-->

Jenis Usaha Yang Dikelola Sendiri Materi Tema 8 Kelals 5 Kurikulum 2013

RIYANPEDIA.COM – Pembelajaran tematik di kelas 5 pada tema 8 dibelajarkan di semester 2. Berikut ini disajikan sebuah materi yang terdapat di pembelajaran 3 subtema 2 tema 8 kelas 5 SD.

Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri 

Amatilah kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan sekitarmu! Bagaimana pengelolaan kegiatan ekonomi yang kamu amati tersebut? Apabila kita cermati, kegiatan ekonomi tersebut ada yang dikelola sendiri. Ada pula kegiatan ekonomi yang dikelola secara berkelompok. Usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perorangan. Usaha ekonomi ini memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola secara sederhana. Contoh usaha ekonomi perorangan sebagai berikut.

1. Usaha Pertanian Sebagian besar,  usaha pertanian dikelola secara perorangan. Usaha ini memiliki modal terbatas. Lahan yang digarap petani biasanya terbatas, lahan persawahan dan tegalan. Namun, ada juga usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran.

2. Usaha Perdagangan, Usaha perdagangan secara perorangan biasanya berskala kecil dan sedang. Contoh usaha perdagangan antara lain, pedagang asongan, pedagang keliling, pedagang kaki lima, pedagang di pasar, warung, dan toko kelontong.

3. Usaha Jasa, kalian pasti pernah memperhatikan usaha jasa perorangan di seputar tempat tinggalmu! Coba sebutkan usaha jasa tersebut! Secara umum, banyak usaha jasa yang dikelola secara perorangan, contohnya usaha salon, fotokopi, bengkel, potong rambut, dan penjualan pulsa.

4. Industri Kecil, Sektor industri yang dikelola perorangan merupakan industri kecil. Ada beragam industri kecil. Salah satunya adalah industri rumahan. Contoh industri rumahan antara lain usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik, souvenir, tembikar, anyaman, dan mebel.


Ayo Mengamati

Amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasilah jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola secara perorangan berdasarkan setiap jenisnya. Buatlah laporandalam bentuk tabel seperti contoh berikut.



0 Response to " Jenis Usaha Yang Dikelola Sendiri Materi Tema 8 Kelals 5 Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel