah langsung saja mari kita simak isi cerita Asal Mula Bukit Catu yang dikutip dari buku siswa tema 8 tematik kelas 4 SD.



Asal Mula Bukit Catu

Di pedalaman Pulau Bali, terdapat sebuah desa yang subur. Di sana, tinggal sepasang suami istri. Mereka bekerja sebagai petani. Menjelang musim panen, Si suami berkata kepada istrinya. “Jika nanti hasil panen kita melimpah, buatlah tumpeng nasi yang besar. Kemudian, undanglah tetangga untuk makan bersama.” Istrinya pun setuju. Kedua suami istri itupun berharap panen mereka melimpah. Tak lama kemudian, harapan mereka terkabul. Si Istri menyiapkan tumpeng nasi dan mengundang seluruh penduduk desa untuk makan bersama.

Menjelang musim panen berikutnya, Si suami berkata lagi kepada istrinya

“Semoga panen kita lebih banyak lagi, kalau bisa tiga kali lipat dari sebelumnya. Jika harapanku terkabul, buatkanlah tiga tumpeng nasi yang lebih besar dari sebelumnya.”  

Kemudian, Si Istri membuat tiga tumpeng dan mengundang seluruh penduduk desa untuk berpesta kembali. Beberapa hari kemudian, Si suami pergi ke sawah. Dalam perjalanan, ia melihat seonggok tanah yang berbentuk seperti catu. Catu adalah alat penakar nasi yang terbuat dari tempurung kelapa.

“Hmmm, aneh sekali. Sepertinya kemarin gundukan tanah ini tidak ada,” gumam Si suami. Setelah pulang dari ladang, ia bercerita kepada istrinya. Kemudian, ia mengajukan usul kepada istrinya.

“Istriku, bagaimana kalau kita membuat beberapa catu nasi? Siapa tahu, kalau kita membuatnya, hasil panen kita akan semakin melimpah.”

Sejak saat itu, Si istri rajin membuat catu nasi. Setiap catu nasi yang dibuatnya, ia niatkan untuk menambah hasil panennya. Namun, ada keanehan yang terjadi. Saat pergi ke sawah, onggokan tanah yang ia temukan sebelumnya semakin membesar. Rupanya, setiap Si istri membuat catu nasi, saat itu pula onggokan tanah membesar. Sepasang suami istri itu pun tak menyadarinya. Bahkan, Si istri membuat catu nasi yang lebih besar setiap harinya. Lama-kelamaan, onggokan tanah itu berubah menjadi sebuah bukit. Setelah Si petani dan istrinya berhenti membuat catu nasi, onggokan tanah itu pun juga berhenti membesar. Sejak saat itu, onggokan tanah itu disebut dengan Bukit Catu.

Disadur dari: Dian. K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta, Bhuana Ilmu Populer, 2016.

Dalam sebuah cerita akan ditemukan adanya tokoh dan juga latar dari setiap cerita yang ditampilkan. Tokoh adalah pelaku dalam cerita. Tokoh berfungsi membawakan jalan cerita, pesan, amanat dan nilai moral yang terkadung dalam cerita. 

Selanjutnya setelah kalian membaca naskah cerita tersebut, selanjutnya mari kita menjawab latihan soal berikut ini.


1. Siapa tokoh dalam cerita berjudul ”Asal Mula Bukit Catu”?

Contoh jawaban :

tokoh dalam cerita tersebut adalah Si Suami dan Si Istri


2. Apa saja peranan tokoh dalam cerita tersebut?

contoh jawaban :

membawakan jalannya cerita, pesan dan amanat dalam cerita.


3. Apa pesan yang terdapat pada cerita tersebut?

contoh jawaban :

pesan yang terdapat pada certia tersebut adalah agar kita senantiasa selalu bersyukur atas segala karunia dan pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa


0 Response to " Cerita Asal Mula Bukit Catu dan Kunci Jawaban Soal-soalnya"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel