-->

Membelajarkan Anak Sikap Memberi Salam Kepada Siapapun



Kemampuan intelegensi memang sangat penting. Akan lebih baik bila kemampuan pengetahuan yang tinggi juga dibarengi dengan sikap sosial yang baik. 

Melatih dan membiasakan sikap sosial kepada anak bisa dimulai dengan perilaku sikap yang sederhana saja. Salah satunya adalah sikap memberikan salam.  

Sikap memberi salam memang hal yang terlihat sederhana. Namun, jika hal tersebut tidak dibiasakan malah akan menjadikan anak kita memiliki pribadi yang tidak santun dan terkesan cenderung cuek kepada orang lain. 

Membiasakan memberi salam bisa dilakukan mulai dari lingkungan rumah. Dan saya yakin sikap tersebut juga dibiasakan di lingkungan sekolah. 

Sebagai orang tua di rumah, mama anda memiliki peran di dalam memberikan stimulus untuk tumbuh kembang sikap sosial anak.  Dan juga mampu menjadi teladan pada meraka. 

Sikap memberi salam bisa dibiasakan dari lingkungan keluarga. Cobalah anda biasakan memberi salam saat anda akan berangkat kerja. Demikian pula ketika anda tiba di rumah sepulang anda bekerja. 

Anak juga diajak memberi salam kepada orang tua saat akan berangkat ke sekolah atau ketika pulang dari sekolah.

Selain itu biasakan juga kepada mereka untuk menyapa tetangga yang kebetulan berpapasan di depan gang atau depan rumah. 

Ketika ada tamu, belajarlah mereka untuk menyapa tamu dan memberikan salam. Latih mereka agar bisa menerima tamu yang datang ke rumah. 

Dengan membelajarkan sikap sosial memberi salam kepada orang lain ini, akan membiasakan anak kita untuk senantiasa tampil ceria dan bersahaja. 

Jadi anda sebagai orang tua harus mampu memberi contoh terlebih dahulu. Ketika anda keluar bersama anak anda dan bertemu dengan tetangga, maka kita biasakan untuk menyapa dengan bahasa yang baik dan santun. 

Dengan adanya contoh tersebut maka anak pun akan memperoleh gambaran bagaimana  seharusnya bersikap ramah kepada keluarga, teman dan tetangga serta warga sekitar tempat tinggal. 

Selamat mencoba dan mari belajarkan anak kita agar senantiasa biasa bertegur  sapa dengan bahasa yang baik dan santun. 

Selamat membelajarkan. 

0 Response to "Membelajarkan Anak Sikap Memberi Salam Kepada Siapapun"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel