-->

Desa Unik di Bali Tema 8 Kelas 5 SD

Hai sahabat belajar, jumpa kembali di blog RIYANPEDIA.COM. Pada artikel kali ini, admin akan mengetengahkan informasi seputar materi pembelajaran tematik di kelas 5 pada tema 8 subtema 2 pembelajaran 3 yaitu mengenai desa unik di Bali.

Ngomong-ngomong tentang keunikan, tentu akan muncul pertanyaan di benak kalian. Apakah yang membuat desa tersebut unik? 

Benar sekali! Sesuatu dikatakan unik apabila berbeda dengan yang lainnya. Nah, jadi kalau kamu berbeda dengan yang lainnya, jangan khawatir dan malu. Karena yang namanya perbedaan itu adalah hal yang biasa dan tidak patut untuk disesalkan. Sebab keunikan itu akan menjadi ciri khas kita. Dengan keunikan itu kita akan menjadi terkenal dan mudah untuk dikenali.  

Yuk langsung saja kita akan mengenal desa unik yang ada di Bali. Apa saja keunikannya, kita akan bahas pada artikel beriku ini, yang merupakan pembelajaran di kelas 5 pada tema 8 subtema 2 pembelajaran 3.

Yang pertama desa unik di Bali adalah Desa Tenganan.

Desa ini terletak di kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Kabupaten Karangasem ada di sebelah timur Provinsi Bali. Desa Tenganan merupakan salah satu desa tertua di Bali. Masyarakat desa ini masih menjunjung tinggi nilai adat dan budaya. Desa Tenganan merupakan salah satu Desa Bali Aga (desa asli suku Bali). Desa ini terkenal dengan kesederhanaannya.

Desa unik berikutnya adalah Desa Trunyan.

Desa Trunyan terletak di pinggir Danau Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali Utara. Keunikan desa ini adalah tradisi pemakamannya. Pada masyarakat Hindu Bali, jenazah orang meninggal akan dibakar atau yang disebut ngaben. Namun, di Desa Trunyan jenazah orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah di dalam gua, bahkan di atas pohon. Tradisi ini mereka sebut dengan istilah mepasah.

Desa unik selanjutnya adalah Desa Penglipuran. 

Desa Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, lebih kurang 45 km dari Kota Denpasar. Desa ini memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi. Masyarakat Desa Penglipuran tidak pernah melepaskan adat dan budaya yang berlaku turun-temurun. Oleh karena itu, masyarakat Desa Penglipuran banyak melakukan acara adat, seperti pemasangan dan penurunan odalan serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya.

Demikian beberapa desa unik yang ada di Bali. Jadi jika kamu berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk menyempatkan lansong ke objek desa wisata tersebut. Dijamin liburan kalian bakalan seru.

Berikutnya kita akan mengerjakan tugas, Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok diskusi bersama 4-5 orang temanmu. Kemudian, berikut pertanyaan dan kunci jawabannya.

1. Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan “Desa Unik di Bali”?

Contoh jawaban :

Desa-desa tersebut memiliki keunikan tersendiri yang berbeda satu dengan yang lainnya. Seperti Desa Tenganan yang ada di Kabupaten Karangasem. Desa ini masih memegang teguh nilai adat budaya dan tradisinya. Kemudian Desa Trunyan.Desa Trunyan memiliki keunikan dari segi pemakaman mayat yang dilakukan disana. Disana mayat tidak di kubur melainkan di letakkan begitu saja di bawah pohon. Dan yang terakhir Desa Penglipuran. Desa ini memiliki keunikan dimana dari segitu struktur bangunan yang sangat rapi dan masih tradisional.

2. Adakah keunikan dari daerah tempat tinggalmu? Apa sajakah itu?

Contoh jawaban :

Setiap daerah pasti memiliki keunikan tersediri.Cobalah kalian temukan keunikan di daerah kalian masing-masing. Bisa dilihat dari segi tradisi dan budaya yang berkembang di desa tersebut.

3. Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya dan adat istiadat daerahmu dengan daerah lain?

Contoh jawaban :

Kita mesti bersikap saling menghormati dan menghargai satu sama lain agar tercipta kerukunan di masyarakat. Meskipun kita berbeda kebudayaan bukan berarti kita harus saling menjauhi dan terpecah belah. Melainkan dengan keragaman tersebut akan menjadikan kita semakin kaya dengan tradisi dan kebudayaan.

Demikian contoh alternatif jawaban pada pertanyaan yang tertuang teks bacaan mengenai keunikan desa di Bali. Alternatif jawaban tersebut sebagai upaya untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi.

Semoga informasi yang disajikan kali ini bermanfaat. Tetap semangat dan selamat belajar.

0 Response to "Desa Unik di Bali Tema 8 Kelas 5 SD"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel