-->

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 51, 53 dan 54

Memasuki pembelajaran semester 1 kelas 5 sekolah dasar, akan diawali dengan pembelajaran pada Tema 1 yang berjudul Organ Gerak Hewan dan Manusia. Pembelajaran Tema 1 ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan. Dimana pembelajaran ini akan membuat 3 buah subtema. 

Setiap subtemanya akan dibelajarkan dalam 6 kali pembelajaran. Nah pada artikel kali ini, admin akan membantu pendampingan belajar daring yang dilakukan oleh orang tua siswa, khususnya dalam membahas materi pada pembelajaran 6 subtema 1 tema 1 kelas 5. 



Pembelajaran 6 diawali dengan kegiatan  membaca informasi "Hari menjelang sore. Sudah saatnya Edo kembali ke rumah. Namun, sebelum pulang Edo membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci. Kandang kelinci dibersihkan untuk menjaga kesehatan kelinci."

Selanjutnya kegiatan mengembangkan paragraf dengan mengamabati gambar cerita.  Siswa diminta  untuk menjabarkan ide pokok terlebjh dahulu sebelum membuat cerita. Ide pokok yang dikembangkan bisa seperti contoh berikut:

Ide pokok paragraf 1 : Edo membantu Pak Rudi di Kandang Kelinci

Ide pokok paragraf 2 : Kelinci Pak Rudi jumlahnya banyak 

Ide pokok paragraf 3 : Kelinci tersebut sangat lucu

Ide pokok paragtaf 4 : Jenis makanan kelinci

Ide pokok paragtaf 5 : Kotoran kelinci bisa dijadikan pupuk 


Nah setelah ide pokok tersebut telah ditentukan, langkah berikutnya mengembangkan ide pokok tersebut menjadi paragraf. Berikut ini contoh ide pokok yang sudah dikembangkan menjadi paragraf seperti tugas pada buku siswa kelas 5 Tema 1   halaman  51.


    Edo membantu Pak Rudi di kandang kelinci. Rudi mulai membersihkan kandang kelinci darj kotoran. Mengumpulkan sisa makanan kelinci dan menggantikannya dengan makanan yang baru. Semua itu edo lakukan dengan perasaan senang dan bergembira.

   Ada berbagai jenis kelinci yang dipelihara Pak Rudi. Jumlah kelinci Pak Rudi sangat banyak. Mulai dari jenis kelinci dengan bulu putih sampai yang belakang. Hampir  ada 200 ekor kelinci yang dipelihara Pak Rudi. 

    Kelinci memang binatang yang lucu. Dengan ukuran telinga  yang begitu besar dan panjang membuatnya sangat mudah untuk dikenali. Kelinci juga mampu bergerak dengan berlari dan melompat. Yang menambah lucu lagi ketika melihat kelinci tersebut sedang makan. Mulutnya sangat lucu sekali. 

     Kelinci tidak sembarangan dalam memilih makanan. Kelinci hanya memakan tumbuhan. Kelinci suka makan sayuran seperti wortel, kol dan jenis sayuran lainnya. Kadang juga kelinci Pak Rudi memakan dedaunan. Jenis makanan kelinci sangatlah beragam, jadi perlu kita ketahui agar mereka tumbuh dengan baik. 

     Siswa makanan dan kotoran kelinci memang sangat mengganggu. Sehingga kandangnya pun perlu untuk dibersihkan. Kotoran kelinci memiliki banyak manfaat. Kotoran tersebut bisa dijadikan sebagai pupuk kandang untuk tanaman. Pemberian pupuk kandang pada tanaman akan membuat tanaman tersebjt tumbuh dengan sehat. 

Demikian contoh paragraf yang dapat dibuat dari ide pokok sesuai dengan  tugas buku siswa halaman 51. 

Selanjutnya kegiatan kita lanjutkan dengan aktifitas menbaca. Cobalah baca informasi berikut ini. Teks bacaan yang berjudul Gerak Kupu-kupu, pada halaman 53.

Gerak Kupu-Kupu 

    Kupu-kupu adalah hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik.Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap pada bunga-bunga.Badannya kecil, namun memiliki sayap yang lebar. Sukakah kamu pada kupu-kupu? 

   Kupu-kupu termasuk hewan serangga. Kupu-kupu memiliki organ gerak yang sama seperti serangga-serangga lainnya. Salah satu organ gerak yang istimewa dari kupu-kupu dan serangga lainnya adalah sayap. Dengan sayap ini, maka menjadikan serangga sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang bisa terbang.  
  
   Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah sebenarnya transparan? Lalu kenapa terlihat berwarna-warni? Sayap kupu-kupu terlihat warna-warni karena perbedaan kecerahan pada setiap lapisan tipisnya.  

   Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa. Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba. Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba. Meskipun demikian, kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.  

Pembahasan 

Setelah membaca teks bacaan di atas yang berjudul Gerak Kupu-kupu kita bisa temukan ada 4 buah paragraf di dalam teks bacaan tersebut. Selanjutnya kita akan menentukan ide pokoknya seperti yang ditugaskan dalam buku siswa halaman 53.

Ide pokok paragraf 1 :

Kupu-kupu adalah hewan lucu

Ide pokok paragraf 2 :

Kupu-kupu adalah jenis serangga yang bisa terbang

Ide pokok paragraf 3

Sayap kupu-kupu transparan

Ide pokok paragraf 4

Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa. 

Kemudian kita lanjutkan dengan pembahasan pada halaman 54. 

Pada halaman 54 kita akan membahas perbedaan hewan vertebrata dengan avertebrata. Siput adalah hewan avertebrata. Cara siput bergerak menggunakan otot perutnya yang sering dibasahi lendir, sehingga siput mudah bergerak 

Sedangkan hewan vertebrata yang bisa diambil sebagai contoh misalnya kelinci. Kelinci menggunakan kaki-kakinya untuk bergerak, berlari dan melompat. 


  



0 Response to "Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 51, 53 dan 54"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel