-->

Tips Menyiapkan Rencana Pembelajaran dengan Teratur

Selamat berjumpa kembali sahabat pendidik. Semoga semangat mengabdi dan meningkatkan kompetensi diri senantiasa bangkit dalam diri kita. 

Sebagai guru yang ingin disetiap pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan bisa berjalan dengan optimal tentunya diperlukan persiapan yang harus matang.  

Perencanaan pembelajaran harus disiapkan dengan baik.  Namun terkadang karena kesibukan dan mungkin diikuti rasa enggan, rencana pembelajaran tersebut tidak kunjung terealisasi. 

Tidak adanya rencana pelaksanaan pembelajaran memang tidak membuat pembelajaran itu sendiri tidak berjalan. Namun, ketiadaan RPP dalam pembelajaran membuat kegiatan tersebut jadi ada yang kurang. 

Bagi guru yang sudah senior dan berpengalaman, rencana pembelajaran tersebut mungkin sudah ada di pikirannya. Namun dengan menyusun RPP akan membuat pembelajaran bisa dilaksanakan oleh guru lainnya yang mungkin kebetulan menggantikan kita di kelas. 

Berikut akan kami bagikan bagaimana caranya agar bisa menyusun rencana pembelajaran kapan pun dan dimana pun. 

Langsung saja mari disimak penjelasannya. 

1. Perangkat mobil/ gadget

Mungkin anda akan bertanya apa hubungannya perangkat mobil dengan  menyediakan RPP?

Jelas sangat ada ya teman-teman.  Dengan adanya perangkat mobile/gadget /smartphone yang terkoneksi Internet memudahkan kerja anda. 
Anda bisa membuat rencana pembelajaran kapan pun dan dimanapun. Tanpa harus lagi berpikir membawa komputer atau laptop baru bisa bekerja. 

Saat anda menunggu disuatu tempat anda tinggal membuka smartphone anda, kemudian segera membuat rencana pembelajaran dari perangkat tersebut. 

Dengan begini, anda tidak akan khawatir lagi RPP anda sudah selesai atau belum. 

2. Amati dan Modifikasi

Sekarang ini banyak beredar RPP di internet. Kondisi ini memberikan kemudahan bagi kita. Namun, jangan anda berpikir untuk mengcopy begitu saja RPP tersebut. Mungkin saja apa yang dibuat itu tidak sesuai dengan kondisi kelas dan peserta didik anda. 

Jadi langkah yang benar adalah memodifikasikanya. Amati dan Modifikasi merupakan cara yang cukup bijak dalam membuat RPP yang diperoleh dari orang lain. 

Dengan memodifikasi maka RPP tersebut bisa anda sesuaikan dengan situasi setempat. Cara ini pun bisa melatih anda untuk lebih memantapkan diri dalam menyusun RPP. 

3.  Niat, Komitmen dan realisasikan

Untuk tetap bisa produktif dalam merancang RPP harus disertai dengan niat dalam diri. Ketika niat untuk membuat perangkat pembelajaran sudah ada dalam diri anda, maka anda akan tetap bisa produktif dalam membuat RPP.

Jadi sudahkah anda niat untuk menyusun RPP? Jika sudah ada niat yang tinggi, maka tinggal komitmen untuk merealisasikan RPP setiap harinya secara kontinu.

4. Kolaborasi dengan rekan guru lainnya

Semua akan terasa lebih ringan bila dilakukan secara bersama-sama. Demikian halnya dengan pekerjaan dalam menyiapkan RPP.  

Anda bisa berkolaborasi bersama kelompok kerja guru. Dengan berkerjasama seperti ini maka perangkat pembelajaran seperti RPP bisa tersusun tidak hanya untuk satu pertemuan saja, tetapi bisa untuk RPP selama setahun.

Nah, demikian tips singkat bagaimana caranya agar RPP bisa terwujud secara lengkap dan berkesinambungan. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil.
😁👍 

Penulis : Mas Juki Hoki


0 Response to "Tips Menyiapkan Rencana Pembelajaran dengan Teratur"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel